Blog SABDA
13Jan/128

Raker YLSA 2012 “Melangkah dengan Iman”

Pada tanggal 9 — 10 Januari 2012, semua staf YLSA mengikuti Rapat Kerja 2012. Sebelumnya, sepanjang bulan November dan Desember 2010, sudah ada banyak rapat, training, dan terutama doa dilakukan untuk persiapan pelaksanaan Raker ini. Semua koordinator divisi sibuk menyiapkan laporan dan penyusunan rencana kegiatan tahun 2012. Divisi HRD, Admin, Publikasi, ITS, Komunitas, Web, PESTA, dan divisi yang terbaru di YLSA, yaitu divisi Multimedia “berusaha keras” mempersiapkan laporan dan rencana dengan sebaik-baiknya untuk dipresentasikan di Raker. Supaya kelihatan lebih cantik, banyak laporan yang disiapkan dengan PowerPoint.

Mengadakan Rapat Kerja Tahunan merupakan salah satu tradisi di YLSA yang dilaksanakan setiap awal tahun. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi hasil kerja tahun sebelumnya dan mempresentasikan rencana kerja tahun ini. Di setiap Raker selalu diberikan tema, misalnya tema tahun 2011 adalah “Terbang Tinggi Bagai Rajawali”, dan tahun 2012 “Melangkah dengan Iman”. Pada pembukaan Raker ini, Ibu Yulia membagikan beban, bahwa Tuhan sudah menyediakan tugas lebih besar bagi YLSA di tahun 2012, tapi masalahnya apakah kita mampu melaksanakannya? Jika kita tidak tinggal di dalam Kristus, dan jika Tuhan tidak menganugerahkan iman, maka tidak mungkin YLSA bisa melakukan tugas besar itu. Semua staf YLSA dituntut untuk tidak mengandalkan kekuatan sendiri, tetapi melihat dan memandang kepada Tuhan saja. Dengan demikian, apa yang telah Tuhan rencana untuk YLSA, pasti akan bisa kita kerjakan dengan luar biasa.

Rencana semula, raker akan diadakan di luar kota Solo, seperti raker -raker sebelumnya. Namun, karena ada keberatan dari beberapa staf dan cuaca yang hujan terus menerus, akhirnya pimpinan sepakat untuk melaksanakan Raker di kantor saja. Sebagai gantinya, kami akan pergi berpiknik bersama semua keluarga staf ke luar kota jika nanti cuaca sudah lebih baik sehingga bisa lebih menikmati suasana di luar kantor.

Acara raker dilakukan pada jam kerja biasa, pkl. 08.00 sampai dengan pkl. 17.00 sore. Semua staf boleh pulang ke rumah, kecuali Kusuma Negara , karena kami tidak ingin dia datang kesiangan 🙂 Acara disusun sangat padat. Hampir 95% isinya adalah rapat dan diskusi, dengan diselingi permainan supaya ada sedikit hiburan. Meskipun padat, semua staf mengikuti raker dengan antusias dan terlibat aktif pada setiap sesi. Pemanfaatan waktu juga cukup baik, karena hanya beberapa acara yang molor. Pada hari pertama setiap divisi memberikan laporan kerja 2011. Ada banyak pertanyaan dan usulan dari rekan-rekan divisi lain. Pada hari kedua, setiap divisi mempresentasikan rencana kerja 2012. Saya lihat setiap divisi memiliki daftar planning yang sangat panjang untuk tahun 2012 ini. Setelah semua presentasi selesai, kita melanjutkan dengan pembahasan mengenai mapping staf dan mimpi-mimpi YLSA, baik mimpi tahun 2011 maupun mimpi tahun 2012.

Raker ini merupakan Raker pertama saya selama di YLSA. Melalui laporan tahun 2011, saya bisa melihat berkat dan anugerah Tuhan yang sangat besar bagi YLSA, karena banyak hasil yang dicapai sehingga YLSA dapat menjadi berkat bagi banyak orang. Saya juga melihat Tuhan membuka banyak kesempatan dan hal-hal baru sepanjang tahun 2011 — seumpama rajawali, YLSA bisa terbang tinggi dan melihat luasnya pekerjaan yang Tuhan persiapkan bagi YLSA untuk tahun mendatang. Melalui setiap rencana kerja yang dipaparkan, saya juga melihat bahwa raker ini merupakan ajang pengujian iman, apakah seluruh staf berani melangkah untuk membuat program yang lebih besar lagi sesuai dengan kehendak Tuhan? Saya berharap jawabannya ya, karena Tuhan ada bersama dengan kita sehingga kita tidak menjadi lelah sebaliknya semakin giat melakukan pekerjaan Tuhan. Amin!

