Blog SABDA
2Dec/170

Sukacita Menjadi Mentor Magang

Oleh: Santi

Ada rasa “deg-deg’an” ketika saya ditunjuk oleh Ibu Yulia untuk menjadi salah satu mentor bagi sekelompok staf magang dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga. Seumur-umur, saya belum pernah menjadi mentor staf magang, dan inilah yang membuat saya ragu — bisa tidak ya, bisa tidak ya. Boleh dibilang, kali ini saya menjalani “magang sebagai mentor” bersama Okti dan Evi yang sudah beberapa kali menjadi mentor. :)

Selama dua bulan (September – awal November), teman-teman magang yang terdiri dari Manda, Lidya, Rian, Jessica, dan Dita bersama-sama berjuang mengerjakan berbagai jenis tugas yang sudah kami sediakan bagi mereka. Saya menjadi mentor untuk Dita dan Manda, sedangkan Evi menjadi mentor untuk Rian, dan Okti menjadi mentor untuk Lidya dan Jessica. Selama menjadi mentor, saya belajar banyak hal, antara lain: mengambil keputusan, menolong staf magang ketika ada kesulitan, menyemangati/memotivasi, mendoakan, hingga belajar melihat pertumbuhan mereka dari berbagai sisi. “Menantang” dan “menyenangkan” itulah kesan saya. Saya bersyukur sekaligus bersukacita ketika melihat staf magang mau bertekun saat menemui kesulitan atau mau bertahan saat menghadapi masalah hingga akhirnya dapat menang dalam proses ini. Saya senang ketika melihat mereka mulai mendapatkan makna penting di balik kegiatan Pendalaman Alkitab, kliping, membaca, mencari bahan, mengomentari topik diskusi, dll. Saya merasakan ada sukacita ketika melihat staf magang tidak hanya mengerjakan tugas, tetapi bisa melihat makna penting dari setiap tugas yang mereka kerjakan. Ini salah satu bukti bahwa Tuhan bekerja dalam diri mereka melalui proses magang ini.

Saya pikir, YLSA sangat siap dalam menyambut magang. Terbukti dengan proses magang yang bisa dibilang rapi, baik dalam persiapan pekerjaan maupun sistem kerja dan evaluasi. Sebagai mentor, saya sangat terbantu dengan adanya persiapan ini. Good job SABDA! Oh ya, satu lagi, sikap staf magang dalam merespons setiap tugas dan informasi sangat baik dan antusias sehingga hal ini menjadi semangat juga bagi mentor untuk mendampingi mereka. Good job untuk staf magang! Akhir kata, Tuhan baik! Ia selalu memberi kesempatan kepada anak-anak-Nya untuk bertumbuh melalui banyak cara. Saya berharap dan berdoa kiranya teman-teman magang dari UKSW terus mengasihi Tuhan dan senantiasa bersukacita ketika Ia memercayakan kepada mereka segala sesuatu untuk dikerjakan bagi Kerajaan-Nya. Praise the Lord!

Santi

Tentang Santi

Santi Lestari telah menulis 27 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran