Blog SABDA
8Apr/220

Proyek Dubbing SABDA: Belajar Sambil Melayani

Shalom Sahabat SABDA. Perkenalkan saya Nehemia, salah satu staf di divisi SABDA MEDIA dan saat ini merupakan staf termuda di YLSA. Saya akan berbagi pengalaman saya terlibat dalam salah satu proyek di SABDA yang merupakan kerja sama dengan Kingstone Comic Amerika. Nama proyeknya Dubbing/proses sulih suara animasi Komik Kingstone dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Proyek ini sudah cukup lama dikerjakan divisi SABDA MEDIA. Saya sudah terlibat dalam proyek ini sejak tahun 2020 hingga sekarang.

Animasi komik ini terdiri dari 2 kategori, yaitu Animated Bible/Animasi tentang Alkitab dan Motion Comic/Pertanyaan-pertanyaan tentang Alkitab. Dalam pengerjaannya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama, kita harus menyiapkan teks dan mencari pengisi suara (dubber) yang cocok dengan karakter. Jika sudah terpilih, dubber harus menonton video untuk mendapatkan contoh sesuai karakter masing-masing. Kedua, tahap rekaman. Dubber yang sudah melihat contoh dan latihan, akan rekaman sesuai tokoh yang diberikan kepadanya. Ketiga, memproses audio dengan membersihkan hasil rekaman dan memberi efek yang sesuai/mirip dengan suara asli. Ketika audio dirasa sudah ready, selanjutnya memasuki proses video mix, ini adalah tahap menggabungkan audio dengan visualnya (video). Yah, inilah gambaran singkat proses pengerjaan proyek ini.

Bagi saya, tahapan yang lumayan susah adalah mencari pengisi suara yang mirip atau menyerupai suara asli (baik intonasi, kecepatan membaca, gaya baca, dan lain-lain). Dalam mengerjakan bagian ini, saya kadang merasa bosan karena prosesnya panjang dan pengerjaannya cukup lama cukup dan menguras tenaga. Namun, ada juga kepuasan yang saya dapat ketika berhasil menyelesaikan beberapa video. Biasanya, saya menjadi bersemangat kembali ketika sudah berhasil menyelesaikan video.

Saya bersyukur bisa terlibat dalam proyek ini. Ada banyak pelajaran/keterampilan baru yang saya dapatkan selama mengerjakan proyek ini. Nah, pada kesempatan ini, saya mohon dukungan doa dari Sahabat SABDA agar proses pengerjaaan proyek ini cepat selesai. Tentunya, supaya hasilnya dapat segera digunakan masyarakat untuk belajar firman Tuhan. Sekian tulisan saya kali ini. Terima kasih. Tuhan memberkati. Immanuel!!!

Nehemia Feldin

Tentang Nehemia Feldin

Nehemia Feldin telah menulis 1 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

Copyright © 2009-2022 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). All Rights Reserved.
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Kontak | Partisipasi | Donasi