Blog SABDA
15Sep/230

Growing Together “Christian Digital Quotient (DQ)”

Sahabat SABDA sudah familier dengan Digital Quotient (DQ) atau Kecerdasan Digital? Bagi saya, DQ adalah kunci untuk memahami dan menghadapi tantangan dalam era digital ini. Sebagai seseorang yang tumbuh di tengah kemajuan teknologi, saya menyadari betapa pentingnya memiliki DQ yang kuat. DQ bukan hanya tentang menguasai perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam tentang dampak teknologi bagi kehidupan kita. Saya percaya bahwa DQ mencakup literasi digital, kemampuan untuk melindungi privasi online, serta kemampuan untuk berpartisipasi secara positif dalam komunitas online.

Bersyukur melalui diskusi Growing Together September Digital Quotient yang dilaksanakan pada 4 — 30 September via WAG, saya semakin sadar bahwa mengembangkan DQ adalah suatu tugas yang tidak akan pernah berakhir. Bahkan, saya tidak hanya belajar tentang DQ, tetapi juga:
– Topik 1: Pengertian DQ, Christian Digital Quotient (DQ), Identitas Digital, Penggunaan Waktu
– Topik 2: Etika, Keamanan Data, Manajemen Hak Privasi
– Topik 3: Keterampilan Berpikir Kritis, Manajemen Privasi
– Topik 4: AI Quotient

Diskusi ini mendorong saya untuk terus belajar dan beradaptasi dengan teknologi baru yang muncul, dan ini adalah perjalanan yang menarik. Saya juga diingatkan bahwa dengan sebagai anak-anak Tuhan, kita harus memiliki DQ yang kuat supaya bisa menghidupi identitas kita sebagai ciptaan baru dalam Kristus saat menjalani identitas digital kita. Kami sangat berharap ilmu ini tidak hanya berhenti pada kami. Kami sangat mengharapkan teman-teman yang ikut bergabung dalam diskusi atau yang membaca info diskusi ini dapat membagikannya supaya dapat membantu orang lain untuk meningkatkan DQ mereka.

Untuk meningkatkan DQ, khususnya dalam konteks kristiani, saya mengajak kita semua untuk aktif mencari sumber daya online dan berpartisipasi dalam kursus literasi digital. Dengan begitu, kita dapat menjadi teladan bagi generasi muda dalam keluarga dan membantu mereka memahami pentingnya menggunakan teknologi secara bijak. Bagi teman-teman yang belum sempat join dalam diskusi terkait Digital Quotient ini, bisa membacanya melalui https://murid21.org/komunitas ya. Ada banyak pelajaran berharga terkait digital di sana. Yuk, segera baca dan bagikan juga kepada keluarga, teman, dan rekan-rekan lainnya. Selamat belajar dan berbagi ya!

Theresia

Tentang Theresia

Theresia Marbun telah menulis 27 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.