Gunung

Tentang Gunung

Gunung Yudi Pamungkas telah menulis 12 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (8) Trackbacks (1)
  1. Wah…seru, raker pertamaku di YLSA. Banyak hal yang aku dapat di raker ini. Dari bakat teman-teman antardivisi yang presentasi mengenai pelayanan di divisi masing-masing sampai rencana yang akan dikerjakan tahun 2012. Dalam raker ini, banyak hal di tahun 2011 yang dikoreksi, misalnya ada masalah yang tidak diketahui oleh divisi masing-masing. Oleh karena itu, raker menjadi panjang lebar untuk mengoreksi hal-hal yang terlupakan. Koreksi ini bertujuan supaya setiap kesalahan dapat terdeteksi dan setiap keberhasilan dapat disyukuri. Pengalaman di tahun 2011 pun menjadi salah 1 modal untuk memulai rencana 2012. Mimpi YLSA di tahun 2012 pun membuat saya melayang jauh di awang-awang. “Melangkah dengan iman”, berharap yang terbaik dan siap mengantisipasi yang terburuk.

    Terus semangat, Tuhan memberkati.

  2. Ini kedua kalinya saya ikut raker YLSA 🙂 Raker tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya … “tidak menginap” … hore!! 😀

    Saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yesus karena acara raker dapat berlangsung lancar dan lumayan bisa on time (kemajuan nih). Setiap evaluasi pelayanan 2011 dan rencana 2012 yang dipresentasikan masing-masing divisi juga dapat dilakukan dengan baik … thanks Lord.

    Kesan saya untuk raker tahun 2012 ini, semua rencana yang sudah disusun … mari dikerjakan dengan penuh sukacita dan beriman 🙂 Semangat!

  3. Saya bersyukur bisa mengikuti raker YLSA untuk pertamakalinya. Itu adalah kesempatan yang diberikan Tuhan untuk melihat air terjun ide yang mengalir deras menuju sebuah lautan mimpi yang besar. Sungguh pengalaman yang memperkaya! Saya berharap dapat menjadi bagian dari aliran itu suatu hari nanti.

  4. Wah… temen-temen di atas ini, pada ngomongin ini raker pertama mereka. Kalau aku, udah yang ke berapa ya… (berasa dah lama di YLSA) hehehe..

    Sama dengan Santi, ini adalah rakerku yang kedua (yang diadain di aula kantor, yang di luar kota berapa kali??)

    Anyway, senang dengan suasana RaKer kali ini. Meskipun acara begitu padat dan seolah tidak ada waktu untuk meregangkan otot, namun RaKer kali ini tidak terasa membebankan dan melelahkan. Mungkin karena kita boleh pulang ya… bisa melampiaskan rasa lelah dengan terkapar di rumah.. hahaha..

    Overall, dari hari Senin — Selasa, semua berjalan dengan lancar. Tidak ada staf yang ngantuk/tertidur atau kembung. Makanan ringan yang mengganjal perut pun berhasil mengantisipasi kambuhnya sakit maag. Senang deh, puji Tuhan!

    Untuk acara resminya, senang sekali melihat semua staf aktif berbicara dan memberi pendapat. Tepat seperti yang saya harapkan — staf tidak ikut RaKer dengan kepala kosong. Sesuatu yang membuat beda adalah saat RaKer kali ini tidak ada acara nonbar dan talent show. Jadi kesannya, bener-bener RaKer gitu loh… 🙂

    Yang baru bagi saya dalam RaKer ini adalah adanya kesempatan untuk berkenalan dengan seorang tamu yang datang pada hari kedua untuk mengikuti RaKer, namanya Agustina Hariati yang ternyata pernah ketemu waktu seminar penulis di Solo.

    Kalau acara RaKernya seperti kemarin terus enak ya… fokus dan efisien! 🙂

    At last, ayo frens kita maju melangkah dengan iman meraih berkat dan anugerah yang telah Tuhan Yesus sediakan bagi kita untuk kemuliaan-Nya.

    Semoga tahun ini semakin banyak staf masuk, semakin banyak donatur yang setia mendukung pelayanan YLSA, SABDA semakin menjadi berkat bagi banyak orang. God, please bless us to bless others. Amien.

  5. Hore… raker pertama di YLSA.
    Hari pertama kami mendengarkan laporan dari tiap-tiap divisi, ternyata banyak proyek yang sudah dikerjakan selama tahun 2011 baik yang direncanakan maupun yang tidak direncanakan. Hari kedua tiap-tiap divisi mempresentasikan rencana-rencana untuk tahun 2012 yang tidak kalah banyaknya.
    Tema Raker kali ini “Melangkah dengan Iman”, mari kita mengawali tahun ini dengan iman, kita dapat mengerjakan lebih banyak lagi untuk Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

  6. Saya sangat tertarik membaca berbagai artikel dan kesaksian pengalaman dalam pengenalan akan Tuhan Yesus.

  7. @ Willy,

    Salam kenal.. terima kasih sudah berkunjung ke blog SABDA. Mari, jadi partner kami dalam pelayanan ini. 🙂

  8. kami sangat terkesena menyimak seluruh artikel yg telah kami baca mari gemar membaca friman Tuhan
    sehat rohani dan jasmani


Leave a comment

Connect with Facebook