Blog SABDA
10Nov/230

Kelompok Diskusi Growing Together – “Keluarga Era Digital”

Keluarga Era Digital! Itulah tema yang kita diskusikan dalam Growing Together (GT) sepanjang Oktober (2 – 28 Oktober 2023). Mengapa? Karena berkaitan dengan rangkaian bulan keluarga dan topik ini memang penting banget bagi keluarga-keluarga Kristen pada era ini! By the way, mungkin bagi Sahabat SABDA yang belum tahu, kelompok Growing Together ini adalah sebuah kelompok belajar, berbagi, dan bertumbuh bersama untuk menikmati hidup Kristen yang bertanggung jawab. Setiap bulan, kita mendiskusikan tema yang berbeda-beda.


Saya tergabung sebagai salah satu fasilitator dan peserta dalam GT 2. Grup GT (WA) dibagi dalam 2 kelompok, dengan jumlah peserta masing-masing grup 29 orang (total 58 peserta). Menariknya, diskusi GT berlangsung selama 4 minggu dan topik diskusi setiap minggunya berbeda-beda. Apa saja sih topik-topiknya


Topik 1: Kondisi Keluarga pada Era Digital (Literasi Digital?)
Topik 2: Tsunami Digital
Topik 3: Media Sosial dalam Keluarga
Topik 4: Masa Depan Keluarga Era Digital?

Saya memfasilitasi grup diskusi pada minggu kedua Tsunami Digital (9 – 13 Oktober) bersama Bu Lily sebagai fasilitator partner saya. Wah, asyik banget karena saya merasa benar-benar memiliki keluarga digital yang sangat positive vibes.

Kalau ditanya bagaimana kesan dan pelajaran yang saya dapat ketika memfasilitasi grup ini, pastinya ada banyak sekali. Dalam diskusi, kami sepakat bahwa layaknya bencana tsunami, tsunami digital pasti akan berdampak pula bagi kehidupan kita. Setiap pertanyaan yang didiskusikan juga mengarah ke sana. Rata-rata peserta sepakat bahwa setiap orang dalam keluarga (anak, suami, istri) pasti terkena dampak dari tsunami digital ini karena memang saat ini, hampir semua orang ada di dunia digital. Meski begitu, banyak yang sepakat bahwa kita perlu hikmat Tuhan untuk dapat berselancar dalam bagian ini serta dapat “berenang” agar tidak tenggelam.

Saya pikir, hikmat seperti ini hanya bisa didapatkan kalau kita tahu bagaimana dunia kita saat ini, apa yang Allah sedang kerjakan, dan bagaimana kita dapat hidup berdampingan atau “berenang” tanpa terjerumus dalam tsunami digital ini. Takut akan Tuhan adalah dasar dari semua ini. Kalau kita takut akan Tuhan, kita akan selalu mau untuk dibentuk dalam semua aspek hidup kita dan semua itu untuk kemuliaan Tuhan. Ya, benar-benar pandangan yang bagus sekali.

Topik-topik lain, seperti media sosial, juga dibahas secara aktif pada minggu ketiga. Agak sedikit berat ketika mendiskusikan tentang bagaimana melihat masa depan keluarga era digital ini. Wah, ini perlu perenungan dan pemikiran yang ekstra ketika peserta harus mulai memikirkan semua yang telah ada, dan bagaimana tetap dapat membangun masa depan keluarga pada era digital, termasuk untuk bisa semakin intim antaranggota keluarga.

Sebenarnya, masih banyak hal yang bisa saya ceritakan dari mengikuti diskusi GT Oktober ini. Namun, akan lebih jika Sahabat SABDA juga membaca kesaksian-kesaksian dari peserta. Yuk berkunjung ke situs https://murid21.org/komunitas untuk mendapatkan sharing para peserta.

Nah, jika ada di antara Sahabat SABDA yang ingin bergabung dalam diskusi GT bulan berikutnya, silakan mengontak kami di: 0821-3313-3315 untuk info lengkapnya. Oke, sekian cerita dari saya. Sampai bertemu dalam blog berikutnya.

Mari bertumbuh bersama!! 🙂

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 36 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.