Blog SABDA
23Apr/240

Belajar Membuat Artikel dengan Bantuan AI

Membuat artikel dari sebuah video/seminar online susah nggak sih? Sahabat SABDA pernah coba nggak? Saya pernah mencoba sih, kadang hasilnya bagus karena transkrip video yang saya pakai cukup pendek. Namun, pernah juga malah jadi bingung dengan hasil dari AI karena transkrip yang saya pakai untuk membuat artikel panjang sekali. Usut punya usut, cara saya dalam hal ini tidak tepat  .. hehe. Kok bisa tahu kalau caraku salah?

Belum lama ini, Ibu Evie menyampaikan training tentang “Membuat Artikel dari Transkrip Video Seminar/Live dengan Bantuan AI”. Training ini diadakan agar kami bisa semakin terampil menggunakan AI untuk membuat artikel dari materi acara live di SABDA. Meski pada era AI ini, kita sangat dimudahkan untuk membuat artikel, tetapi kita juga perlu punya strategi cerdas dalam menggunakannya. Dengan AI, kita bisa dibantu terkait ide-ide penulisan artikel, informasi-informasi yang diperlukan, bahkan artikelnya pun dibuatkan. Wah, kita nggak perlu ngapa-ngapain donk jadinya … ups, tidak ya! Kita tetap harus terlibat mengerjakannya!

Setiap video, hasil acara live, bisa dipotong-potong dan menghasilkan beberapa transkrip sesuai potongan-potongan tersebut. Nah, dari transkrip potongan video ini, kita baru bisa membuat artikel dengan lebih baik. Mengapa lebih baik? Karena materi yang dibicarakan dalam video yang sudah dipotong tidak terlalu panjang. Transkrip potongan video tersebut bisa kita olah dengan menggunakan Chat GPT, Gemini, atau Perplexity untuk mulai membuat artikelnya. Jika sudah ada hasilnya, kita tetap harus mengecek informasinya, melengkapi bagian yang perlu ditekankan, dan mengeditnya. Jika artikel sudah siap, bisa didistribusikan ke situs, media sosial, atau platform lainnya.

Oh ya, kalau kita sudah membuat banyak artikel dari sebuah materi acara live, kita juga bisa mengemasnya menjadi sebuah e-book. Wow, ini pasti sangat menyenangkan! Pastinya, teruslah kreatif alam membuat konten-konten kekinian. AI yang adalah alat, bisa kita gunakan dengan bijaksana untuk menghasilkan konten-konten yang berkualitas dan alkitabiah. Dari training ini, kami mendapat tugas untuk membuat artikel lho .. hehe. Kiranya Sahabat SABDA juga ikutan terdorong ya untuk membuat artikel dengan menggunakan AI ya! Selamat berkarya bagi Tuhan.

Santi

Tentang Santi

Santi Lestari telah menulis 53 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.