Blog SABDA
11May/230

“SABDA 5” Keren!

Ketika Sandra memberiku kesempatan untuk menulis blog tentang “SABDA 5“, saya bersemangat .. hehe, soalnya saya juga terlibat di bagian ini. Oh ya, SABDA 5 ini pernah dikupas tuntas dalam acara SABDA Unboxing! lho, yang kala itu dipandu oleh Nikos dengan narasumber Tian.

Apa sih SABDA 5 itu? Bagi Sahabat SABDA yang sudah follow Instagram @sabda_ylsa, pasti sudah tahu deh tentang SABDA 5. SABDA 5 adalah produk yang berisi informasi-informasi yang dikategorikan dalam 5 aspek dan disajikan dalam bentuk video. Nah, video SABDA 5 ini didistribusikan di media sosial dan situs-situs YLSA. Bisa dikatakan SABDA 5 ini sangat sosmed friendly.

Nah, mengapa YLSA perlu membuat SABDA 5? Sebenarnya, ide SABDA 5 ini muncul bukan secara tiba-tiba. YLSA memiliki publikasi-publikasi yang perlu terobosan baru, baik dalam distribusi maupun penyajiannya, supaya bisa lebih kekinian, relevan, dan efektif menjangkau banyak orang. Nah, karena saat ini dunia sudah digital, YLSA melihat pentingnya strategi baru, yaitu “video first”, dalam menyampaikan informasi-informasi pelayanan. Akhirnya, SABDA 5 menjadi solusinya. Produk ini perdana muncul pada akhir September 2022, dan hingga kini telah tersedia lebih dari 200 video. Puji Tuhan!

SABDA 5 memiliki slogan “5 info dalam 5 menit”. Kok 5 info? Ya, SABDA 5 mencakup 5 info atau 5 aspek penting, yaitu: Bible Info, Ministry Info, Learning Info, Partners Info, dan Technology Info. Bible Info berfokus pada informasi tentang Alkitab; Ministry Info berisi informasi seputar pelayanan; Learning Info tentang bahan-bahan pembelajaran; Partners Info berisi informasi tentang mitra SABDA; dan Technology Info menyangkut perkembangan terbaru teknologi  — bagian Technology ini sejalan dengan visi SABDA, yaitu IT4God.

Saya bersyukur bisa terlibat dalam proses pembuatan SABDA 5 bersama teman-teman. Ribet nggak sih membuatnya? Menurut saya, setiap tahapan pasti ada tantangannya masing-masing. Diawali dengan tahap membuat script, yang tidak boleh lebih dari 1000 karakter supaya ketika direkam bisa kurang dari 1 menit. Dilanjutkan dengan rekaman, proses edit video, proses cek, sampai akhirnya SABDA 5 bisa di-upload di YouTube dan disebarluaskan di berbagai jalur distribusi. Oh ya, setiap tahapan selalu ada cek/QC dari teman-teman. Pastinya, supaya produk yang kita kerjakan/siapkan adalah sesuatu yang baik dan membawa berkat.

Ketika menyimak SABDA Unboxing! “SABDA 5”, saya mendapat banyak berkat juga. SABDA 5 dapat menyampaikan informasi dengan lebih modern dan sistematis dalam bentuk visual (video first) untuk memperlengkapi orang percaya dalam melayani, baik di gereja maupun lembaga kristen. Selain itu, perkembangan-perkembangan dari kelima aspek tersebut juga bisa memperlengkapi orang percaya, gereja, dan pelayanan. SABDA 5 kerenlah pokoknya!  Yuk ikuti terus terbitan video SABDA 5 di Instagram @sabda_ylsa atau situs-situs YLSA, seperti sabda.org dan sabda.info. Tuhan Yesus memberkati.

Santi

Tentang Santi

Santi Lestari telah menulis 53 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.