Blog SABDA
19Jun/240

Serunya IG Live “AI Blessing or Curse”

Hallo Sahabat SABDA. Belum lama ini, SABDA mendapat undangan dari @ideclare.id untuk mengisi acara diskusi bertajuk AI Blessing or Curse. Nah, acara ini berlangsung pada Rabu, 12 Juni 2024, via IG Live @ideclare.id dan @sabda_ylsa . Ada dua guest yang diundang, yaitu Pak Philip Gunawan dan SABDA, yang diwakili oleh Max dan Aldo. Acara ini dipandu oleh Pak Obed dan Pak Iwan yang berperan sebagai host.

Menurutku, acara bagus sih, soalnya ini semacam forum diskusi untuk membahas tentang AI dalam konteks pelayanan atau gereja. Diskusinya dikemas dalam konsep pro dan kontra terkait AI. Jadi, tim SABDA (yang memang sudah giat dalam AI-4-GOD!) menjadi pihak pro dalam diskusi ini, sedangkan Pak Philip sebagai pihak yang kontra. Pastinya, diskusi ini bertujuan baik untuk membuka wawasan kita semua tentang keberadaan AI yang semakin maju, dan bagaimana AI digunakan serta perannya bagi pelayanan/gereja.

Diskusinya seru! Hampir secara keseluruhan, saya sendiri sudah pernah mendengarnya, soalnya SABDA pernah beberapa kali mengadakan seminar #AITalks yang mengupas tentang AI berkaitan dengan bidang-bidang pelayanan, gereja, PA, dll.. Oh ya, dari sisi dinamika diskusi, saya merasa konsep diskusinya perlu lebih dibuat sistematis dengan alur yang baik. Saat pengenalan dan latar belakang terkait isu-isu AI sudah cukup baik sih, tetapi begitu masuk ke diskusi perlu disusun lebih baik lagi poin-poin diskusinya.

Meski begitu, saya mendapat banyak berkat lho. Dari yang disampaikan oleh tim SABDA, saya diingatkan tentang bagaimana kita sendiri menyikapi AI. Apakah kita menggunakan AI dengan baik, menguasainya, atau kita malah dikuasai AI sehingga kita hanya ikut arus saja dan tidak kritis. Oh ya, dari Pak Philip, saya juga belajar bahwa memang ada kekhawatiran karena kita tidak tahu perkembangan AI ke depan akan seperti apa, mungkin AI bisa memiliki pikirannya sendiri. Jadi, kita harus lebih berhati-hati dan bijaksana dalam memakainya. Terkait pelayanan, kita harus mementingkan relasi kita dengan Tuhan. Memakai alat boleh, tetapi relasi dengan Tuhan jangan tergantikan.

Bersyukur kedua guest bisa melakukan diskusi dengan baik sehingga peserta dibukakan wawasannya untuk melihat dengan lebih jelas tentang pro dan kontra seputar AI dalam konteks kekristenan dan pelayanan. Saya mengajak Sahabat SABDA semua untuk belajar lebih banyak lagi tentang AI terkait pelayanan/gereja di situs ai.sabda.org. Ingin menonton diskusi ini? Kunjungi arsipnya di Instagram @ideclare.id. Jangan lupa komentarnya juga ya! Salam AI-4-GOD!

Yoesmarlan

Tentang Yoesmarlan

Yoesmarlan telah menulis 5 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.