Blog SABDA
16Jan/1318

Raker YLSA 2013

Oleh: Bayu dan Yulia

Saya “orang baru” di YLSA karena baru 3 Desember 2012 bergabung. Saat pertama mendengar kata “Raker”, langsung ada banyak pertanyaan di otak saya. Pandangan pertama yang melintas dalam pikiran saya adalah acara yang kaku dan penuh dengan ketegangan dan terjadi perdebatan untuk mempertahankan pendapatnya. Sebagai staf baru, saya bingung apa yang harus saya lakukan. Tetapi pada waktu mengikutinya, saya merasakan hal yang lain. Santai tapi serius dan tetap memerhatikan waktu. Setiap sesi diawali dengan pujian dan doa. Hal itulah yang membuat saya merasakan bahwa dalam raker ini YLSA selalu mengutamakan TUHAN.

Hari pertama Raker adalah Kamis, 10 Januari 2013. Pagi-pagi sekali, kami berempat (teman-teman yang tinggal di mess YLSA dan Pak Joseph) masih mengangkat meja besar-besar dan berat ke kantor Griya SABDA yang akan dipakai untuk Raker (tempat yang juga dipakai untuk acara Natal YLSA yang lalu). Kami bersyukur karena ruangan cukup besar sehingga penataan meja dan kursi tidak menjadi masalah. Ada empat meja besar yang masing-masing dipakai untuk Div. Web dan Multimedia, Div. ITS, Div. Publikasi dan Komunitas, dan Div. PESTA. Ada tambahan satu meja yang lebih kecil dipakai untuk Mbak Evie dan Ade. Ade adalah staf paling ‘gres’ di YLSA karena baru masuk pada hari kita mulai Raker.

Acara Raker dimulai sedikit setelah pkl. 08.00 karena sebelumnya kami masih harus menyiapkan 2 LCD dan memasang laptop di masing-masing meja untuk mengetik notulen Raker. Sedangkan tim konsumsi juga masih sibuk menyiapkan semua keperluan minum dan makan pagi. Sebuah pujian dan ibadah pembukaan adalah acara yang menandai dimulainya Raker, sebagai salah satu bentuk menyerahkan hati seluruh staf YLSA kepada Tuhan agar tangan-Nya-lah yang akan memimpin, sehingga apa yang disampaikan dan diputuskan selama Raker ini dapat seturut dengan hati Tuhan. Persiapan Raker sebenarnya sudah dimulai akhir 2012 yang lalu, ketika setiap divisi diminta untuk membuat laporan tahunan. Kesibukan semakin terasa awal tahun 2013 menjelang hari Raker yang akan diadakan tgl. 10 — 12 Januari 2012.

Sepanjang hari pertama Raker, kami akan mendengarkan presentasi Laporan Tahunan 2012 dari masing-masing divisi, apa saja yang telah dicapai pada 2012, apa yang masih belum terwujud/kegagalan, faktor-faktor apa yang mendukung dll.. Setelah memberikan presentasi, maka Bu Yulia akan melanjutkan memimpin dengan meminta divisi-divisi lain mengajukan pertanyaan dan komentar. Dengan demikian, setiap divisi bisa ikut aktif terlibat. Semua pertanyaan, jawaban, usulan dan komentar juga dicatat oleh notulis yang langsung ditampilkan di layar LCD pertama. Sedangkan LCD yang kedua dipakai untuk menampilkan presentasi-presentasi laporan divisi. Untuk menolong kami semua tetap semangat, maka disediakan juga waktu ‘break’ (snack dan teh/kopi) dan juga acara permainan. Ini adalah sesi yang sangat saya suka karena dapat meregangkan otot-otot setelah duduk terus seharian.

Dari catatan notulis, saya melihat hasil laporan sangat positif. Ada banyak pencapaian dan juga ada banyak usulan bagaimana melanjutkan pelayanan dengan lebih baik di tahun depan. Puncak dari usulan-usulan tersebut adalah lahirnya 2 Divisi baru di YLSA, yaitu Divisi Humas dan Divisi Training. Namun, kami masih belum jelas siapa staf yang akan memegang divisi-divisi tersebut. Kami hanya beriman bahwa Tuhan yang akan mengirim hamba-Nya. Hari pertama Raker ditutup dengan komitmen masing-masing staf untuk tetap setia melayani Tuhan di YLSA.

Raker hari kedua, dijadwalkan untuk mempresentasikan Rencana Kerja 2013. Namun sebelumnya, kami terlebih dahulu mengawali dengan membaca firman Tuhan dan berdoa untuk masing-masing divisi. Banyak hal yang disampaikan dalam presentasi Rencara Kerja 2013 — harapan/mimpi dari masing-masing divisi, tugas-tugas rutin dan nonrutin yang akan dikerjakan, lalu pembagian tugas staf di masing-masing divisi, serta kebutuhan divisi tahun depan. Pada hari kedua ini, cara penyampaian presentasi berbeda dari hari pertama. Pada hari kedua, presenter hanya maju untuk menanggapi pertanyaan dari teman-teman divisi lain karena masing-masing divisi telah memunyai “handout” presentasi, sehingga suasana menjadi hidup karena setiap peserta dapat memberikan tanggapan, pertanyaan dan usulan. Menurut pemimpin, hasil Rencana Kerja 2013 ini belum maksimal karena banyak sekali rencana yang masih kurang jelas dan belum ada jadwal pengerjaan. Karena itu, setelah Raker akan ada tindak lanjut dengan membuat jadwal kegiatan kerja YLSA 2013. Wah… kayaknya PR-nya masih banyak.

Pada menjelang berakhirnya Raker hari kedua, Bu Yulia ingin melihat seberapa serius semua staf menanggapi usulan untuk YLSA membuka Divisi Humas dan Training di tahun 2013. Karena itu, peserta dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok laki-laki dan perempuan. Masing-masing dalam waktu 30 menit diminta untuk membuat proposal Div. Training (laki-laki) dan Div. Humas (perempuan) dan dipresentasikan. Ternyata Div. Humas memang lebih siap dan Mbak Evie didaulat untuk menjadi koordinator Div. Humas dan Ade, staf YLSA yang paling baru, akan membantu menjadi sekretarisnya. Sedangkan proposal Div. Training akan digodok lagi, dan sambil jalan akan terus menantikan jawaban Tuhan untuk mengirim staf baru.

Setelah melewati 2 hari penuh yang melelahkan, maka pada hari yang ketiga, kami semua mengawalinya dengan membaca firman Tuhan dan berdoa bersama bagi setiap staf di YLSA agar Tuhan memberi kekuatan. Hari terakhir ini hanya akan berakhir hingga makan siang dan acaranya juga lebih santai karena kami akan mendapat dua buah training. Yang pertama, training “SMART” yang adalah singkatan dari “Specific, MeasureAble, Achieveble, Realistic, Timely”. Training ini untuk mempersiapkan tindak lanjut Raker yang masih harus kami kerjakan, tujuannya adalah agar setiap staf dapat menerapkan SMART dalam membuat rencana kerja maupun kehidupan pribadi. Yang kedua adalah training tentang cara bagaimana membuat “pikiran selalu aktif dan tidak ‘mandeg'”. Training dari Bu Yulia ini berupa pertanyaan-pertanyaan untuk mengetes apakah pikiran kita hidup, kritis dan aktif. Kebanyakan orang ternyata terkurung pada pola pikir yang cenderung tidak berkembang (in the box) dan tidak kreatif (out of the box). Acara Raker ditutup dengan presentasi oleh Kak Kusuma yang menampilkan contoh kutipan-kutipan ucapan terima kasih dari para mitra YLSA dan juga para pengguna produk-produk dan bahan YLSA, yang diambil dari Facebook Comment yang ternyata ada ratusan jumlahnya.

Dari 3 hari Raker YLSA, yang paling mengesankan bagi saya adalah hari ketiga, saat mendapatkan training yang membuat saya harus lebih berkembang lagi. Juga, presentasi Kak Kusuma yang membuat saya bersyukur karena banyak orang Kristen yang telah menggunakan produk dan bahan-bahan dari YLSA. Tetapi ternyata bukan hanya orang Kristen, karena mereka yang non-Kristen juga menggunakan bahan-bahan dari YLSA. Saya merasa itu semua karena anugerah, kemurahan, dan kekuatan dari Tuhan saja. Saya merasa mendapat semangat dan motivasi baru untuk pelayanan saya di YLSA. Kami menutup Raker dengan bersama-sama bersyukur akan kebaikan Tuhan dan pemeliharaan Tuhan bagi pelayanan YLSA.

