Blog SABDA
26May/220

Sistem Baru, Semangat Baru di Kelas DIK 2

SABDA Live sudah menyelenggarakan beberapa kelas diskusi online dan terus berusaha melakukan perubahan yang berguna untuk kemajuan kelas. Kami juga mendapat banyak masukan dari peserta kelas MLC melalui form evaluasi yang biasa kami kirimkan menjelang akhir kelas. Beberapa masukannya bagus, dan tim SABDA Live merasa perlu untuk melakukan perubahan sistem pelaksanaan kelas online agar semakin efektif.

Akhirnya, diputuskan bahwa mulai kelas Dasar-Dasar Iman Kristen 2 (DIK 2) akan diadakan dalam 2 jenis kelas berdasarkan pembagian waktunya: kelas pagi dan kelas malam. Kelas pagi dimulai pkl. 09.00 – 20.00 WIB, sedangkan kelas malam dimulai pkl. 15.00 – 01.00 WIB. Di luar waktu yang ditentukan tersebut, WAG kelas ditutup menjadi 1 arah agar peserta dapat beristirahat dan mengerjakan pekerjaannya tanpa ada gangguan notifikasi. Acara pembukaan kelas dan penyampaian materi DIK 2 dilakukan pada 11 Mei. Itu pun diadakan dalam 2 sesi, yaitu kelas pagi pkl. 10.30 WIB dan kelas malam pkl. 19.00 WIB, hanya melalui Zoom dengan harapan peserta bisa serius mengikuti pemaparan materinya. Bagi peserta yang tidak mengikuti pembukaan kelas dikenakan sanksi.

Karena kelas DIK 2 merupakan kelas lanjutan dari kelas DIK 1, maka perubahan sistem kelas ini kami informasikan kepada lulusan kelas DIK 1 beserta surat ajakan untuk bergabung ke kelas DIK 2. Dalam formulir pendaftaran, juga sudah kami cantumkan pilihan kelas yang ingin diikuti peserta dan beberapa info penting lainnya. Respons para peserta terkait perubahan sistem ini baik meski ada banyak hal yang mereka tanyakan ke WA Admin.

Hal yang berbeda lainnya adalah sistem perkenalan. Biasanya, perkenalan dilakukan sore sampai malam hari di kelas masing-masing. Namun, dalam kelas DIK 2 ini, perkenalan dilakukan dalam breakout room Zoom setelah pemaparan materi DIK 2 agar peserta bisa berkenalan secara langsung, bisa melihat wajah-wajah peserta lainnya, dan lebih akrab. Para peserta senang dengan acara perkenalan ini karena acara dilakukan dengan singkat dan fun dengan menyebutkan nama makanan khas daerah masing-masing, selain memperkenalkan diri secara singkat.

Dalam kelas DIK 2 yang diadakan pada 12 – 18 Mei 2022 ini, ada 83 peserta yang dibagi menjadi 4 kelas, yaitu 2 kelas pagi sebanyak 38 peserta dan 2 kelas malam sebanyak 45 peserta. Saya bertugas sebagai admin kelas malam untuk 2 kelas sekaligus, yaitu kelas DIK 2-3 dan kelas DIK 2-4. Kelas DIK 2-3 dimoderasi oleh Ibu Yulia dan kelas DIK 2-4 dimoderasi oleh Roma. Salah satu tantangan yang berat sebagai admin kelas malam adalah melawan kantuk ketika mendampingi peserta berdiskusi, khususnya di atas pkl. 23.00 WIB. Pernah saya ketiduran sebelum menutup kelas DIK 2. Akhirnya, saya selalu pasang alarm di HP agar tidak terlewat waktu untuk membuka dan menutup kelas.

Diskusi dalam kelas DIK 2 ini berlangsung seru dan memperlengkapi pemahaman para peserta. Walaupun banyak yang bergabung larut malam karena kesibukan, tetapi tidak menyurutkan semangat mereka dalam berdiskusi dan berbagi beberapa referensi yang mendukung. Topik yang paling menarik perhatian peserta adalah terkait topik keselamatan. Beberapa pertanyaan muncul dan pro kontra terjadi, tetapi tidak sampai menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Para peserta dapat berdiskusi dengan kepala dingin. Saya pribadi juga sangat diberkati dengan materi diskusi ini, khususnya materi terkait hidup baru dan lahir baru. Walaupun bukan sekali saya menjadi admin kelas DIK maupun membaca modul DIK, tetapi setiap kelas ini dibuka selalu ada hal baru yang saya dapatkan.

Sistem penutupan kelas dan evaluasi juga berbeda dari kelas sebelumnya. Evaluasi diadakan hanya melalui Zoom pada Rabu, 15 Juni 2022, dan setiap peserta diwajibkan menyampaikan evaluasi singkat terkait pelaksanaan sistem baru kelas di breakout room. Sebagian besar peserta memberi kesan baik dengan sistem baru ini karena bisa fokus dalam diskusi, menjadi lebih hidup karena ada kurun waktu yang ditentukan dan lebih disiplin ketika mengikuti diskusi kelas. Peserta juga senang karena pertanyaan dikirim hari sebelumnya sehingga bisa mempersiapkan tanggapannya dengan lebih baik.

Kelas yang berakhir pada 18 Mei 2022 ini berhasil meluluskan 74 peserta. Pengumuman kelulusan juga kami adakan dengan cara baru, yaitu melalui IG Live @sabda_mlc pada Selasa, 24 Mei 2022. Acara berlangsung fun dan santai yang dimulai dengan testimoni dari perwakilan peserta masing-masing kelas. Harapan saya, dengan mengikuti kelas ini, peserta semakin rindu untuk memperlengkapi diri dengan belajar doktrin-doktrin penting kekristenan, baik melalui perkuliahan, buku-buku, maupun seminar atau kelas online, seperti yang diadakan oleh YLSA agar semakin mengerti makna iman kekristenan dan semakin teguh mengerjakan keselamatan yang adalah anugerah Tuhan.

Mei Budi

Tentang Mei Budi

Mei Budi telah menulis 15 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.