Blog SABDA
25Mar/116

Pelayanan Mobile YLSA: Memanfaatkan Kios HP

Awal Februari 2011, saya bersama Yochan dan Hadi melakukan tugas perjalanan ke Bandungan. Ketika melewati kota Salatiga, masih teringat dalam pikiran saya saat pertama kali mengunjungi kota ini tahun lalu, yaitu ketika kami mengadakan presentasi Software SABDA dan Alkitab SABDA untuk hamba-hamba Tuhan di Salatiga dan seputarnya [Roadshow SABDA ke Salatiga]. Kali ini, kami cuma melewati Salatiga, karena tujuan kami adalah kota Bandungan.

Kami pergi ke Bandungan dengan misi untuk mempresentasikan tentang produk-produk Mobile YLSA yang baru saja selesai kami luncurkan. Saya ditunjuk untuk menjadi presenternya, karena saat itu saya yang tahu banyak tentang produk mobile ini. Walaupun agak grogi, tapi saya cukup tenang karena ada Yochan dan Hadi yang siap membantu kalau diperlukan. Jumlah peserta yang mengikuti presentasi ini ada 30-an orang. Mereka berasal dari berbagai tempat di Indonesia dan dari berbagai profesi; sebagian besar mereka adalah laki-laki.

Saya memulai presentasi dengan menyampaikan fakta bahwa saat ini hampir semua orang memiliki minimal satu HP. Selain itu, HP juga telah berkembang tidak hanya menjadi alat untuk mengirim pesan dan berkomunikasi (voice call), tapi juga untuk menjalankan berbagai aplikasi, diantaranya untuk memutar audio/video, untuk browsing internet, untuk menyimpan data, dll. Melihat kesempatan yang sangat luas inilah, maka sejak awal 2011 YLSA mulai mengembangkan produk-produk Mobile YLSA. Lalu saya menjelaskan kepada para peserta bagaimana memanfaatkan produk-produk yang sudah disediakan YLSA ini untuk membantu pelayanan mereka. Satu kerinduan kami ketika membagikan produk-produk YLSA ini adalah agar mereka dapat diperlengkapi untuk menjadi saksi-saksi Tuhan dengan alat-alat yang bisa menolong untuk melayani dengan lebih baik.

Para peserta ini bukanlah orang-orang yang familiar dengan teknologi mobile, karena itu saya juga memberikan petunjuk-petunjuk praktis kepada mereka — misalnya, bagaimana cara menginstal aplikasi yang tersedia, bagaimana menjalankannya, bagaimana mengirimnya kepada teman lain yang membutuhkan, dan beberapa hal teknis lainnya.

Beberapa waktu sebelum berangkat ke Bandungan, kami di kantor sebenarnya juga sedang memikirkan sebuah strategi bagaimana menolong orang-orang (yang awam dengan teknologi mobile) untuk bisa mendapatkan produk-produk mobile YLSA dengan mudah dan memanfaatkannya secara maksimal. “Kios HP”!!! Itulah strategi yang digodok sepulangnya kami dari Bandungan. Mengapa “Kios HP”? Mari saya coba jelaskan lebih lanjut.

Bisnis HP kebanyakan dijalankan lewat kios-kios HP. Orang-orang yang menjalankan bisnis ini tentu memiliki cukup pengalaman, karena setiap hari mereka bergelut dengan urusan HP — dari menjual HP atau pulsa HP, memperbaiki HP yang rusak, menginstal aplikasi, dll.! Kios HP seperti ini biasanya bisa ditemui di hampir semua sudut kota, bahkan di kampung-kampung. Nah, bagaimana kalau kita bekerjasama dengan para pemilik kios-kios HP, yaitu dengan memberikan kepada mereka satu CD, yang berisi semua produk-produk mobile YLSA lengkap (dari Alkitab mobile, Alkitab audio, sampai e-buku rohani mobile…), yang bisa mereka tawarkan kepada para pengunjung kios yang sedang membeli HP atau pulsa HP, atau yang sedang meminta jasa instalasi aplikasi atau memperbaiki HP mereka yang rusak. Jika mereka adalah orang-orang Kristen, maka pasti mereka dengan senang hati mau mendapatkan Alkitab mobile atau bahan-bahan mobile lain secara gratis. Dengan demikian, kios HP ini bisa menjadi pusat penyebaran produk-produk mobile YLSA. Sederhana, bukan?

Tahap selanjutnya dari konsep kios ini adalah membuat kios-kios semacam di dalam gereja. Walaupun kios gereja ini tidak bertujuan untuk berjualan HP atau pulsa HP, keberadaan kios ini bisa menolong jemaat untuk mendapatkan produk-produk mobile yang dapat membantu penyebaran firman Tuhan dan bahan-bahan kekristenan. Bagi gereja yang menyadari bahwa alat teknologi HP ini bisa menjadi alat penting untuk jemaat dapat bertumbuh, maka kami percaya banyak gereja akan mau secara aktif mengusahakan adanya “kios” untuk jemaat bisa mendapatkan pelayanan.

Yang terakhir yang ingin saya sampaikan adalah, setiap orang percaya sebenarnya dapat menjadi “kios-kios berjalan”. Memang tidak semua orang memiliki keahlian teknis yang dibutuhkan untuk menjalankan konsep kios ini. Namun saya yakin, tidak sedikit teman-teman yang mengerti bagaimana menolong teman yang lain, setidaknya untuk berbagi aplikasi/audio/PDF Alkitab yang ada di HPnya untuk dicopy ke HP teman yang lain.

Jika Anda orangnya, mari kita bersama-sama ambil bagian untuk menyebarkan firman Tuhan sampai ke ujung bumi… sampai Tuhan Yesus datang kembali! Amin!

Billy

Tentang Billy

Billy Wagey telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (6) Trackbacks (0)
  1. Waaaahhh, sepertinya sangat menarik nih! Mau dong jadi kios berjalan 🙂
    Aku udah pernah nyoba ni.. aku bagiin ke teman-teman remaja di gereja. Mereka tertarik juga dengan Alkitab mobile yang aku tawarin. Pengen juga terlibat lebih banyak dalam hal teknis, tapi sampai sekarang belum terwujud. Lha belum punya pirantinya sih… sepeti laptop, kabel data, dan teman-teman pendukungnya.
    Nah, karena yang dipunyai baru HP, ya pakai HP dulu deh nyalesnya…. 🙂

  2. Iya, setiap orang percaya bisa menjadi “kios berjalan” 🙂 Jika ada 1 saja produk YLSA yang telah tersimpan di HP (karena keterbatasan fasilitas HP), mari kita cepat-cepat membagikannya kepada teman-teman kita 🙂

    Setelah memberikan setiap produk YLSA, bilang “Jangan lupa dibagikan ke teman-temanmu yang lain ya! Hehe … ”

    Tetap semangat dalam melayani dan bersukacitalah di dalam Tuhan!

  3. Luar biasa, konsep yang luar biasa 🙂
    Laptopku pengen tak buat kios juga, siapa tahu pas pulang nanti bisa dibagikan ke teman-teman..
    Selamat melayani dan menjadi “kios” Tuhan.

  4. Ide brilian, Bill. Bagaimana dengan HP model lawas dan monokrom. Apakah aplikasi SABDA mobile dapat diinstall juga? Kebanyakan orang kan masih memakai type HP demikian, apakah mungkin dipasang? Tuhan Memberkati Project “Kios” ini.

    Salam dari Malang

  5. Untuk HP lawas dan monokrom hampir sebagian besar tidak mendukung, karena aplikasi Alkitab ini berbasis java — beda lagi kalau HP lawas tapi support java, mungkin bisa.
    Kalau tidak support java, alternatif berikutnya adalah mencoba menggunakan aplikasi Alkitab secara online, yaitu di < http://alkitab.mobi >. Saya juga punya HP yang tidak support java, tapi beruntung bisa melakukan koneksi internet, dengan biaya cukup murah, mungkin tidak sampai 100 rupiah per halaman, sudah bisa menggunakan Alkitab bahkan juga bahan-bahan lainnya.

    Tuhan memberkati

  6. Bagi yang punya HP dan memiliki software Alkitab di HP, silahkan download di http://www.alkitab.mobi/download 😀


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran