Blog SABDA
16Apr/240

Memanfaatkan AI untuk Pelayanan Media Kristen

Hai Sahabat SABDA! Jumpa lagi dalam blog saya. Belakangan ini, SABDA sering mengadakan acara yang membahas tentang AI. Sudah menyimak acara-acaranya belum? Kalau belum, silakan lihat arsipnya di situs AI SABDA ya. Nah, pada 18 Maret, SABDA kembali mengadakan seminar seri #AITalks AI-4-GOD! AI dan Media Kristen. Acara ini mengajak para pengguna tools AI berbasis media, baik audio, video, maupun grafis, untuk membagikan tip dan trik yang bisa menolong kita di pelayanan masing-masing.

Diawali dengan sharing dari rekan-rekan yang bergabung dalam WAG AI-4-GOD! tentang hasil generate AI berbasis media. Keren-keren loh hasilnya! Mereka menggunakan berbagai tools AI yang tersedia untuk menghasilkan gambar karakter tokoh Alkitab, menginterpretasikan ayat Alkitab, dan sebagainya.

Selanjutnya, ada sharing dari rekan-rekan saya di SABDA, yang dimulai dengan sharing tentang Katalog Paskah. Katalog Paskah ini berisi bahan-bahan multimedia tentang Paskah. Menariknya, proses pembuatannya dilakukan dengan menggunakan AI, baik video, audio, grafis, termasuk derivatif lainnya. Oh ya, setelah Rode sharing di AITalks, siang harinya ia juga sharing Katalog Paskah dalam acara IG Live Kenal Produk YLSA. Yuk simak arsipnya di Instagram @sabda_ylsa ya.

Nah, kembali lagi ke acara seminar, banyak sekali pekerjaan yang dilakukan oleh tim SABDA menggunakan bantuan AI. Dengan algoritma yang canggih, AI mampu memastikan bahwa desain dan isi katalog tetap sesuai dengan identitas visual dan pesan yang ingin disampaikan. Untuk cari tahu selengkapnya, teman-teman wajib banget lihat arsip AI Talks “AI dan Media Prompting”. Soalnya, saya tidak menjelaskan kembali apa yang mereka sampaikan di blog ini. Hehe..

Tools AI yang paling umum digunakan teman-teman SABDA dan saya sendiri adalah ChatGPT, Perplexity, Canva, dan masih banyak tools AI lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Contohnya, teman-teman media menggunakan Adobe Podcast dan Dall-E 3 untuk membuat desain-desain menarik dan profesional. Semuanya digunakan untuk membantu mengembangkan skill terkait pelayanan masing-masing.

Bagaimana dengan teman-teman? Sudahkah memanfaatkan AI atau teknologi lainnya untuk pelayanan dan kemuliaan Tuhan? Jangan sampai ketinggalan menyimak kegiatan SABDA lainnya ya. Tuhan memberkati.

Sandra

Tentang Sandra

Renata Sandra telah menulis 25 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.