Terima Kasih YLSA. GBU 🙂

Bayu

Tentang Bayu

Yohanes Bayu telah menulis 7 artikel di blog ini..

suka diam dan merenung. tapi juga seneng hal yang lucu…

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (18) Trackbacks (0)
  1. Saya mendengar nama saya disebut-sebut … hmmm .. 😀 hehe

    Sungguh bersyukur untuk pertama kalinya bergabung dengan YLSA, langsung diperhadapkan dengan Raker 2013 :D. Sekalipun istilah ‘rapat kerja’ adalah sesuatu yang menegangkan di banyak organisasi, tapi dengan mengikuti raker SABDA di hari pertama saya di YLSA seperti sebuah “paket lengkap” untuk orientasi kerja saya. Melalui Raker SABDA 2013, saya segera mengetahui gambaran pelayanan SABDA secara keseluruhan dan tentunya akan meringankan kerepotan teman-teman staf untuk mengorientasi saya (betul??:p). Sekaligus saya mengucapkan banyak terima kasih buat Mbak Evie yang selalu ‘pecah’ perhatiannya setiap kali saya banyak nanya … hehe. ^^v

    But anywayThanks God for this great opportunity to join this ministry. Semoga ke depannya bisa bekerja sama dengan teman-teman semua dan mengalami Tuhan lebih lagi melalui pelayanan kita bersama. Keep in Him. God bless us more and more. 😀

  2. Ini Raker pertama saya setelah 3 bulan bergabung di YLSA. Jujur, masih banyak bingung ketika mengikutinya, terutama ketika mendengar laporan dari divisi lain di luar Publikasi. Banyak istilah, bahasa, atau pembicaraan yang belum dapat saya pahami, terutama yang berhubungan dengan IT dkk.. 🙂 Secara keseluruhan, saya banyak belajar dari proses ini, terutama tentang dinamika Raker dan proses pelaporan tiap divisi di YLSA. Namun kesimpulan secara umum adalah saya masih harus banyak belajar!

    Anyway, Puji Tuhan, Raker telah berlangsung dengan baik dan kiranya Tuhan sendiri yang akan berjalan di depan YLSA dalam pelayanannya di sepanjang tahun 2013.

    Ad Maiorem Dei Gloriam!

  3. Sementara semua orang menikmati penutupan raker, saya harus “melarikan diri” dan memeriksa apa yang terjadi dengan server situs Alkitab SABDA, ternyata masalah listrik di tempat hosting.
    Diingatkan untuk tidak hanya bekerja mempersiapkan yg akan dilakukan, tetapi juga perlu berdoa untuk memohon perlindungan Tuhan untuk semua yg sudah dipercayakan dalam tanggung jawab kita. 🙂

  4. Tiga hari yang melelahkan dan penuh pergumulan, tetapi selalu membuat excited karena dari rapat kerja inilah, saya mendengar dan melihat perbuatan Tuhan lewat pelayanan-pelayanan YLSA. Dari raker ini, saya juga belajar tentang membuat perencanaan yang baik. Saya semakin sadar bahwa melayani Tuhan dengan segenap hati berarti melayani dengan perencanaan yang matang dan seturut dengan kehendak Tuhan. God bless YLSA!

  5. Raker SABDA 2013 ada yang beda. Apa itu? Griya SABDA…!! Yee….., segala kemuliaan dan pujian hanya bagi Tuhan. Kiranya nama Tuhan dapat diberitakan dengan lebih luas lagi melalui SABDA. Dan, Tuhan pimpin dalam setiap rencana kerja 2013 agar semua dapat dikerjakan dengan lebih maksimal. Tuhan Yesus memberkati.

  6. Saya adalah staf YLSA yang baru seumur jagung (maksudnya masa kerja saya), sehingga ini merupakan kali pertama saya mengikuti raker. Senang bisa ikut raker, acaranya seru … karena muncul jutaan ide dan pemikiran-pemikiran baru tentang pelayanan selama acara raker berlangsung.

