Blog SABDA
29Mar/114

YLSA Turut Menyebarkan Alkitab Dalam Audio

Selama menjadi staf YLSA, saya dapat menangkap dengan jelas kerinduan YLSA untuk selalu menyebarkan firman Tuhan dalam berbagai bentuk/media. Pada tahun 2010, YLSA mulai menyebarkan firman Tuhan dalam bentuk CD Alkitab Audio. Istimewanya, CD Alkitab audio tersebut tidak hanya tersedia dalam bahasa Indonesia, namun juga dalam berbagai bahasa suku di Indonesia dan bahasa asing. CD Alkitab audio tersebut kami sebarkan secara gratis.

Selain di Div. PESTA, saya juga membantu Div. Administrasi. Salah satu tugas saya di divisi ini adalah untuk mengurus hal-hal yang berhubungan dengan pendistribusian CD Alkitab audio tersebut. Mulai dari menerima pesanan, pengepakan, dan pengiriman CD Audio kepada yang memesan. Pemesanan CD biasanya didapatkan melalui email, telepon, maupun permintaan langsung. Para pemesan mendapatkan informasi mengenai penyebaran CD Alkitab audio ini melalui promosi di publikasi-publikasi maupun situs-situs YLSA, roadshow/seminar yang diikuti YLSA, melalui rekan-rekan staf YLSA, dan dari kenalan/relasi yang telah mendapatkan CD Alkitab audio sebelumnya, dan sebagainya.

Pendistribusian CD Alkitab audio sudah dilakukan dalam acara-acara roadshow YLSA dan seminar di beberapa kota, seperti di Purwokerto, Salatiga, Yogyakarta, Bogor, Solo, Malang, dan Bandungan. Selain itu, CD Alkitab audio juga disebarkan ke berbagai daerah di Indonesia, di antaranya: Aceh, Bali, Bandung, Banjarmasin, Batam, Batu, Blitar, Bogor, Boyolali, Cianjur, Cimanggis, Cirebon, Depok, Garut, Jakarta, Kalimantan, Kaliurang, Karanganyar, Kudus, Lampung, Madiun, Magelang, Makasar, Malang, Manado, Mojokerto, Pacet, Pakan Baru, Palembang, Palu, Papua, Parakan, Pontianak, Purwokerto, Riau, Salatiga, Semarang, Sidoarjo, Solo, Sorong, Papua Barat, Sragen, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Surabaya, Tangerang, Tulungagung, Wasior, Yogyakarta. Bahkan tidak hanya di Indonesia, penyebaran ini pun sudah menjangkau beberapa tempat di luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Amerika, dan Australia, dll..

Saya senang bisa membantu pendistribusian CD Audio. Saya sering mendengar kesaksian dari orang-orang yang telah mendapat berkat dari CD Alkitab audio. Secara khusus, saya sangat terkesan dengan cerita Pak Indriatmo (Alumni PESTA) yang bersusah payah mengupload CD-CD Audio agar dapat didownload oleh para alumni PESTA. Saya juga sangat terharu dengan kesaksian Ibu Debora (alumni PESTA) sekeluarga yang mendengarkan CD Audio ketika dalam perjalanan di mobil dan anaknya menjadi ketagihan sehingga tidak mau turun dari mobil menunggu ceritanya selesai. Saya pun terkesan dengan Bapak Bambang yang selalu minta dikirimkan CD dalam jumlah yang banyak untuk dibagikan kepada orang-orang yang menjadi tamu di hotelnya.

Namun, ada juga hal yang membuat saya kurang puas. Saat ini masih banyak pekerjaan rumah (PR), khususnya strategi untuk mengembangkan mendistribusikan CD Audio Alkitab. Kerinduan YLSA adalah agar ada lebih banyak gereja dan pelayan-pelayan Tuhan memobilisasi jemaat untuk memiliki kerinduan menyebarkan Alkitab Audio secara swadaya. Dari hasil evaluasi pada raker YLSA 2011 hal tersebut terjadi karena kurangnya tenaga untuk memikirkan tindak lanjut strategi ini. Di hari-hari kemudian, kami berharap untuk memiliki distributor di setiap kota, supaya penyebaran Alkitab Audio ini bisa lebih merata ke semua kota di Indonesia. Masih banyak pekerjaan promosi dan pendistribusian yang perlu dimaksimalkan.

Saya berdoa dan berharap semoga semua PR tersebut dapat diselesaikan satu persatu supaya semakin banyak CD Audio yang disebarkan dan semakin banyak pula orang yang mendengarkan firman Tuhan. Segala kemuliaan bagi Tuhan.

Tentang Anik

Lani Mulati telah menulis 13 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (4) Trackbacks (0)
  1. Puji Tuhan, YLSA boleh menyebarkan firman Tuhan melalui CD Alkitab Audio dan bisa memberikan secara cuma-cuma kepada setiap orang yang membutuhkan. Saya pernah memberikan Alkitab versi Audio kepada salah satu wakil dari persekutuan di daerah Sragen, sungguh sangat bersyukur karena CD Alkitab Audio ini bisa membantu dalam pelayanan. Setiap kali memberikan CD ini, jangan lupa untuk memberikan pesan supaya orang yang kita beri juga mau menggandakan (copy CD) untuk dibagikan kepada lebih banyak orang.

  2. Terima kasih buat SABDA untuk CD audionya.
    Ketika saya kirim lewat Pos ke Magelang, sampai disana CD tersebut pecah dan tidak bisa digunakan. Tapi saya mendapat ganti dari mbak Anik. Akhirnya, saya kirim kembali, dan telah diterima dengan baik.
    Saya mengirimkan CD tersebut ke Majelis GKJ Magelang dan GKJ Plengkung, serta kepada Bp. Pdt. Tanto Kristiyono dari GKJ Margoyudan. Ternyata dari ketiganya tersebut belum pernah ada yang mengenal Alkitab dalam bentuk Audio. Mereka sangat berterima kasih atas CD Audio tersebut.

  3. Dari cerita Mas gunung ternyata masih banyak orang yang belum mengenal Alkitab dalam bentuk Audio, saya berdoa agar CD-CD yang dibagikan bisa digandakan dan semakin banyak orang diberkati melalui CD Audio Alkitab tersebut.

  4. Saya pernah mendapatkan kesempatan juga untuk memperkenalkan mengenai CD Alkitab Audio di Batu, Jawa Timur. Dari keterangan singkat yang saya berikan mengenan CD Alkitab audio, banyak sekali yang memberikan respons positif. Mereka berlomba-lomba meminta CD Audio tersebut dan membagikan kisah-kisah menarik mengenai keluarga atau kenalan mereka yang tidak bisa berbahasa Indonesia. Mereka senang, bisa memberikan Alkitab yang dapat didengar kepada orang-orang yang lebih paham dengan bahasa sukunya.

    Ada pula yang akan langsung turut membagikan CD tersebut ke daerah dalam rangka pelayanan misi mereka. Menurut mereka, orang-orang di daerah justru tidak punya Alkitab cetak. Yang mereka punya malah alat-alat audio seperti VCD player. Dan CD Alkitab Audio akan sangat membantu mereka mendengarkan Alkitab setiap hari.

    Saya pun mendorong mereka untuk turut menyebarkan CD Alkitab Audio tersebut. CD yang sudah mereka terima jangan berhenti di tangan mereka saja, namun dapat mereka bagikan lagi kepada orang lain. Sehingga, Kabar Baik itu dapat didengarkan oleh siapa saja 🙂

    Segala kemuliaan bagi Dia.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran