Blog SABDA
20Jul/230

Gimana Sih Cara Liburan Bersama Tuhan?

Diskusi GT Bagian Pertama

Ketika mendengar kata “liburan”, saya langsung membayangkan tempat rekreasi, teman-teman yang bisa diajak bersenang-senang, dan kegiatan yang menyenangkan. Growing Together (GT) SABDA kali ini mengangkat tema Liburan Bersama Kristus. Hal ini membuat saya merenung, apakah saat liburan saya sudah mengikutsertakan Tuhan dan cara berlibur bersama Kristus. Saya merasa cukup kaget, hari pertama topik pembahasan yang diangkat oleh fasilitator adalah pengertian healing. Kebanyakan rekan-rekan diskusi GT Juni sepakat bahwa setiap orang memerlukan healing, baik secara fisik maupun emosional. Kesehatan jasmani dan rohani yang baik dapat menstabilkan kemampuan kita untuk melayani Tuhan.

Minggu kedua, kami belajar berjalan bersama Tuhan. Sayangnya, kami cukup kebingungan mengembangkan diskusi karena istilah lectio divina cukup asing dan kami belum memahami betul maknanya. Bersyukur, kakak-kakak fasilitator tetap dapat mengembangkan diskusi. Dari diskusi, kami mendapatkan beberapa kendala ketika berjalan bersama Tuhan, yaitu waktu, kesibukan kerja, kurang tahu metode yang pas, dan kemalasan. Namun, semua itu dapat diatasi dengan menggunakan metode yang tepat dan menyenangkan, seperti mencari komunitas berbagi firman Tuhan dan mengatur waktu untuk merenungkan firman-Nya secara konsisten.

Minggu ketiga, mengangkat subtema “Makan Alkitab” (Bible Intake). Ada banyak pengalaman yang dibagikan menyadarkan bahwa setiap orang memanglah harus memiliki “lapar rohani”. Lapar rohani mengajari kita untuk menjaga konsistensi “makanan” yang dikonsumsi, lingkungan membantu kita mengelola makanan dengan baik dan benar, berani mencoba cara-cara baru untuk makan terasa menyenangkan, dan perlunya berbagi makanan yang enak agar orang lain juga bisa menikmati menu makanan rohani dengan baik.

Minggu terakhir adalah mengenai pembentukan rohani. Cara ini melatih/mengolah hidup kerohanian untuk pertumbuhan iman dan pengenalan akan Tuhan dalam proporsi yang tepat. Nah, gimana nih menurut Teman-teman? Banyak ‘kan pelajaran berharga yang kami dapat?

Nah, Teman-teman bisa mengikuti sharing lengkap dari GT Juni di situs SABDA Live dan bergabunglah dalam diskusi pemuridan Growing Together selanjutnya ya! Dari keseluruhan kelas, saya belajar bahwa liburan ternyata bukan hanya untuk rekreasi, melainkan mengisi hari-hari dengan cara yang bermakna, menjaga keseimbangan jasmani, emosional, dan rohani. Semuanya hanya bisa dijalankan dengan benar bersama Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

Rode

Tentang Rode

Rode Pardede telah menulis 26 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.