Blog SABDA
8Aug/116

Katalog Proyek Audio Visual YLSA

Sudah genap 3 bulan saya bergabung di Yayasan Lembaga SABDA. Terus terang awalnya, saya kurang begitu tahu tentang YLSA, apalagi semua bidang pelayanannya yang cukup banyak. Namun, setelah melewati banyak orientasi dan training, maka sedikit demi sedikit saya semakin tahu dan mengenal YLSA. Ketika saya diterima sebagai staf masa percobaan, saya ditempatkan di divisi WEB dan tugas pertama saya adalah melakukan optimisasi situs dan membuat dokumentasi situs-situs YLSA. Selain tugas-tugas dari divisi WEB, saya pun diberi tugas untuk membantu divisi ITS, yaitu untuk mengedit audio SAA (Sekolah Alkitab Audio).

Sebagaimana staf baru yang lain, menjelang akhir masa percobaan saya juga diharuskan memberikan presentasi di hadapan semua staf YLSA. Meski sempat bingung menentukan topik. Biasanya, topik yang dipilih haruslah yang sesuai dengan bidang pelayanan yang ditekuni selama masa percobaan. Dari beberapa judul presentasi yang saya ajukan ke pimpinan YLSA, yang disarankan justru yang berhubungan dengan audio visual YLSA. Saya pun menyetujuinya karena selama ini saya memang cukup akrab dengan hal-hal yang berhubungan dengan audio. Itu juga yang menjadi salah satu tugas yang saya kerjakan selama masa percobaan di YLSA (SAA).

Karena masih baru, saya belum terlalu tahu proyek-proyek audio visual apa saja yang sudah dikerjakan di YLSA. Yang paling saya tahu adalah CD Alkitab Audio, tapi apa lagi yang lain? Maka langkah pertama yang saya lakukan adalah mengumpulkan informasi dan data. Dalam proses pengumpulan informasi ini, saya mewawancara beberapa staf yang pernah terlibat dalam proyek-proyek audio visual YLSA, yaitu Billy, Yochan, Khenny, Evie, Elly, Ari, Novi, Anik, Kusuma Negara, dan Ibu Yulia. Saya juga mendapat kesempatan bertemu dengan Therra, mantan staf YLSA yang pernah terlibat langsung dalam proyek Alkitab Audio, tetapi sekarang sudah tidak lagi bekerja di YLSA. Semua staf yang saya interview sangat membantu, sehingga informasi dan data-data yang saya perlukan bisa terkumpul dengan cepat. Informasi yang terkumpul akhirnya dikategorikan menjadi proyek-proyek audio yang sudah selesai sampai dengan yang belum selesai dan yang pernah direncanakan untuk dikerjakan.

Proyek-proyek Audio Visual yang sudah selesai dikerjakan.

  1. Alkitab Audio
    Alkitab audio
    adalah Alkitab yang disajikan dengan format audio (suara). Alkitab-alkitab audio ini tidak dibuat oleh YLSA, tapi YLSA mendapatkannya dari yayasan lain yang salah satu pelayanannya menyediakan Alkitab audio, misalnya Audio Scripture dan FCBH (Faith Comes By Hearing). Dengan bekerja sama dengan mereka YLSA bisa menyebarkan Alkitab-Alkitab audio secara gratis. Sampai saat ini YLSA telah memiliki Alkitab audio dalam lima belas bahasa dan masih akan terus bertambah, khususnya dalam bahasa-bahasa daerah sehingga Firman Tuhan dapat semakin tersebar dan menjangkau lebih banyak orang.
  2. Video Paskah dalam Bahasa Indonesia dan Jawa
    Proyek ini berupa pembacaan kisah Paskah dalam Bahasa Indonesia dan Jawa dengan ditambah teks Alkitab dan gambar untuk menjadi latar belakannya. Video Kisah Paskah ini berdurasi pendek dan diformat sedemikian rupa supaya bisa dipasang di YouTube sehingga bisa disebarkan dengan mudah.
  3. Presentasi Promosi Produk YLSA (1)
    Proyek ini baru dikerjakan beberapa bulan yang lalu, khususnya untuk keperluan memperkenalkan produk-produk pelayanan YLSA, berupa presentasi power point yang dilengkapi dengan narasi audio. Sejauh ini yang sudah dibuat adalah Presentasi Alkitab SABDA, Software SABDA, Alkitab Mobi, Aplikasi Facebook, CD Alkitab Audio. Akan menyusul beberapa presentasi lain, misalnya Presentasi Publikasi YLSA, Komunitas YLSA dan PESTA.
  4. Video Tutorial Alkitab SABDA
    Karena banyaknya pertanyaan seputar bagaimana menggunakan situs Alkitab SABDA, maka YLSA menyediakan video yang berisi tutorial penggunaan situs Alkitab SABDA. Diharapkan video ini dapat menolong para pengguna situs Alkitab SABDA.

Proyek-proyek Audio yang belum selesai dikerjakan (per Juli 2011).

  1. Presentasi Promosi Produk YLSA (2)
    Nantinya diharapkan setiap divisi YLSA menyediakan presentasinya masing-masing supaya produk masing-masing divisi ini dapat dikenal dan dimanfaatkan untuk kemajuan pelayanan Tuhan. Saat ini sedang dipersiapkan Presentasi Publikasi YLSA, Komunitas YLSA dan PESTA. Sudah dicoba beberapa kali, tapi masih belum sempurna sehingga masih harus diulang lagi sampai betul-betul memuaskan.
  2. Edit Film The Gospel of John
    Saat ini sayalah yang sedang mengerjakan tugas ini secara langsung, yaitu memecah film “The Gospel of John”, per perikop, supaya nantinya bisa dipergunakan untuk menjadi bahan ilustrasi ketika membaca perikop-perikop tertentu dari Injil Yohanes, baik untuk keperluan khotbah ataupun kelas-kelas pemahaman Alkitab.
  3. Karaoke Algorithm
    Proyek ini adalah untuk membuat algoritma yang dapat menentukan time marker pada rekaman audio, dalam hal ini adalah rekaman Alkitab audio, sehingga selain bisa didengar, rekaman Alkitab audio ini juga bisa dibaca transkripnya.
  4. Galery Scan Alkitab Kuno
    Peninggalan-peninggalan para pendahulu kita sangatlah berharga, karena itu sangat sayang kalau tidak dipelihara dengan baik, apalagi kalau barang tersebut adalah Alkitab kuno. Dengan kemajuan teknologi sekarang, pemeliharaan peninggalan Alkitab kuno tersebut bisa dilakukan dengan menyimpannya dalam bentuk digital. Untuk tujuan itulah YLSA saat ini memiliki kerinduan untuk mencari sumber-sumber yang telah menyimpannya dalam bentuk digital atau melakukan scan foto sendiri terhadap Alkitab-alkitab kuno Indonesia yang bisa ditemukan.
  5. Alkitab Audio Bahasa Tagalog dan Bahasa Suku Lain.
    Dengan bekerjasama dengan yayasan lain, YLSA telah mendapatkan ijin untuk memakai Alkitab Audio bahasa Tagalog dan juga beberapa bahasa suku, untuk diformat ulang sehingga bisa disebarkan secara gratis dalam bentuk CD.

Proyek-proyek Audio yang akan Dikerjakan

Tidak hanya berhenti pada proyek-proyek di atas, YLSA juga telah memunyai rencana untuk mengerjakan beberapa proyek audio visual baru, di antaranya:

  1. Video Natal dalam Berbagai Bahasa
    Membuat video pembacaan kisah Natal dalam berbagai bahasa yang disertai dengan teks Alkitab dan gambar latar belakangnya. Karena video ini berdurasi pendek, maka akan sangat cocok sekali untuk dipasang dan dishare di YouTube.
  2. Tutorial Pelatihan Software SABDA
    Melihat banyaknya pertanyaan dan permintaan untuk YLSA memberikan pelatihan penggunaan Software SABDA, maka kebutuhan untuk menyediakan video tutorial penggunaan Software SABDA sangatlah mendesak. Semoga proyek ini bisa segera dilaksanakan.
  3. Proyek 50 Hari Mendengarkan Alkitab
    Dengan bekerjasama dengan beberapa yayasan penyedia Alkitab Audio, YLSA rindu menolong masyarakat Kristen untuk semakin mencintai firman Tuhan, yaitu dengan menyediakan audio yang berisi pembacaan perikop-perikop Alkitab setiap hari, selama 50 hari.
  4. Video Alkitab dengan Bahasa Isyarat
    Proyek “Bible Everywhere” mendorong YLSA juga terbeban menyediakan video Alkitab yang dapat dipergunakan oleh kaum tuna rungu, yaitu Alkitab Berbahasa Isyarat.

Dan masih banyak lagi proyek-proyek audio visual lain yang akan menyusul yang belum bisa disebutkan di sini.

Semua informasi yang terkumpul di atas saya dokumentasikan dalam Microsoft Excel. Lalu, agar dapat dipresentasikan dengan baik, maka saya menyiapkannya dalam format wiki. Akhirnya, tibalah hari presentasi. Puji Tuhan, presentasi dapat berjalan dengan lancar (dan cepat) hehe… ^_^, walaupun masih banyak kekurangannya di sana-sini. Saya baru sadar bahwa apa yang saya presentasikan masih banyak yang terlewati setelah dihujani dengan pertanyaan-pertanyaan dari beberapa rekan staf. Pengalaman presentasi ini sangat bagus buat saya, karena membuat saya dan staf lain tahu tentang apa yang sudah dan akan dikerjakan YLSA sehubungan dengan proyek audio visual. Setelah presentasi ibu Yulia mengajak semua staf mendukung dalam doa, karena kalau Tuhan berkenan, siapa tahu YLSA akan membuka divisi baru, yaitu Divisi Audio Visual SABDA…. Mari kita ikut doakan.


Katalog Proyek Audio Visual YLSA:

Power Point Presentasi Proyek Audio Visual YLSA

Lusia

Tentang Lusia

Lusia Ratih telah menulis 8 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (6) Trackbacks (0)
  1. Wuah tambah kreatif nih pelayanannya. Sip dah!

  2. Pelayanan YLSA semakin berkembang … tak disangka tak diduga. Terima kasih Lusia sudah berbagi proyek audio visual YLSA di blog SABDA …. jadi tambah wawasan 🙂

  3. Terus maju Lusia. Karena banyak talentamu yang bisa dikembangkan.

  4. Saya sudah dengar Alkitab Audio dalam MP3 Bahasa Indonesia, apakah ada dalam Bahasa Batak?
    Mungkin saya kurang teliti melihat di publikasi ini ya?

    Terima kasih Mbak Lusi / Bu Yulia.

    Salam

    Charles N

  5. Saya salut dengan pelayanan Mbak Lusia. Saya belum pernah dengar Alkitab Audio (MP3) dalam Bahasa Batak. Jika ada, tolong info cara mendapatkannya. Terima kasih.

    Salam.

    Charles N
    Palembang


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran