Blog SABDA
1Apr/222

GoPray: Berdoa bagi Bangsa-Bangsa, dan Indonesia!

“… Melaluimu, semua kaum di bumi akan diberkati.” (Kejadian 12:3b, AYT)

Ini adalah janji sekaligus panggilan Tuhan kepada Abraham, yang juga berlaku bagi kita saat ini. Ya, Allah memanggil kita untuk menjadi berkat bagi bangsa-bangsa melalui Amanat Agung-Nya dalam Matius 28:19-20. Dengan pelayanan misi, penjangkauan, dan pemuridan, kita dipanggil untuk menjadi berkat bagi bangsa dan suku-suku bangsa yang belum mengenal-Nya. Dalam konteks ini, doa adalah alat yang sangat efektif untuk membangkitkan pelayanan misi dalam menjangkau bangsa dan suku-suku bangsa bagi Tuhan.

Memandang pentingnya isu tersebut dan berkenaan pula dengan bulan doa dan puasa sepanjang Maret dan April, maka pada 28 Maret 2022, Yayasan Lembaga SABDA memulai rangkaian seri GoPray! dengan seminar perdana berjudul “Doa bagi Bangsa, dan Indonesia!“. Bersama Bu Evie dan Santi, ketua YLSA dan koordinator Divisi Content, kami bertiga membawakan presentasi yang bertujuan menggerakkan gereja dan orang-orang percaya untuk sehati dan sevisi ikut dalam gerakan doa bersama bagi bangsa-bangsa dan Indonesia. Gerakan ini penting, sebab doa menjadi sarana untuk menggerakkan kuasa Allah dalam pelayanan misi dan penjangkauan. Dengan doa pula, kita mengungkapkan tindakan kasih kita kepada Allah dan sesama, yaitu dengan mengusahakan terjadinya kehendak Allah di bumi untuk menjangkau mereka yang belum mengenal-Nya agar beroleh jalan kebenaran dan keselamatan sejati.

Materi presentasi terbagi atas tiga bagian, yaitu dasar, alasan, dan motivasi bagi orang percaya berdoa dan ikut dalam gerakan doa bagi bangsa dan Indonesia, sumber dan referensi doa dari SABDA, para mitra, dan pelayanan doa lainnya, serta doa syafaat bersama dengan para mitra YLSA, yaitu Jaringan Misi, SALT, NAT, SIL, dan BAHTRAKU dengan pokok-pokok doa mereka, terkait dengan pelayanan organisasi/lembaga mereka masing-masing. Untuk mengetahui acara ini secara lengkap, silakan saksikan videonya melalui YouTube Alkitab SABDA (https://youtu.be/45jELOtf49I).

Buat saya pribadi, banyak sekali pelajaran yang diperoleh melalui presentasi dan seminar ini. Masih ada suku bangsa dan pribadi-pribadi yang belum tersentuh Injil dan mendapat jalan kepada kebenaran sejati. Melalui gerakan doa bersama, kita menggerakkan kuasa Allah bekerja dan menjangkau bangsa dan suku-suku bangsa, sesuatu yang tidak dapat dilakukan dengan kuasa manusia. Doa, oleh karena itu, menjadi sarana mendasar sekaligus terkuat bagi kita untuk bermisi dan menjalani panggilan Amanat Agung. Terlebih lagi, dengan tersedianya berbagai sumber dan referensi pelayanan doa yang dapat menjadi panduan dan konteks untuk kita berdoa dan mendoakan, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berdoa. Karena itu, mari kita bersatu hati berdoa bagi bangsa-bangsa sehingga makin banyak orang beroleh jalan kepada kebenaran sejati serta memuliakan Allah, seperti yang dinyatakan Mazmur 86:9 (AYT), “Semua bangsa yang telah Engkau jadikan akan datang dan menyembah di hadapan-Mu, ya Tuhan, dan akan memuliakan nama-Mu.” Amin.

Okti

Tentang Okti

Okti Nur Risanti telah menulis 47 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. Marilah kita tanpa henti saling menguatkan dalam persekutuan doa di tengah-tengah situasi yang sulit bagi kita semua. Kiranya kuasa Allah mengubahkan kondisi bangsa ini.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.