Blog SABDA
22Jan/1067

Alkitab Audio SABDA

alkitab_audio_sabdaSaya baru bergabung dengan YLSA pada bulan November 2009 yang lalu. Panggilan saya di kantor adalah Therra dan tugas pertama saya di YLSA adalah membuat algoritma untuk memotong lirik dalam teks Alkitab audio Terjemahan Baru — Perjanjian Baru (TB — PB), yang sudah di-karaoke-kan sebelumnya oleh Billy. Pemikiran kenapa lirik yang ada perlu untuk dipotong adalah karena layar dalam pemutar MP3 biasanya kecil dan tidak bisa menampilkan keseluruhan teks yang ada. Karena itu, perlu suatu program yang bisa memotong teks per ayat yang sudah ada menjadi lebih pendek lagi. Begitu jadi, program itu akan dijalankan dengan melakukan tes di beberapa berkas (file) Alkitab audio. Hasilnya bagus, tidak ada masalah, dan semua lancar-lancar saja.

Tapi, ternyata tidak sampai di sini saja. Saya diminta untuk mengembangkan program dengan membuat pengindeks audio (audio-indexing), yaitu suatu program yang memungkinkan kita untuk mencari suatu kata tertentu dalam audio. Untuk itu kita memerlukan informasi waktu (time data) untuk setiap kata yang ada dalam audio. Tidak ada masalah untuk saya membuat programnya, tapi ketika program dijalankan, masalah mulai bermunculan. Ternyata ada banyak informasi waktu yang tidak pas dengan audio yang dipakai, bahkan ada informasi yang menunjuk ke waktu yang semestinya tidak ada.

Akhirnya muncul pertanyaan, audio manakah yang dulu dipakai untuk membuat informasi waktu, karena setelah dicek ternyata kita punya banyak sekali berkas audio untuk versi Alkitab audio ini (waktu itu saya fokus untuk membuat lirik Alkitab Audio TB — PB). Karena masih belum tahu audio manakah yang seharusnya dipakai, akhirnya proyek ini sempat tertunda beberapa waktu, dan saya ganti fokus dengan membuat antarmuka (interface) untuk pengindeks audio.

Mungkin, kalau bukan karena Bu Yulia yang sebenarnya ingin membagikan CD Alkitab Audio TB — PB untuk para peserta roadshow di Purwokerto, saya tidak akan mengotak-atik data audio TB — PB lagi dan hanya fokus ke pembuatan antarmuka audio. Setelah menghabiskan waktu hampir satu minggu, akhirnya saya menemukan kalau ternyata informasi waktu yang kita miliki itu dibuat berdasarkan audio TB — PB versi .wav OLB yang kualitasnya tidak begitu bagus dan kita tidak punya versi MP3-nya. OK…, berarti waktu yang ada untuk setiap ayat harus digeser sesuai dengan lama audio MP3 yang ada dengan patokan audio .wav OLB.

Thanks to God, akhirnya kita bisa mencetak CD Alkitab Audio TB — PB untuk dibagikan di roadshow Salatiga 16 Januari 2010. [Mohon maaf untuk para peserta roadshow di Purwokerto kalau CD Audio TB — PB yang dibagikan memiliki beberapa kekurangan]. Dan sekarang saya sedang memproses data yang ada untuk membuat CD audio Alkitab versi Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS). Semoga berjalan lancar dan hasilnya dapat menjadi berkat. God Bless.

Update 1:
Sekarang juga telah tersedia audio sebagian dari Perjanjian Lama (Mazmur, Amsal, Pengkhotbah) lengkap dengan lirik teks Alkitabnya. Bagi Anda yang ingin dikirimi tambahan ini, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Therra

Tentang Therra

Therra The telah menulis 2 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (67) Trackbacks (0)
  1. Hello, Therra, wah masih baru tapi sudah mengerjakan dan menghasilkan program audio yang luar biasa dan memberkati lebih banyak orang lain 🙂 Selamat ya … 🙂 Pastinya tugas-tugas menantang lainnya siap menanti he he he … Tetap semangat bekerja di ladang-Nya!

  2. maju terus buat saudari Therra! n di mana bisa diperoleh Alkitab Audio SABDA ini – thx – dony jakarta

  3. Sebagai hadiah karena Anda memberi komentar di blog SABDA, kami akan kirimkan CD AUDIO gratis untuk Anda.

  4. Kalo ada cd audio lebih, mau dong saya dibagi juga. Trims. GBU.

  5. saya juga perlu cd alkitab audio, kalo beli, bisa beli di mana yah yang terdekat dengan kota saya?

  6. Untuk @Sdr. Yahya, tentu saja ada. Untuk @Sdr. Juju, CD Audio SABDA tidak diperjualbelikan, tapi kami dengan senang hati akan mengirimkannya kepada Anda. GBU

  7. Sdri Therra, apa saya juga bisa memiliki CD Audio SABDA. GBU

  8. Kalo ada CD Alkitab audio saya ikutan pesen dong. Makasih. GBU

  9. @Sdr. Surinda dan @Antonius, terima kasih untuk responnya. Kami akan usahakan secepatnya untuk bisa mengirimkan CD Audio.

  10. Liebe Therra,

    meski aku ga ngerti kamu ngerjain apa aja tapi yang jelas terdengar sangat menantang jenis tugasnya. Dan keliatannya kamu betah di sono. Gott sei Dank !

  11. Bu.., saya ingin memilki dan mohon dikirimi cd audio alkitab ….
    [alamat dipotong]

  12. Kalau ada yang butuh CD Alkitab Audio Bahasa Jawa atau Sunda, kami juga menyediakannya. Silakan minta.

    Untuk yang sudah mendapat CD, apakah sudah dicoba? Semoga menjadi berkat. Anda juga boleh membuat kopi CD untuk dibagikan kepada orang lain secara gratis. “Anda menerimanya dengan cuma-cuma, bagikan juga dengan cuma-cuma,” ikutilah moto YLSA.

    Mari kita bagikan berkat firman Tuhan kepada mereka yang membutuhkan. Firman Tuhan tidak akan kembali dengan sia-sia.

  13. Syalom.
    Saya pernah beli CD Audio Alkitab PB versi TB, kok ada yang jual yah ?
    Kalo ada kenapa susah2 bikin lagi, yah?
    Tapi kalo boleh saya juga mau CD Audionya, boleh ?
    Tapi yang bener2 saya mau adalah CD Audionya Alkitab Perjanjian Lamanya nih.

    Tks

  14. Shalom sdri. Therra

    Saya mohon dapat dikirimi audio Alkitab
    [alamat dipotong]

    Terima Kasih dan Tuhan Yesus Memberkati

    Salam
    Ivan

  15. Saya sama sekali belum pernah mendapat CD Audio (MP3) Alkitab, bila dikirimin 1 saya akan senang sekali. [alamat dipotong]. Trima kasih Tuhan berkati.

  16. Untuk @Sdr. Kiwill, yang saya lakukan adalah menambahkan lirik/mengkaraokekan audio yang sudah ada, bukan membuat audio yang baru. Untuk perjanjian lama YLSA hanya punya Mzm, Ams, dan Pkh, dan masih sedang dalam proses.

  17. Wah senang sekali mengetahui ada Alkitab Audio. Terus berkarya!!!
    Bagaimana cara mendapatkannya???

  18. erm.. kalau di hantar ke Malaysia, kosnya berapa kan??

  19. @Sdr. Filipus, kami kurang tahu tentang ongkos kirim ke Malaysia, tapi Anda bisa download Audio Alkitab di
    http://download.sabda.org/audio_bible/

  20. Praise GOD!
    Tenyata produk CD banyak dibutuhkan oleh Saudara/i kita di berbagai wilayah. Bahkan tak hanya di INDO tapi di luar negeri juga.

    Hopefully, tim YLSA tidak akan berhenti menelurkan produk-produk bermanfaat lainnya.

    Bagi Saudara/i yang mengakses situs YLSA/SABDA, maupun yang menggunakan CD SABDA tolong dukung kami dalam doa, supaya banyak juga orang-orang yang rindu melayani dan bergabung bersama kami di YLSA.

    Terima kasih, Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

  21. Mb Therra saya sangat senang setelah mengetahui kalau Alkitab Audio sudah ada. selama ini saya sangat terbeban dengan teman kuliah saya (di STTP-Bogor) yang gagal operasi retina mata. sekiranya Alkitab ini masih ada persediaannya saya mohon dikirim satu saja untuk teman saya. terima kasih, Tuhan Yesus Memberkati

  22. Ibu Therra Ysh,
    Kami komunitas pemuda dan mahasiswa, berharap jika persediaan ada mohon kami dikirimkan CD-Alkitab Versi Audio. Kalau memang ada biaya berapa?, TUHAN meberkati pelayanan kita semua AMIN.

  23. @Sdr. Richard , semoga Alkitab Audio ini dapat menjadi berkat untuk teman Anda.

    Untuk @Sdr. Matius, kami akan secepatnya berusaha mengirimkan Cd Audio kepada Anda, semoga bisa menjadi berkat.

    God Bless.

  24. Shalom …Ibu Therra saya hanya dengar ada alkitab audio tapi saya gak punya…mau juga dong…he…he.tq banget ya ibu

  25. Nanti kalau Anda sudah mendapat CD Alkitab Audio, Anda juga harus bersedia membagikan ke orang lain lagi dengan gratis, ya?

    Mari kita beritakan firman Tuhan ke seantero nusantara!

  26. Shalom
    Ibu Therra, saya baru bergabung di Blog SABDA, tertarik dengan Alkitab Audio, di mana saya bisa mendapatkannya?
    Terima kasih.

  27. Saya sedang melanjutkan pendidikan S2 di india dan perlu mp3 audio alkitab (PL & PB)
    apa bisa dikirimkan ke alamat email saya?
    terima kasih
    GBU

  28. wah saya ikut senang dgn ibu Therra yang diberikan karunia untuk melengkapi pelayanan….apakah saya boleh minta juga utk CD Alkitab Versi Audio?

  29. Saya mohon dikirimkan CD Audio Alkitab PL-PB.
    Berikut adalah alamat saya:

    [alamat disunting]

    Terima kasih

    Kiranya Tuhan senantiasa memberkati YLSA

  30. ibu Therra
    sudah lama saya tidak membuka situs ini, dan saat saya membukanya, apa yang saya cari2 akhirnya ada juga, yaitu audio alkitab, bagaimana cara mendapatkannya? apakah saya bisa download dari situs ini?
    thanks GBU

  31. Shalom bu …
    Saya sedang mencari Alkitab dalam format MP3 yang akan kami gunakan untuk membantu lansia yang tidak bisa membaca Alkitab. apakah di SABDA ada? bila ya bagaimana caranya? GBU

  32. Untuk @Sdr. Jimmy
    dan yang lain, Alkitab Audio dapat didownload di: http://download.sabda.org/audio_bible/

    atau silahkan isi form yang kami kirimkan melalui email, setelah itu kami akan mengirimkan CD Audio kepada Anda.

  33. Shalom,

    Senang mendengar sudah ada Alkitab audio versi Indonesia. Apakah masih ada?

    Jika memang boleh, saya akan senang sekali bisa membagi-bagikannya.

    Terima kasih, Tuhan Yesus Memberkati.

  34. Mbak Therra, saya boleh minta juga CD Alkitab audionya? Lokasi saya di Jogja. Makasih. GBU

  35. salam damai sejahtera…

    bagus ni…

    saya mina ijin agar boleh saya shering juga ni lewat blog aku dan situs webs pribadi saya

    9net.wordpress.com

    siahaan.net78.net

    trims

    GBU

  36. Shallom, Bu boleh sy minta dikirimkan CD Alkitab Audionya? untuk sy pribadi dan Ministry yang saat ini baru berjalan,Ibu bs lihat di http://canaanfamilyministry.multiply.com (blm sempurna isinya).Trima kasih.
    GBU

  37. Saya salut dengan pelayanan Anda. Inspiratif. Kalo boleh saya dikirimi lewat e-mail dong. Terima kasih.

  38. Ibu Therra, tolong kirimkan CD Alkitab audionya ya! Saya sangat butuhkan pengajaran di sekolah dan di gereja. Terima kasih sebelumnya, Tuhan Yesus memberkati…

  39. @christian, kalau Anda ingin men-sharing-kannya diblog atau situs pribadi Anda, silahkan saja.

    Untuk yang rindu mendapatkan CD, sementara ini Bu Yulia sedang ke Bogor jadi mungkin Anda belum mendapatkan email form pemesanan CD. Nanti kalau Anda sudah mendapatkan email tersebut, mohon diisi dan kirim kembali ke kami. Kami akan mengirimkan CD Audio kepada Anda.

    God Bless.

  40. Saya kagum atas upaya utk mengaudiokan Alkitab. Saya tertarik utk memilikinya guna memudahkan dalam pelayanan. Mohon dikirimi Alkitab audio versi TB, BIS, dan Bahasa Jawa. Saya coba download tetapi terlalu lamban koneksinya. Terima kasih sebelumnya. GBUs

  41. Saya sudah lama tidak membaca Alkitab….
    dan saya ingin kembali ke jalan yang menurut saya baik…
    tolong bantu saya untuk menemukannya dengan cara Anda…

  42. Shallom

    Tolong kirimkan CD Alkitab Audionya..
    Terima kasih

  43. Shallom,

    Saya bisa dikirimi CD Alkitab Audionya tidak ??
    Kalau bisa saya ucapkan terima kasih. Kalau tidak bisa ya tetap terima kasih.
    GBU dan saya tunggu untuk versi PL
    Thanks.

  44. @stefanus
    @stefanus: Saya dengar dari seorang sahabat saya, YLSA sedang bergumul untuk menambah sebuah media server. Kita doakan saja agar bisa segera terealisasi. 🙂

  45. @krismantono
    Sama, aku juga baru berat baca Alkitab.
    Cuman kalo dibilang “dengan cara Anda” agak susah, Bro. Karena cara tiap orang beda-beda. Cara ku belum tentu cocok buat Bro Krismantono.

    Kalo caraku sendiri sih paksain diri buat baca Alkitab dan berdoa.
    Seperti orang kalau tidak pernah olah raga pasti tersiksa banget saat pertama kali olah raga. Tetapi setelah badan terbiasa jadi kerasa segar.
    Begitu pula dengan ibadah. Saat pertama rasanya mungkin menyiksa, tetapi saat ibadah sudah jadi “gaya hidup”, ibadah akan bikin hidup jadi lebih hidup. 🙂

    Good luck for both of us, Bro.

  46. @Sugianto: wah Anda kok nrimo banget sih… Kita pasti akan kirimin, pak.

  47. @Bu Yulia, kapan CD-nya bisa saya dapatkan?
    Thanks sebelumnya.
    GBU

  48. Shallom,

    Wah, Puji Tuhan CD Audio Alkitab-nya banyak yang minat ya…
    Saya doakan makin banyak yang mendengarkan Alkitab Audio supaya semua makin kuat dalam Yesus. Karena sekarang banyak audio-audio yang tujuannya masukin seperti sugesti ke alam bawah sadar, jauh lebih baik kalau Firman Tuhan yang didengerin terussss terusss terusss berulang ulang.. hehe..
    Ngomong-ngomong saya mau juga dong CD Audio-nya, apalagi yang PL.

    God Bless U all

  49. @yohanes ferdinand: terima kasih untuk doanya. Ini kita baru sedang cetak CD-nya lagi, karena yang kemarin dicetak sudah habis, kalau sudah jadi kami pasti akan kirim ke Anda.

  50. @Therra , thanks for reply.
    Sukses buat programing-nya.
    Kalau memang membuat audio track, wah luar biasa. he..he..


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.