    Yang paling berkesan adalah ketika saya ditanya tentang apa tujuan YLSA ada?

    Karena seketika itu juga, munculah pertanyaan dalam hati saya. Apa tujuan saya ada? Cmiew …

  7. Laporan dan rencana kerja yang telah dibuat oleh tiap divisi dilaporkan saat Raker SABDA ini. Banyak sekali pekerjaan dan kemajuan yang telah dicapai pada tahun 2012. Semua itu karena campur tangan Tuhan dalam setiap pekerjaan. Rencana pekerjaan tahun 2013 juga sangat banyak, tetapi kami semua percaya bahwa Tuhan yang akan selalu menuntun setiap pekerjaan ini. Tuhan memberkati.

  8. Tuhan baik!!
    Griya SABDA sudah bisa dipakai untuk raker, raker berlangsung dengan lancar, semua staf mengikuti dengan tertib (benar ‘kan?), serius tapi santai. 🙂

    Harapan saya, tahun 2013 ini YLSA semakin maju dalam pertumbuhan rohani dan pelayanan. Amin. 😀

  9. Raker kedua saya sekaligus pengingat bahwa saya sudah di YLSA sekitar 365 hari. Sepertinya, syarat utama bagi staf baru YLSA dalam mengikuti raker adalah “harus bingung” 🙂 karena ini merupakan gambaran betapa kompleksnya pekerjaan di YLSA. Tapi, puji Tuhan bahwa kami sudah bisa melewati tahun 2012 dengan baik dan melakukan evaluasi. Selain itu, ruang raker untuk tahun ini lebih keren daripada tahun kemarin 😉
    Semoga rencana kerja tahun ini bisa dilaksanakan dan menjadi berkat…
    Immanuel !!

  10. Ini raker pertama yang saya ikuti di YLSA. Walaupun saya hanya ikut hari kedua dan ketiga, saya tetap senang. Dari raker ini saya bisa lebih tahu bahwa pekerjaan YLSA tu banyak betul, di sisi lain saya juga bisa melihat penyertaan Tuhan dalam pekerjaan YLSA.

    Tahun yang baru, gedung yang baru, rencana-rencana yang baru dan tentu saja semangat baru…

  11. Raker 2013 terus terang kurang persiapan (khususnya dari pihak pimpinan). Selama Desember ada banyak kejadian yang membuat saya kurang fokus dengan persiapan raker. Tapi puji Tuhan hasilnya tidak sejelek persiapannya. Tuhan itu sungguh baik. Sepertinya Dia tidak peduli dengan gangguan-gangguan yang ada, “the show must go on…”, dalam hati seperti ada bisikan, “jangan meributkan kekurangannya, lihatlah ke depan dan lakukan yang sudah Tuhan persiapkan dengan sebaik mungkin.”

    Ya, menjadi hamba yang selalu siap melayani Tuannya, itulah moto saya tahun ini. Semoga Tuhan menolong kami semua untuk bisa menjadi hamba yang baik dan setia.

  12. Saya bersyukur Tuhan membuat segalanya indah. Dan, yang lebih lagi.. Tuhan membuat sesuatu yang baru setiap waktu.

    YLSA bukan hanya mendapat gedung baru untuk memperluas pelayanan, namun juga staf-staf baru dan rencana-rencana baru untuk dilakukan sepanjang tahun 2013.

    Bersyukur, waktu yang dikhususkan untuk “out of office” ini membuahkan hasil yang tidak sia-sia. Seluruh staf YLSA dan pemimpin YLSA, diingatkan untuk semakin bijak dalam mengambil keputusan dan selalu bertindak sesuai tuntunan Tuhan. Oleh karena itu, kami semakin cermat dalam memilah dream masing-masing divisi dan YLSA secara global.

    Selain itu, tahun ini saya beberapa kali mendengar staf menikmati suasana Raker serta makanan dan minuman yang tersaji dengan rapi. Yah… ngirit uang jajan untuk break lah ya.. hehehe

  13. Selamat YLSA untuk rakernya. Wah, Griya SABDA udah keren banget ya. Mantap!
    Raker is always important to end a step, evaluate everything, give thanks for all that God has made through us, and to begin a new year with prayer and planning.
    Keep on fire with God guys..

    Good job!!


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran