Blog SABDA
31Aug/108

Upgrade Situs-Situs YLSA

upgrade_situs_situs_ylsaSeperti kembali ke rumah lama, demikian perasaan saya ketika kembali bekerja plus melayani di Yayasan Lembaga SABDA. Saya kembali ke posisi lama yaitu staf di Divisi WEB, artinya kembali berkutat dengan sejumlah besar situs YLSA yang sebagian besar dikembangkan dengan menggunakan CMS Drupal. Tapi ada sedikit perbedaan, kali ini saya kembali ke YLSA dengan bekal dan semangat yang berbeda. Setelah berkelana menjadi tenaga freelance selama setahun, saya punya lebih banyak pengalaman dan berharap bisa lebih banyak membantu, khususnya sehubungan dengan tugas utama saya yaitu melakukan upgrade situs-situs YLSA yang memakai CMS Drupal.

Tidak butuh waktu lama untuk menjalin kekompakan dalam bekerja sama dengan Theo, satu-satunya staf web yang masih tersisa di YLSA saat ini. Komunikasi dan koordinasi bisa kami lakukan dengan baik, tinggal pembagian tugas saja yang diperlukan. Karena jumlah situs-situs YLSA banyak sekali (lebih dari 40 buah), dan yang harus dibenahi lumayan banyak, maka harus ada strategi. Kami mengevaluasi lebih dahulu situs-situs mana yang cukup parah sehingga harus ada perubahan total dari segi struktur dan desain, dan situs yang hanya perlu upgrade versi Drupalnya saja dari versi 5 ke versi 6. Theo mendapat bagian upgrade versi Drupal, sedangkan saya membenahi situs-situs YLSA yang membutuhkan pembenahan struktur dan desain.

Proses upgrade ini kami mulai dengan menentukan situs-situs yang menjadi prioritas untuk dikerjakan lebih dulu. Pemilihan ini berdasarkan pada kemudahan/kerumitan struktur, dan apakah ada situs-situs yang sejenis (mirip) supaya bisa dikerjakan bersama-sama sehingga lebih efisien. Jika kita bisa cepat melihat hasil pekerjaan kita, tentu secara batin kita juga merasa lebih puas, demikian pesan singkat dari Ibu Yulia yang masih saya ingat.

Berbicara tentang kuantitas bahan, jumlah situs dan publikasi elektronik yang dimiliki YLSA sangatlah banyak. Namun dalam hal kualitas, khususnya seputar manajemen situs serta pengembangannya, menurut saya masih banyak yang bisa ditingkatkan. Selain perlu menambah jumlah staf web, fokus pengembangan juga seharusnya mulai berpindah dari kuantitas ke kualitas. Yang terjadi sekarang adalah “besar pasak daripada tiang”. Keterbatasan staf harus diimbangi dengan fokus pengembangan web yang sesuai. “Kejar kualitas”, itu yang saya coba dengungkan dalam diri saya ketika kembali ke YLSA.

Upgrade Situs e-Artikel
Situs pertama yang menjadi “kejatuhan durian” adalah situs e-Artikel. Situs ini memiliki pengategorian yang cukup sederhana dan teratur. Kekurangan yang paling terlihat adalah dalam hal tampilan isi. Jumlah artikel di situs e-Artikel banyak, tapi banyak yang “tenggelam” sehingga situs yang sebenarnya besar ini menjadi tidak terkesan besar. Dengan desain web yang baru, kategori bisa lebih ditonjolkan dan isi yang banyak bisa lebih tampak. Sedangkan desain grafisnya diganti agar lebih cerah dan terkesan luas. Silakan lihat Situs e-Artikel yang baru.
artikel-upgrade

Upgrade Situs Bio-Kristi
Situs Bio-Kristi hampir sama kondisinya dengan situs e-Artikel — isi yang banyak justru tenggelam dan terkesan seperti situs berukuran kecil. Selain itu, tampilan grafisnya tidak rapi. Kenyamanan membaca ketika berkunjung di sebuah situs adalah hal yang perlu diperhatikan supaya pengunjung bisa betah berkunjung dan ingin kembali berkunjung. Tampilan juga diganti baru supaya terlihat lebih rapi, cerah, dan nyaman untuk dilihat. Isi yang sebelumnya tenggelam, bahkan tersembunyi, kini sudah bisa muncul dengan kesan baru. Silakan mengunjungi situs Bio-Kristi yang baru.
biokristi-upgrade

Pengoptimalan dan Kecepatan Akses Situs

Selain memutakhirkan dan memperbaiki struktur dan tampilan situs-situs YLSA, ada satu hal lagi yang juga penting untuk diperhatikan yaitu masalah pengoptimalan situs. Pengoptimalan situs difokuskan pada ukuran halaman utama dan kecepatan akses situs. Jika Anda cukup terbiasa bermain dengan ekstensi-ekstensi Firefox, silakan coba instal ekstensi bernama “YSlow” dan “Google Page Speed” untuk menguji kecepatan sebuah situs. Makin tinggi nilai yang dihasilkan, situs tersebut dianggap makin bagus.

Situs yang bisa cepat diakses tentu membuat pengunjung nyaman dan tidak perlu membuang waktu untuk menunggu situs tersebut tampil. Pengoptimalan ukuran situs juga akan lebih menghemat bandwidth (lebar pita) server serta mengurangi beban server ketika banyak pengunjung yang menjelajahi situs. Satu situs yang dioptimalkan mungkin tidak terlalu terlihat dampaknya, namun jika dikalikan jumlah situs yang dimiliki YLSA, hal ini bisa cukup signifikan. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi dan tren web, semoga ke depan YLSA bisa terus mengikuti perkembangan.

Ari

Tentang Ari

Ari Saryanto telah menulis 2 artikel di blog ini..

blo.g@sabda.org

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (8) Trackbacks (0)
  1. Bagus sekali web ini, benar-benar menginspirasi kita semua.

  2. @ Ari,

    Terima kasih ya pren, udah membuat situs Bio-Kristi makin keren dan sistematis sekarang…

    Semoga semakin banyak orang yang berkunjung dan meworo-worokan keberadaannya kepada teman2 yang lain.

    Senang juga, kamu akhirnya kembali ke YLSA dan banyak membantu peningkatan situs2 YLSA…

    Sepertinya masih banyak situs yang harus diupgrade, jangan bosan dan menyerah di tengah jalan… tetep miliki “passion” untuk mengerjakannya ya…

    Yes, YOU CAN! ^_*

    @ Hermawan

    Udah maen ke Bio-Kristi dan e-Artikel belom, Sodara?
    Kalau belom, maen dunk… :)

  3. Itu di gambarnya kok ada URL situs lain ya?

  4. Iya, itu kredit untuk situsnya yang gambarnya kita ambil. Semua gambar di Blog SABDA yang ambil dari situs lain di internet kita beri atribusi supaya fair kepada situs itu. Itu memang bukan link lengkapnya karena link lengkapnya panjang, jadi hanya bisa memberi link situs utamanya.

  5. Mas Ari, selamat bergabung kembali di keluarga besar YLSA :-)

    Tetap semangat dan bersukacita dalam membenahi situs-situs YLSA. Lakukan yang terbaik untuk Tuhan :-)

  6. Selamat datang lagi Mas :-)

    Terima kasih untuk upgrade drupalnya :-)

  7. “Pergi untuk kembali” dengan kaliber kemampuan yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selamat bergabung kembali teman, Gusti Yesus memberkati.

  8. Selamat melayani di YLSA. Kamu sekarang banyak berubah Ar — semakin dewasa dan bertanggung jawab. Kemampunanmu pun banyak bertambah. Saya yakin kita semua juga bisa berubah, harapannya ke arah yang lebih baik…


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran