Blog SABDA
4Aug/220

SABDA Unboxing! Komik “Yesus Mesias”

Pada Kamis, 28 Juli 2022, SABDA Unboxing! mengupas tuntas salah satu produk SABDA, yaitu komik Yesus Mesias. Ibu Yulia (host) bersama dengan Sdr. Pio, narasumber sekaligus salah satu staf yang banyak terlibat dalam pengerjaan komik Yesus Mesias, memaparkan dengan jelas tentang produk ini. Banyak informasi menarik yang saya dapatkan melalui acara ini. Berikut ini saya rangkum hal-hal menarik berdasarkan penjelasan dari Pio.

Komik Yesus Mesias merupakan salah satu produk baru dari SABDA, karya ilustrator Belanda, yaitu Willem de Vink, yang menceritakan tentang pelayanan Yesus Mesias dari pembaptisan hingga Yesus naik ke surga. Latar belakang terciptanya komik ini merupakan ekspresi dari mimpi, visi, dan rasa cinta sang ilustrator terhadap Yesus Mesias, yang merupakan Juru Selamat dan Pahlawannya, lalu dibentuk menjadi komik dalam ragam bahasa. Komik Yesus Mesias dipublikasikan pertama kali yang bekerja sama dengan Wycliffe Belanda (1993). Pada 2018, pengurus SABDA bertemu dan berbincang dalam acara pelayanan media dan akhirnya SABDA memperoleh izin untuk menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia dengan judul Siapakah Dia? Yesus Mesias.

Proyek komik Yesus Mesias merupakan proyek bersama yang melibatkan Divisi Content, ME+DIA, ITS, Platform, bahkan semua staf SABDA. Ada lima tahap pengerjaan proyek ini, yaitu: menerjemahkan, memasukkan hasil terjemahan ke balon percakapan, ekspor image dan PDF, QC dari tim baca cepat dan tepat, dan distribusi produk di situs/aplikasi. Komik Yesus Mesias ini didistribusikan dalam bentuk digital yang dapat diakses di situs mesias.sabda.org dan aplikasi Komik.APP (yang warna merah untuk Android dan Singa Yehuda untuk IOS) secara gratis.Siapa saja dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan komik Yesus Mesias ini, khususnya bagi anak-anak dengan pendampingan dari orang tua, guru-guru sekolah minggu, atau guru pelajaran.

Komik Yesus Mesias berdasar pada Injil Sinoptik dan di setiap halaman komik terdapat referensi ayat yang relevan dengan cerita yang disajikan. Komik ini tersedia dalam format PDF, animasi pendek berdurasi 1-3 menit, dilengkapi dengan buku panduan pendalaman Alkitab (PA), buku kerja Sahabatku, dan lembar mewarnai yang cocok untuk aktivitas anak.

Saya setuju bahwa komik Yesus Mesias ini lebih dari sekadar buku. Komik ini dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menolong anak-anak belajar Alkitab. Khusus bagi para guru sekolah minggu, komik ini dapat sebagai alat peraga (secara online) untuk mengajar anak-anak sekolah minggu. SABDA juga pernah mengadakan presentasi Kurikulum Sekolah Minggu Berdasarkan Komik Yesus Mesias yang bisa Sahabat simak dokumentasinya di https://mesias.sabda.org/teacher.php.

Secara pribadi, melalui SABDA Unboxing! Komik Yesus Mesias ini, saya berharap semakin banyak orang percaya, khususnya orang tua, guru sekolah minggu, dan guru pelajaran agama, dapat memanfaatkan komik ini untuk mengajarkan anak-anak untuk belajar firman Tuhan. Dengan begitu, anak-anak dapat menikmati firman Tuhan dengan cara yang lebih asyik. Tuhan Yesus memberkati. Salam IT4God!

Bima

Tentang Bima

Mattheau Bima telah menulis 19 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.