Blog SABDA
21Jun/114

YLSA dalam One Day Mission di YSKI Semarang

Puji Tuhan! Ini blog pertama yang saya tulis setelah beristirahat panjang dari rutinitas pelayanan di Yayasan Lembaga SABDA. Dan, sekarang saya bisa terjun lagi melayani bersama rekan-rekan di YLSA, itu merupakan anugerah dari Dia :)

Ketika masuk kembali ke kantor pada bulan Februari 2011, saya diberitahu oleh Ibu Yulia bahwa pada tanggal 29 April 2011, YLSA mendapat undangan untuk mengisi acara “One Day Mission” dalam rangka ulang tahun ke 60 Yayasan Sekolah Kristen Indonesia (YSKI), Semarang. Saat itu, kami belum begitu jelas dengan bentuk acaranya. Secara garis besar, Tim YLSA akan berangkat untuk memperkenalkan pelayanan SABDA di hadapan organisasi-organisasi lain yang juga diundang oleh pihak YSKI. Selain ibu Yulia, akan berangkat pula 2 orang rekan dari divisi ITS (Hadi dan Khenny) untuk mengurus hal-hal teknis seperti copy/install program Alkitab di flashdisk, laptop, atau HP. Karena sudah punya bahan presentasi untuk memperkenalkan pelayanan SABDA, maka kami tidak terpikir untuk membuat bahan presentasi baru.

Satu minggu sebelum hari H, panitia mengirimkan jadwal acara beserta penjelasannya. Ternyata, yang diperkirakan berbeda dengan yang kita mengerti sebelumnya. Presentasi pengenalan SABDA akan disampaikan di hadapan anak-anak SD, SMP, dan SMA, sebanyak 15 kali presentasi! Wow! Tidak terbayangkan bagaimana Ibu Yulia akan memberikan presentasi selama 15 x 15 menit nonstop! Alhasil, saya akhirnya diminta untuk ikut ke Semarang! Ibu Yulia akan bergantian dengan saya menyampaikan presentasi pengenalan pelayanan SABDA kepada 450 anak! Karena anak-anak yang menjadi target kami, maka kami pun membuat bahan presentasi baru yang lebih cocok untuk anak-anak :) Hal lain yang menggembirakan adalah kali ini YLSA juga bisa membawa prototype awal Kiosk SABDA yang sudah pernah dituliskan rencananya oleh Sdr. Andreas di blog “SABDA Telah Menjadi Berkat Bagiku”. Prototype awal ini berisi Software SABDA, Film Yesus versi Injil Lukas, Alkitab Audio Drama TB-PL dan TB-PB, dan Sekolah Alkitab Audio. Semua bahan tersebut disatukan dalam format DVD dan diberi nama “Gudang Biblika” yang akan diberikan kepada setiap sekolah di bawah naungan YSKI. Murid-murid, guru, atau siapa pun bisa memperoleh bahan-bahan tersebut karena akan ditaruh di Ruang Lab Komputer sekolah YSKI. Siang tanggal 28 April 2011, kami berempat berangkat menuju ke Semarang naik bus PATAS Solo – Semarang.

Tiba di Semarang, kami dijemput oleh Pdt. Muria Ali menuju ke penginapan Sinode Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI). Ternyata di tempat penginapan sedang berlangsung pula acara pembekalan untuk calon pendeta GKMI. Ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan! Setelah makan malam, kru YLSA pun mulai beraksi. Ibu Yulia meminta izin kepada penyelenggara untuk membagi-bagikan Software SABDA 4.0, CD Alkitab audio berbagai bahasa, dan aplikasi Alkitab di HP. Senang sekali melihat antusias para peserta yang ternyata sudah tidak asing dengan SABDA :) Ada yang sebenarnya sudah lama menginginkan Software SABDA 4.0. Tak terasa, kami melayani mereka hingga hampir jam 24.00 malam…. Puji Tuhan atas kesempatan yang telah Dia berikan ini!

Pkl 06.00 WIB, tanggal 29 April 2011, kami sudah berangkat ke lokasi acara, yaitu sekolah YSKI, karena pkl. 07.00, anak-anak SD sudah akan mulai berkumpul di kelas-kelas yang sudah disediakan. Seperti yang sudah direncanakan, setiap kelas/kelompok akan diisi kira-kira 20 sampai 30 anak, dan mereka akan mendengar presentasi selama 15 menit. Secara bergiliran mereka akan berpindah ke kelas lain untuk mendengar presentasi dari pelayanan lain. Ibu Yulia dan saya bergantian memberikan presantasi, sedangkan Khenny dan Hadi melayani anak-anak maupun guru yang ingin mendapatkan Software SABDA maupun aplikasi Alkitab dalam HP mereka. Dari cerita Khenny dan Hadi, pertama kali dalam sejarah road show SABDA, YLSA memasang aplikasi teks Alkitab untuk mobile ke lebih dari 125 HP. Wow! Nah, Khenny dan Hadi, silakan berbagi cerita tentang pengalaman kalian :) ….

Acara “One Day Mission”, dalam rangka ulang tahun YSKI ke-60 ini, menurut saya sangat menarik dan patut menjadi contoh bagi organisasi lain, karena melalui acara ini anak-anak diajarkan untuk mengenal berbagai pelayanan misi sejak dini. Badan misi yang diundang untuk berbagi visi adalah Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) — pelayanan misi di bidang teknologi informasi; STT Terpadu PESAT — pelayanan misi di masyarakat pedesaan; Yayasan Christopherus — pelayanan misi lintas budaya, multimedia (pemutaran film), dll.; Mennonite Diakonia Service (MDS) — pelayanan misi perdamaian dan penanggulangan bencana; dan Yayasan Kartidaya — pelayanan misi penerjemahan Alkitab dalam berbagai bahasa daerah. Doa dan harapan saya, di antara 450 anak-anak yang mendengar presentasi misi hari itu, suatu ketika, di antara mereka, ada yang akan dipanggil Tuhan untuk bekerja di ladang misi-Nya.

Setelah seluruh rangkaian acara One Day Mission selesai, semua tamu, staf manajerial, pengurus YSKI, serta perwakilan beberapa gereja berkumpul di aula kecil untuk saling berbagi pengalaman dan makan siang bersama.

Saya bersyukur mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam acara ini. Saya melihat kerinduan besar dari panitia agar anak-anak mengenal pelayanan misi. Mereka juga berharap agar anak dapat terlibat melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus sejak mereka masih kecil. Sebagai penerapannya maka anak-anak diperkenalkan untuk memberi persembahan melalui “Kotak Dana Misi” yang disediakan panitia di setiap ruang kelas, yang nantinya akan dikirimkan kepada organisasi-organisasi misi yang mereka kenal. Saya juga bersyukur karena ternyata pelayanan SABDA tidak hanya dapat dimanfaatkan orang dewasa saja, tapi anak-anak pun bisa! Tidak pernah terpikirkan untuk mengenalkan pelayanan SABDA dan membagikan produk-produk SABDA kepada anak-anak. Dengan melihat ekpsresi, dan mendengar pertanyaan maupun respons anak-anak itu, hati saya bersorak! Sungguh, Tuhan itu luar biasa! Apa yang tidak pernah pikirkan, itulah yang terjadi di depan mata saya hari itu. Saya berdoa, Tuhan menolong anak-anak itu untuk lebih maksimal lagi menggunakan Alkitab mobile maupun program Alkitab yang telah mereka terima untuk kemuliaan nama Tuhan. Hari itu, Tuhan sungguh memberikan berkat-berkat baru yang luar biasa kepada saya! Terima kasih Tuhan Yesus.

Evi

Tentang Evi

Davida Dana telah menulis 22 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (4) Trackbacks (0)
  1. Wow…luar biasa! nggak bisa ngebayangin presentasi sebanyak 15 kali :D Tetap semangat!! Kiranya semua yang sudah dibagikan boleh menjadi berkat dan semakin banyak anak-anak yang rindu untuk mengenal Kristus.

  2. Selamat atas kesuksesan yang telah diraih dalam pelayanan. Tuhan benar-benar bekerja untuk YLSA.

    Ikut bersyukur juga pelayanan YLSA boleh dirasakan dan dinikmati oleh anak-anak. Kiranya apa yang telah dibagikan menjadi berkat bagi masa depan anak-anak. Terus semangat dalam bekerja di ladang misi Tuhan. Tuhan memberkati.

  3. Walaupun lelah, tapi jerih payah melayani Tuhan tidak akan sia-sia. Kiranya apa yang ditabur lewat pelayanan kali ini akan dituai dengan melimpah suatu saat nanti, yaitu peran anak-anak itu dalam mengabarkan Injil.

  4. @Santi: Iya, Tuhan itu luar biasa! Dia yang kasih kekuatan dan kemampuan itu. Jika tanpa campur tangan Tuhan, pasti tidak akan dapat melakukan pelayanan ini.

    @Fitri dan Dicky: Doaku juga agar kesempatan ini membuka hati anak-anak untuk melihat bahwa mereka juga harus melakukan Amanat Agung Tuhan Yesus. Kiranya ada “Samuel-Samuel” kecil yang dipanggil Tuhan untuk bekerja bagi Dia melalui presentasi dari setiap lembaga misi yang terlibat dalam acara tersebut.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran