Blog SABDA
8Sep/164

UMUR SABDA SPACE 9 TAHUN 12 MENIT

Oleh: Tante Paku*

Ada beberapa cara untuk menghitung umur anjing. Bagi mereka yang menggeluti dunia peranjingan pasti memahami cara menghitungnya, tetapi bagi yang konvensional hanya bisa memperkirakan bahwa umur anjing 1 tahun sama dengan 7 tahun umur manusia. Ada lagi yang berpendapat bahwa umur anjing jauh lebih cepat daripada umur manusia saat dua tahun pertama, yaitu tahun pertama anjing sebanding dengan 15 tahun umur manusia.

Kenapa saya memulai tulisan tentang Ulang Tahun SABDA Space yang ke-9 ini dengan mengaitkan umur anjing? Karena saat acara Kopdar, yang dibuka oleh blogger SS Love, ia menyinggung soal anjing. Ia dulu pernah diberi anjing mungil oleh Tante Paku. Blogger Wallcot juga pernah mendapat anjing yang sama mungilnya. Jadi, apakah usia sebuah situs itu bisa disamakan dengan umur seekor anjing?

Tentu saja tidak! Namun, ada kesamaan dalam sisi kedewasaan hidup di media maya ini. Umur 9 tahun bagi SABDA Space tentu sudah dewasa sekali dibandingkan 1 atau 3 tahun pertama sejak di-publish sebagai media yang ingin mewadahi blogger Kristen Indonesia di dunia ini.

Terbakar

SABDA Space sudah melewati masa-masa akil balik yang penuh konflik, banyak suka duka dari para bloggernya, atau sering disebut Blossaser itu. Saat itu, SABDA Space bisa disebut sebagai website Kristen yang paling ramai di dunia, dari pagi sampai pagi lagi selalu ada usernya yang online dan berinteraksi. Saking ramainya, mereka menyebutnya sebagai Pasar Klewer. Apakah sebutan itu membawa berkah?

Pasar Klewer terbakar, sama seperti situs SABDA Space yang ikutan terbakar, adminnya pun ikut kebakaran janggutnya karena tidak punya jenggot. Para blogger senior tak ada titik temu dengan pengelola situs ini, akhirnya banyak yang tidak menulis lagi di SABDA Space atau mengambil cuti untuk waktu yang tidak bisa ditentukan. SABDA Space pelan-pelan pasti mulai sepi. Hingga akhirnya menginjak usia ke-9 ini SABDA Space sepertinya merindukan kembali saat-saat ramai, tetapi diharapkan ramai dalam kasih, bukan ramai penuh maki, bisakah harapan itu terwujud?

Saya sendiri baru pertama ini menginjak Griya SABDA, sempat kesasar tetapi sebentar, untuk menghadiri Kopdarnas (Kopi Darat Nasional) di ulang tahunnya yang ke-9 ini. Walau tidak banyak yang hadir dari para blogger seniornya, mungkin pemilihan waktu yang kurang pas karena memang bukan hari libur, jadi pesertanya banyak yang tidak bisa datang. Mungkin di lain waktu ada hari-hari yang bisa mempertemukan blogger SABDA Space yang tersebar di berbagai penjuru itu.

12 Menit

Saya baru kali ini paham apa itu presentasi ala TED (Technology, Entertainment, Design). Sebelumnya, saya diminta untuk membuat presentasi ala TED, tetapi saya masih kurang “ngeh”. Karena kesibukan pekerjaan, saya memang tidak terlalu memikirkan hal itu. Kopdarnas yang berlangsung pukul 15.30 itu dibuka blogger senior Love, ditemani yuniornya yang sering dipanggil Ariel.

Nyanyi lagu rohani dengan menggubah salah satu kalimatnya menjadi kata SABDA Space membuka acara, dan doa yang dipimpin blogger Victor melengkapinya.

Beberapa blogger pun melakukan sesi TED sesuai dengan keahliannya, mulai dari blogger Okti, Tante Paku, Aji, Purnawan Kristanto, Victor, Liza, Iik J, Sadrah, Ayu, dan Tika.

Karena cukup banyak yang didaulat untuk membagikan pengetahuannya, masing-masing hanya diberi waktu selama 12 menit. Bagi saya itu sudah cukup, mengingat banyaknya blogger yang ditampilkan dalam TED itu, walau secara pengetahuan masih banyak yang belum dikeluarkan oleh para pembicara.

Blogger SABDA Space yang terjauh datang dari Malang, tetapi pihak panitia sudah menyediakan tempat menginap bila memang ingin menginap. Dan, acara akhirnya ditutup dengan makan malam bersama, istilahnya pesta kebun secara sederhana.

Ada rencana setiap 4 bulan sekali ada temu blogger SABDA Space dengan tempat yang bisa dirundingkan nantinya, hal ini untuk lebih mempererat tali kasih persaudaraan para blogger di komunitas ini. Tentu saja, saya harapkan kopdar 4 bulanan itu tidak harus diikuti oleh blogger dari SABDA Space saja, tetapi bisa dari SABDA Space Teens atau blogger dari luar yang barangkali bisa ikut membagikan ilmunya buat kita semua. Tidak terbatas usia lho, yang muda pun harus tampil dengan pengetahuan kekiniannya itu, sebab blogger senior lebih ahli dalam kekunoannya ha ha ha ha ha ha …….

Semoga saja di ulang tahun SABDA Space yang ke-9 ini, pengurus/admin situs bisa menata kembali situsnya agar lebih mudah di akses, tidak sering down, fleksibel dalam term and conditionnya, dan bisa bijak memperhatikan masukan-masukan yang bermanfaat bagi semua penggunanya.

Salam.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 80 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (4) Trackbacks (0)
  1. Saya baru baca tulisan Tante Paku, dan saya terinspirasi dengan cara penulisannya. Saya juga setuju dengan masukan-masukan yang beliau berikan, itu sangat membantu untuk acara SABDA ke depan.

  2. Semoga SS dapat kembali ke masa Jayanya dulu :)

  3. Berharap Sabda Space bisa rame lagi, supaya banyak orang Kristen yang terberkati

  4. ntar tahun ke-10 ditutup aja deh, udah makin sepi dan garink… pas 10 tahun lah, biar genap ;-)


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran