Blog SABDA
15Jul/240

Roadshow “AI-4-GOD!” di Surabaya

Hai, Sahabat SABDA. Senang sekali bisa menyapa Sahabat SABDA lagi melalui blog saya kali ini. Saya akan bercerita tentang bagaimana Tuhan menuntun dan menolong tim SABDA ketika melakukan roadshow/pelayanan on site di Surabaya pada 8 – 11 Juni 2024. Kami berangkat bertujuh, ada Max, Bu Yulia, Bu Evie, Aldo, Nehemia, Joseph, dan saya.

Selama 4 hari di Surabaya, kami melayani di gereja-gereja dan STT dengan tema AI-4-GOD!. Diawali pada Sabtu pagi, 8 Juni, kami melayani di STT Adhi Wacana Surabaya, lalu sorenya di Gereja GMS Surabaya di Jl. Cempaka. Saya melihat bagaimana antusiasme para peserta dalam mengikuti workshop AI ini. Bersyukur, wawasan mereka dibukakan terkait penggunaan AI bagi kemuliaan Tuhan. Keesokan harinya, kami beribadah pagi di GBI Home dan Bu Yulia juga melayani firman Tuhan di sana. Lalu, Minggu siangnya, kami melanjutkan pelayanan di GBT Imanuel. Sesi ini diikuti oleh youth dari gereja, dan mereka sangat diberkati melalui sharing dan pelatihan yang diberikan oleh tim SABDA. Minggu sorenya, kami melanjutkan pelatihan AI-4-GOD! di GKI Pregolan Bunder untuk pelajar/mahasiswa yang mendapat beasiswa dari GKI Pregolan. Wow, sebanyak 80+ youth belajar bagaimana memakai AI untuk mempelajari firman Tuhan dengan metode AI Squared. Saya sangat bersyukur karena topik yang disampaikan oleh tim SABDA dapat membuka wawasan mereka tentang AI, khususnya untuk belajar Alkitab.

Pada Senin, 10 Juni 2024, kami melanjutkan perjalanan roadshow ke STT Excelsius. Ternyata, tempatnya memang cukup jauh dari tempat kami menginap, tetapi saya sangat semangat karena ini STT (fun fact: saya juga pernah dibentuk di lingkungan STT) … hehehe. Sampai di sana, ternyata STT-nya berada di satu ruko, di lantai paling atas, dan mahasiswanya telah siap semua serta sangat antusias. Di tempat ini, kami juga memperkenalkan AI, mulai dari bagaimana AI dan Pendidikan sampai hands on bareng untuk basic prompting F.O.K.U.S., PA dengan AI, dan generate media (lagu dari Suno AI dan AI Canva). Saya mendengar testimoni mereka, bagaimana mereka mendapatkan wawasan yang baru mengenai AI ini. Seru banget! Setelah itu, kami melanjutkan roadshow ke GKI Pregolan pada malam harinya. Namun, kali ini pesertanya jemaat umum, bahkan ada juga undangan dari luar GKI. Total peserta lebih dari 130-an peserta dengan tema AI dan PI. Sesi demi sesi diikuti dan ada pelajaran-pelajaran baru juga yang didapatkan peserta, khususnya bagaimana alat bantu AI bisa menjadi salah satu alat untuk penginjilan. Sangat menarik!

Masuk hari keempat, Selasa (11 Juni), kami melanjutkan pelayanan di persekutuan BAMAG Surabaya, dengan peserta lebih dari 250-an hamba-hamba Tuhan. Masih dengan tema AI-4-GOD!, kami memberikan seminar + workshop tentang AI untuk persiapan khotbah dan multiplikasi khotbah. Saya berdoa supaya hamba-hamba Tuhan yang mengikuti acara ini mulai mengadopsi apa yang sudah dibagikan oleh tim SABDA sehingga bisa diterapkan dalam pelayanan gereja mereka masing-masing. Amin.

Saya sangat bersyukur bagaimana Tuhan bekerja dalam pelayanan SABDA selama roadshow di Surabaya. Bersyukur untuk sesi demi sesi dan tempat demi tempat yang kami datangi, serta kesempatan memberikan edukasi tentang AI-4-GOD! di gereja-gereja maupun STT.

Melalui tulisan ini, saya mengajak Sahabat SABDA untuk menggunakan AI bagi kemuliaan Tuhan. Teknologi AI bisa terus dipakai untuk menolong pelayanan yang kita kerjakan. Semua materi tentang pelatihan yang diadakan di Surabaya bisa Sahabat SABDA dapatkan di situs ai.sabda.org ya! Sampai bertemu dalam tulisan saya berikutnya. Salam AI-4-GOD!

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 42 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.