Blog SABDA
9Apr/200

Digital Resources/Digital Ministry YLSA: Memperlengkapi Pelayanan Para Pelayan Kristus

Tim Digital Resources/Digital Ministry dari YLSA resmi terbentuk pertengahan 2019 yang lalu. Bertujuan untuk memperlengkapi jemaat Tuhan dengan bahan-bahan pelayanan digital yang alkitabiah, bermutu, dan kreatif, tim DR memiliki anggota yang paling banyak di YLSA. Saat ini, ada sekitar 11 orang, yang masing-masing menjadi penanggung jawab (PJ) dari bidang pelayanan DR YLSA. Hmm, banyak juga, ya ….. Yap! Bila dibandingkan dengan tim Pelayanan YLSA lainnya, anggota tim DR memang relatif lebih banyak. Hal ini berkaitan dengan banyaknya tugas rutin ber-deadline yang harus kami garap, baik dalam memproduksi bahan, penerbitan, maupun mengurus komunitas. Tujuan dari pelayanan Digital Resources/Ministry sendiri juga sebagai aplikasi dari Biblical Computing atau studi Alkitab di YLSA.

Nah, mari mengenal pelayanan tim DR melalui apa yang kami kerjakan.

Pertama, apa saja sih bidang pelayanan dari tim DR/DM?

Ada sekitar beberapa bidang pelayanan yang kami kerjakan, yaitu: e-BinaAnak, e-BinaSiswa, e-Doa, e-JEMMi, e-Penulis, KISAH, e-Leadership, e-Wanita, Bio-Kristi, e-Reformed, e-Konsel, pemuridan, Natal, Paskah, Apps4God, Renungan, dan bahan-bahan pokok doa. Seluruh bidang pelayanan ini menjadi jalan bagi pelayanan kami untuk memperlengkapi pelayan-pelayan Tuhan dari bidang-bidang yang telah disebutkan di atas.

Apa yang kami kerjakan?

Pertama, kami mengerjakan penerbitan publikasi, baik publikasi yang bahannya kami buat sendiri maupun publikasi yang bahannya berasal dari mitra. Dari mitra, kami menerbitkan publikasi e-Renungan Harian (Yayasan Gloria), e-Santapan Harian (Scripture Union Indonesia), dan Open Doors Indonesia (SALT). Publikasi yang kami buat sendiri, yaitu: publikasi Suara SABDA, e-Humor, IT-4-GOD, dan e-Humor, KADOS (Kalender Doa SABDA). Publikasi-publikasi tersebut kami kirimkan via milis email dan terbit secara harian, mingguan, dwimingguan, atau bulanan. Lalu, ada pula publikasi 40 Hari Doa, kami menerbitkannya menjelang dan selama bulan Ramadhan setiap tahun.

Kedua, tim DR memiliki komunitas dari masing-masing bidang pelayanan. Selain berfungsi sebagai jalur untuk membagikan bahan-bahan yang kami miliki, komunitas media sosial yang kami kelola juga menjadi sarana pembelajaran, berbagi, dan berdiskusi antar anggota komunitas. Seiring dengan perkembangan zaman, komunitas media sosial juga menjadi jalur yang strategis bagi kami untuk memperlengkapi tubuh Kristus sekaligus menghubungkan mereka yang ingin saling berbagi berkat dari bahan-bahan postingan kami.

Ketiga, setiap bidang dalam tim DR memiliki situs, yang melaluinya siapa saja dapat mengakses halaman bahan kekristenan, baik dalam rupa teks, audio, maupun grafik. Situs-situs ini terdiri bahan-bahan yang menjadi pustaka literatur Kristen yang alkitabiah dan bermutu, yang dapat diakses untuk memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia.

Keempat, last but not least, kami memproduksi bahan-bahan pelayanan dari setiap bidang pelayanan secara rutin, baik dalam bentuk teks maupun multimedia (audio, PPt, quote gambar, ilustrasi, quote promosi, IG Swipe, dan infografik). Bahan-bahan dalam format multimedia dibuat agar pelayanan kami terus relevan dengan perkembangan zaman, terutama untuk menjangkau generasi milenial yang menyukai tampilan multimedia. Dengan metode CODE (Create Once Distribute Everywhere), kami membuat bahan-bahan yang dapat didistribusikan melalui berbagai jalur, yaitu: milis publikasi, situs, media sosial, aplikasi, DVD, dan slideshare. Dengan metode yang demikian, kami pun dapat menjangkau pengguna yang lebih luas dari berbagai generasi.

Nah, itulah hal-hal yang dapat saya ceritakan tentang pelayanan Tim Digital Resources/Digital Ministry dari YLSA. Setelah tahu apa yang kami lakukan, yuk dukung pelayanan kami dalam doa. Doakan agar Tuhan senantiasa memberi hikmat sehingga kami dapat menghasilkan bahan-bahan pelayanan yang bermutu dan relevan guna memperlengkapi pelayanan gereja dan jemaat Tuhan, khususnya pada era digital ini. Kiranya nama Tuhan semakin dimuliakan!

To God be The Glory!

Okti

Tentang Okti

Okti Nur Risanti telah menulis 27 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran