Blog SABDA
14Mar/115

Dari Divisi NET ke Divisi ITS

Dalam operasional pelayanannya Yayasan Lembaga SABDA dibagi dalam beberapa divisi dan masing-masing divisi diberi nama sesuai dengan bidang pelayanannya. Sejak bergabung di YLSA pada Mei 2010, saya masuk di Div. NET. Ketika pertama masuk di YLSA, sempat muncul pertanyaan di pikiran saya, “Mengapa divisi ini dinamakan NET?” Yang saya tahu, bidang teknologi informasi (IT), di organisasi/instansi lain, tidak ada yang memakai nama ini. Ada dua dugaan yang muncul di pikiran saya waktu itu — pertama, mungkin karena berkaitan dengan dunia internet; kedua, mungkin karena teknologi yang digunakan menggunakan .NET (baca dot net). Tetapi kenyataannya, teknologi yang digunakan di YLSA adalah opensource. Saya jadi bingung.

Karena penasaran, maka saya mulai bertanya kepada beberapa rekan lain yang sudah lebih senior dibanding saya. Dari mereka saya mendapat penjelasan bahwa nama NET awalnya terbentuk ketika divisi software, yang saat itu hanya terdiri dari 2 orang, mengerjakan proyek NET Bible, yaitu proyek kerja sama yang dilakukan dengan Bible.Org. Hasil kerjasama ini membuahkan sebuah situs canggih berbahasa Inggris yang sangat lengkap untuk melakukan studi Alkitab dengan acuan Alkitab yang diterbitkan oleh Bible.org yaitu, New English Translation (NET). Kerja sama ini berjalan beberapa tahun (sekarang sudah tidak), hasilnya saat itu adalah net.bible.org, yang resmi diluncurkan tahun 2008.

Pada akhir tahun 2009, proyek NET Bible ini sudah tidak dilanjutkan lagi. Pada 2010 Tuhan mengirimkan rekan-rekan baru di divisi ini dan mengerjakan banyak proyek baru, namun nama Div. NET masih terus dipakai. Tim SABDA, yang secara khusus mengerjakan OnLine Bible versi Indonesia, yaitu SABDA software dan situs Alkitab SABDA, juga disatukan dalam Div. NET. Sepanjang bekerja di YLSA, Div. NET saya lihat selalu membuka diri terhadap perkembangan teknologi terbaru, sehingga ruang lingkup pelayanannya dari hari ke hari menjadi semakin luas. Proyek-proyek yang kami kerjakan saat ini antara lain, menyiapkan program dan membuat modul SABDA software, mengembangkan dan menambah data situs Alkitab SABDA, memproses data-data Alkitab audio, membuat situs dan aplikasi Alkitab Mobi, membuat add-ons (pengaya) browser Alkitab, membuat aplikasi-aplikasi facebook, dan banyak hal lain yang berkaitan dengan teknologi informatika. Bahkan semua tugas yang berhubungan dengan server, perangkat keras komputer dan backup data juga ditangani oleh Div. NET.

Saya, ternyata juga semua anggota Div. NET yang lain, semakin bingung dengan nama divisi kami, karena nama NET semakin jauh relevansi dengan apa yang kami kerjakan sekarang. Menurut rekan-rekan yang lain, memang dari dulu sudah dipikirkan untuk ganti nama, tapi karena kesibukan maka tidak ada satu pun yang serius memikirkannya. Ketidakcocokan nama NET ini ternyata menjadi buah pembicaraan lagi pada saat Raker Tahun YLSA tanggal 21 — 22 Januari 2011 yang lalu. Kali ini kami merasa semakin terdesak untuk mengganti nama divisi kami dengan nama yang lebih tepat. Akhirnya, didapatlah nama yang kami harap dapat mewakili apa yang kami kerjakan, yaitu ITS, singkatan dari Information Technology Services.

Secara umum, ITS berkaitan dengan sistem pengelolaan teknologi informasi. Sebagaimana kita pahami, teknologi saat ini sangat mempengaruhi hidup manusia dalam membuat, mengubah, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Dalam konteks YLSA, maka informasi yang kami miliki adalah firman Tuhan. Oleh karena itu harapan kami, Div. ITS akan menggunakan teknologi yang ada untuk mengemas firman Tuhan kedalam bentuk yang lebih menarik dan lebih cocok dengan kebutuhan jaman ini. Dengan demikian firman Tuhan akan semakin tersebar dan digunakan dengan leluasa dan nama Tuhan dimuliakan — Soli Deo Gloria!

Hadi

Tentang Hadi

Hadi Pramono telah menulis 10 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (5) Trackbacks (0)
  1. Wah, Div. NET “syukuran” donk, kan ganti nama…hehe.
    Mendengar kata “NET” sudah biasa, tapi ketika mendengar kata “ITS” … wah, apaan nih? :) Semoga dengan nama yang “tidak biasa” ini, pelayanan YLSA semakin luar biasa dalam memberitakan Kabar Baik dan menjangkau jiwa untuk mengenal Tuhan.

    Tetap semangat dalam melayani, Had! Sukses ya untuk Divisi ITS :)

  2. Akhirnya… setelah bergumul selama bertahun-tahun, nama divisi NET diganti juga neh….

    Kapan makan-makannya, Had?

  3. @Setya: Ah, gak bertahun-tahun kok, Setya :) Coba cek lagi tulisan Hadi di atas :)

    @Hadi dan tim ITS: kiranya dengan nama divisi yang baru, ada semangat baru dan lebih berapi-api lagi dalam melayani Tuhan. Amin!

  4. @ Evi,

    Setahu saya, keinginan untuk mengganti nama divisi Net sudah ada sejak dulu tuh, mungkin 2,5 tahun yang lalu.

    Kalau menurut Hadi bagaimana? Maklum saya bukan anggota divisi ini sih…

  5. Kalo menurutku kurang jelas juga tepatnya berapa tahun. Tapi memang sudah ada kerinduan untuk mengubah nama ini sejak lama. Baru terwujud ketika Raker 2011 kemarin.

    Ya… bersyukur bisa melewati masa-masa pergantian nama divisi ini :)
    Harapannya, tentu bisa lebih baik lagi melakukan pekerjaan Tuhan dengan nama divisi yang relevan dengan perkembangan yang terjadi sekarang ini.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran