Blog SABDA
14Feb/1117

Raker YLSA 2011 yang Unik

Raker YLSA 2011 yang Unik“Kita akan Raker!” itulah topik pembicaraan awal tahun 2011 di kantor YLSA. Kesibukan masing-masing divisi tak terelakkan lagi. Bersama rekan-rekan dari divisi PESTA, saya menyusun laporan evaluasi serta planning tahun 2011 yang akan dipresentasikan dalam acara raker nanti. Tapi bukan hanya divisi PESTA yang sibuk, seluruh divisi juga bersibuk ria. Divisi NET (yang sekarang menjadi ITS), WEB, Publikasi, Administrasi, dan tidak ketinggalan divisi termuda, yaitu divisi Komunitas, sibuk menyiapkan laporan dan planning divisi masing-masing.

Raker, singkatan dari rapat kerja, adalah kegiatan rutin awal tahun YLSA yang bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian tahun lalu dan menyiapkan rencana tahun baru. Selain itu, kesempatan raker seperti ini biasanya juga digunakan pimpinan untuk memberi training bagi kemajuan staf. Tema raker yang diadakan 21 – 22 Januari 2011 ini adalah “Terbang Tinggi bagai Rajawali”. Melalui tema ini diharapkan staf YLSA bisa memperbarui kekuatan dengan mengingat kembali kebesaran dan kebaikan Tuhan yang telah memimpin dan memelihara yayasan ini selama hampir 17 tahun.

Tahun 2011 adalah pengalaman saya kedua mengikuti raker YLSA dan menurut saya agak berbeda dari raker sebelum-sebelumnya. Di setiap raker biasanya peserta tidak lepas dari banyaknya kertas laporan dan planning divisi yang dibagikan kepada peserta. Namun, pemandangan itu tak terlihat lagi karena raker kali ini “paperless”, kami lebih banyak memanfaatkan LCD proyektor (dapat pinjaman) untuk menampilkan bahan-bahan raker. Tentunya lebih irit, karena tidak perlu mengcopy banyak kertas. Selain itu semua peserta bisa bersama-sama terfokus pada tampilan di layar, bahkan notula raker pun langsung diketik di layar sehingga semua peserta bisa mengikuti pembicaraan (kritik, usulan dan saran) dengan lebih baik. Catatan-catatan notula itu sekarang sudah dipindah ke situs Zion untuk bisa dilihat lagi oleh semua staf.

Keunikan lain, raker kali ini dilaksanakan di area kantor, tepatnya di seberang kantor, di belakang rumah kos staf YLSA. Di sana sedang dibangun ruang pertemuan yang rencananya akan memanfaatkan untuk pelebaran kantor YLSA sementara. Walaupun saat ini baru setengah jadi, tapi sudah bisa dimanfaatkan untuk menjadi tempat raker. Raker YLSA biasanya di lakukan di luar kota, supaya kita bisa ganti suasana sejenak. Seperti dua tahun berturut-turut yang lalu kami pergi ke Kaliurang. Tapi melihat cuaca bulan-bulan terakhir yang kurang bersahabat, maka pilihan untuk tinggal di Solo kelihatannya lebih menarik. Tapi saya sempat khawatir karena ketika pelaksanaan raker semakin dekat, bangunan tersebut belum ada lantainya. Puji Tuhan, ketika raker tiba, ruangan tersebut sudah dapat digunakan meskipun baru ada lantai keramik, tapi belum berpintu dan berjendela.

Jadwal acara memang cukup padat, bahkan beberapa acara molor dari jadwal sehingga harus ada acara yang ditunda lain kali, seperti pengenalan Drupal 7 dan presentasi Alkitab Mobile. Sudah menjadi tradisi, di raker kita juga dibekali dan diperlengkapi. Kali ini kita dilatih dengan menonton film yang bertujuan mengembangkan potensi staf dan tim.

Suasana kekeluargaan semakin nyata karena ada games dan talent show. Canda dan tawa mewarnai kehangatan kebersamaan sehingga cukup menghilangkan kepenatan dan rasa lelah selama acara. Ya, Tuhan sungguh menyatakan pemeliharaan-Nya selama raker YLSA berlangsung. Harapan saya, daftar panjang planning 2011 dari semua divisi YLSA yang dihasilkan selama raker ini dapat dilaksanakan dengan hikmat dari Tuhan. Puncak tujuannya adalah untuk kemuliaan Tuhan. Soli Deo Gloria!

Ryan

Tentang Ryan

Desi Ryanto telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (17) Trackbacks (0)
  1. Saya baru pertama kali ikut Raker YLSA … sempat deg-deg’an karena ada beberapa tugas yang harus dilakukan.

    Acaranya tidak monoton karena ada sesi nonton film juga … filmnya bagus :)

  2. Aku dan Billy tidak ikut nonton film karena ada masalah server :(
    hiks….

  3. Raker tahun ini buat saya sedikit lebih santai dari raker-raker sebelumnya :)

  4. Baru pertama kali ikut yang begituan … hehe, tapi Puji Tuhan pengalaman baru yang berharga. Menurutku, rakernya tetap bisa berjalan dengan baik, walau agak jenuh, tapi ada bagian-bagian yang menarik + menghibur juga. :D

  5. Umm, kesan RAKER 2011 apa ya…. udah berlalu beribu-ribu detik nie…coba aku inget-inget dulu…

    Oya, RAKER kali ini suasananya beda. Biasanya keluarga besar YLSA mengadakan RAKER ke luar kota, tapi untuk tahun ini RAKER diadakan di dalam kota, bahkan masih dalam skala RT :D

    Tepatnya di sebuah bangunan yang belum selesai dibangun tapi sudah bisa dimanfaatkan. Senang sekali bisa menggunakan tempat baru untuk menyusun rencana kerja dan strategi baru yang akan dilakukan tahun ini untuk masing-masing divisi.

    Meskipun acaranya cukup padat, namun tidak terasa melelahkan. Banyak diselingi makan dan permainan sih. Hal beda yang saya temukan dalam RAKER kali ini adalah pemutaran film dan api unggun. Huuuufff, menyenangkan! Ini sangat bagus untuk memelihara kesehatan jiwa! Jadi pengen menikmati suasana kaya itu lagi :)

    Terima kasih untuk para Sahabat dan Donatur yang tak henti-hentinya berdoa dan mendukung kami dalam dana sehingga YLSA bisa membangun ruang pertemuan yang sudah kami pakai untuk RAKER kemarin. Tuhan selalu melimpahkan berkat bagi Anda semua, amin.

  6. Aku mengikuti raker YLSA sudah berulang kali, yang selalu kuingat di setiap raker ada mimpi-mimpi YLSA di tahun lalu yang di bacakan dan setiap mimpi-mimpi YLSA yang di bacakan banyak yang telah Tuhan jawab.

  7. Raker YLSA 2011, adalah Raker pertama saya, karena saya memang tergolong orang baru di YLSA, baru sekitar seperempat tahun pada waktu itu. Saya sangat berkesan dengan serentetan acara yang dilaksanakan. Sedikit capek memang, tapi banyak hal positif yang dapat diambil. Pesannya tetap semangat aja dalam mencapai goal dari masing-masing divisi.., cukup sekian..,

  8. RaKer tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya — saya ikut RaKer udah 3x, hehehe.

    Perbedaan yang pertama terletak pada tempat :p
    - RaKer tahun ini diadakan di dekat kantor YLSA. Dulu-dulu RaKer diadakan jauh dari kantor.

    Perbedaan kedua terletak pada staf :D
    - Banyak staf baru yang bergabung, jadi tambah seru dan semangat RaKer :)

    Dan perbedaan yang ketiga terletak pada api unggun!
    - Tahun-tahun lalu RaKer tidak ada acara “api unggun’an” hehe…. Api unggun adalah acara yang mengundang banyak tawa :D

    Terus semangat buat YLSA! Perjuangan kita ngga akan sia-sia…. Gbu.

  9. Raker tahun ini memang berbeda dari sebelumnya.

    Acara favorit: api unggun dong! :D

  10. @Anik: Saya baru tahu juga kalau ternyata ada acara “Mimpi YLSA” … unik juga :D

    @Sigit: Wah, terima kasih supportnya untuk masing-masing divisi di YLSA :) Mari bersemangat dalam melakukan planning 2011 yang telah disusun di Raker kemarin.

    Saya merasa sangat bersyukur karena melalui Raker, Tuhan memberi pencerahan kepada Divisi Komunitas untuk membangun dan memelihara komunitas milik YLSA semakin berkembang dan tetap terarah pada Kristus.

  11. Membuat rencana adalah kesempatan untuk mengungkapkan semua ide-ide, mereview kembali semua pekerjaan yang belum dan akan dikerjakan sepanjang tahun. Selalu bersemangat ketika merencanakannya. Raker kali ini cukup fresh walau “berkemah” tidak terlalu jauh dari kantor dan rumah :)

  12. Beberapa hal yang saya dapat dari RaKer YLSA 2011:

    + Kesan santai tapi berisi :)

    + Sesi Wawasan 2011 — Turning Point — memberikan gambaran tentang kesempatan yang bisa YLSA lakukan dengan teknologi yang ada saat ini. Beberapa sistem yang memungkinkan untuk dilakukan berkaitan dengan facebook, mobile, desktop vs cloud, apps & software, email & web, komunitas, CRM (Community Relationship Management), data vs tools.

    + Evaluasi kerja di tahun 2010, dan menghasilkan target dan rencana-rencana di tahun 2011.

    + Secara garis besar, Planning 2011 divisi ITS berkaitan dengan:
    – Software SABDA
    – Alkitab SABDA
    – Facebook Applications
    – Mobile
    – Audio
    – ITL Interface
    – Data
    – Infrastruktur

  13. Bagi saya Raker kali ini SERU! Senang bisa bersama-sama memikirkan rencana YLSA untuk tahun berikutnya, senang bisa brainstorming bersama, senang bisa mendapatkan materi “Turning Point“, senang bisa belajar banyak dari film yang bagus, senang bisa bersama teman-teman memuji Tuhan, main games, talent show dan bercanda gurau saat api unggun :)

  14. RAKER kali ini lebih menyenangkan, bukan karena acaranya yang lain dari RAKER-RAKER yang dulu, tetapi karena tidak perlu keluar kota, dan itu berarti pengeluaran juga tidak sebanyak kalau kita RAKER diluar kota:)
    (bagian keuangan akan lebih seneng kalau bisa menghemat biaya hehehehe)
    Dalam membahas planing-planing kali ini, banyak masukan yang diberikan oleh teman-teman di lain divisi, seperti:
    1. Paypal
    2. Menu khusus di situs tentang bagaimana memberi sumbangan
    3. Menghimbau para pelanggan untuk berpartisipasi
    4. Kunjungi donatur, mengundang singgah
    5. Doakan donatur bersama
    dll.
    Terima kasih buat semua masukannya :)

  15. Seandainya aku ada di sana pasti bisa join the team. But its all God’s planing. Acara ‘unggun api’ itu kegemaranku sejak dulu.

  16. Antusiasme Raker kali ini terbalas dengan banyaknya ide-ide baru untuk mengembangkan pelayanan yang sudah kita kerjakan. Semoga Tuhan memberi kekuatan.

  17. Mohon info-info seperti ini supaya kami-kami juga yang — walaupun — wong desa bisa tahu perkembangan apalagi dengan saudara-saudara seiman di nusantara ini. Bagi saudara-saudaraku seiman di mana saja, saya senang jika bisa share dengan teman-teman supaya bisa saling membagi berkat. Yang ok… bisa via ponsel aku 081341545454 or email anwar_gloria(at)yahoo.com

    ok thank yayasan sabda. JBU.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran