Blog SABDA
29Sep/143

Staf “Baru” Divisi Multimedia YLSA

Divisi Multimedia adalah salah satu divisi di YLSA yang bertanggung jawab mengurus dan mendistribusikan CD/DVD secara gratis ke seluruh Indonesia. Distribusi ini bisa dilakukan lewat roadshow-roadshow SABDA maupun pengiriman secara langsung via kantor pos kepada mereka yang memesan. YLSA memproduksi 25+ CD Alkitab Audio dalam berbagai bahasa. Selain itu, YLSA juga memiliki DVD Library SABDA yang berisi bahan-bahan yang sangat berguna untuk pelayanan.

CD dan DVD itu dikemas/dibungkus dalam plastik yang sangat sederhana supaya menghemat biaya. Di dalamnya disertakan “Daftar Isi” bahan, ataupun ditambah perangkat lain seperti: brosur-brosur YLSA, stiker, dan traktat. Pengerjaan “packing” CD/DVD ini adalah salah satu dari tugasku di YLSA. Walaupun tidak sulit, pekerjaan ini membutuhkan banyak waktu, terutama saat sedang banyak pesanan atau roadshow. Sebagai penanggung jawab pendistribusian CD/DVD, salah satu kerinduanku adalah memiliki teman untuk membantu “packing”. Selama ini, ada staf lain yang kadang aku “paksa” untuk membantu, misalnya Pak Yosep dan teman-teman dari divisi lain. Namun, kadang-kadang ada rasa sungkan juga karena mereka semua punya banyak pekerjaan. Akan tetapi, kalau sedang banyak pesanan CD/DVD, banyak staf akan serempak membantu. Aku paling senang kalau tiba-tiba “oglangan” (mati listrik) karena teman-teman akan meledekku, “Wah, yang paling senang Mbak Anik nih …,” karena teman-teman sudah tahu, mereka pasti aku “manfaatkan” untuk membantu “packing” CD/DVD … he he he.

Beberapa bulan terakhir ini, aku sangat bersyukur karena orang yang sama sekali tidak terpikir sebelumnya, yaitu Tante, maminya Ibu Yulia, bersedia membantu “packing” CD/DVD. Tante sudah berusia 80 tahun. Setahuku, orang-orang seusia Tante kebanyakan sudah tidak bisa apa-apa atau sulit melakukan aktivitas, tetapi aku terkesan dengan Tante karena walaupun sudah seusia itu, beliau masih bersedia mengerjakan sesuatu yang berguna. Awalnya memang sulit karena Tante kadang lupa dan keliru memasukkan CD …. Ya, itu salahku sendiri karena tidak menyadari kalau harus menjelaskan dengan lebih rinci kepada Tante. Tugas yang lebih rumit lagi adalah ketika menjelaskan cara memasukkan kartu nama ke dalam kemasan CD/DVD karena ada beberapa desain kartu nama. Tante pasti bingung karena contoh yang kuberikan tidak sama dengan kartu nama yang akan dimasukkan. Pernah suatu kali, aku dipanggil oleh Tante (dalam bahasa Jawa), “Anik, ngapa kartu nama ora pada karo contone sing mbok cepakke, mengko nek diseneni kowe lho, Nik”. Jawabku, “Nggih, Tante, mangke nek didukani kula.” Dalam Bahasa Indonesia: “Anik, kenapa contoh kartu nama tidak sama dengan yang kamu sediakan, nanti kalau dimarahi salah kamu lho, Nik”. Jawabku, “Ya, Tante, nanti kalau dimarahi saya yang salah.” Ya, aku coba jelaskan sebisaku. Puji Tuhan lambat laun Tante mengerti dan menjadi terbiasa.

Sudah beberapa bulan ini Tante selalu datang ke rumah Bu Yulia sekitar pukul 09.00 dengan dijemput Pak Joseph. Karena itu, setiap pagi aku memeriksa apakah persediaan CD yang akan dimasukkan ke plastik oleh Tante masih cukup atau sudah habis. Pekerjaan “packing” CD memang kadang membuat “ngantuk” dan membosankan, tetapi tidak untuk Tante. Beliau mengerjakannya dengan tekun, rapi tanpa mengeluh. Wah … wah … hebat Tante yang satu ini. Meskipun sudah tua, tetapi semangatnya luar biasa. Hari demi hari, aku merasa Tante semakin cepat mengemas CD. Aku sempat curhat ke Bayu ketika sedang di ruang Multimedia, “Kemarin-kemarin aku kekurangan stok CD, tetapi sekarang kelebihan stok CD ….” Terima kasih banyak untuk Tante yang sudah bersedia membantu “packing” CD-CD. Dari pengalaman ini, aku belajar bahwa usia seharusnya tidak menjadi batasan untuk dipakai oleh Tuhan. Tuhan Yesus memakai Tante untuk menjadi bagian dari penyebaran Alkitab ke banyak tempat. Kiranya nama Tuhan dimuliakan.

Tentang Anik

Lani Mulati telah menulis 13 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (3) Trackbacks (0)
  1. Hore!! Mbak Anik ada yang membantu “packing” CD/DVD. 😀
    Selamat ya, Mbak. 😀

    Meski “packing” CD/DVD terlihat mudah, sebenarnya pekerjaan ini juga butuh ketelitian. Kalau tidak teliti, kartu nama bisa kelupaan atau menyusun brosur/perlengkapan paket SABDA bisa terbalik-balik … hehehe.

  2. Saya sudah berkali-kali mengajukan permohonan CD, namun belum pernah saya terima. Kenapa ya?

    • Dear Bapak Heri,

      Terima kasih telah berkunjung ke blog SABDA dan memberikan komentar. Sebagai konfirmasi, kami telah mengirimkan pesan ke email Bapak, silakan cek email ya, Pak. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran