Blog SABDA
4Apr/190

Pelayanan Roadshow Komik di PPA “Air Hidup” Solo

Saya bersyukur kepada Tuhan Yesus karena Dia memberikan kesempatan kepada saya untuk melayani-Nya, sekaligus mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan melalui roadshow Tim SABDA komik. Pelayanan roadshow kali ini juga istimewa karena saya bisa melayani di PPA “Air hidup”, yang bertempat di gereja yang digembalakan oleh orang tua saya.

Beberapa minggu sebelumnya, kami mempersiapkan pelayanan ini dengan banyak pertemuan. Dalam pertemuan tersebut, kami tidak hanya merencanakan jalannya kegiatan roadshow, tetapi juga bahan yang akan kami sampaikan. Roadshow ini bertujuan untuk mengajak peserta melakukan PA dengan seri Komik “Kisah Kasih Abadi”. Oleh karena itu, sebelum melakukan PA komik di PPA Air Hidup, kami sudah terlebih dahulu melakukannya dengan staf SABDA selama tiga hari. Hal ini cukup menolong kami untuk memantapkan bahan dan persiapan kegiatan roadshow.

Pada hari H, 26 Februari 2019, kami mengadakan “briefing” untuk mematangkan rencana, persiapan teknis, dan persiapan mental. Rencana sudah diatur dengan rapi dan mantap. Oh ya, saya belum menyebutkan teman-teman yang berangkat melayani bersama saya. Mereka adalah Yudo, Pram, Okti, dan Nikos. Keberangkatan kami ke lokasi tidak sama. Pram dan saya berangkat lebih awal, pukul 16.00 WIB. Setelah tiba di lokasi, kami langsung bertemu dengan koordinator PPA, Ibu Nining. Lalu, kami mengatur LCD, mengatur booth, mengatur alat perekam, mengatur volume video, dan menata kursi bersama staf PPA. Pada pukul 16.30 WIB, Nikos dan Yudo datang, mereka mulai mempersiapkan bahan presentasi promo komik dan komunitas online.

Waktu menunjukkan pukul 17.00 WIB ketika saya memimpin pujian dan doa pembuka. Setelah itu, Yudo mempresentasikan mengenai Kingstone Komik dan mengapa kita perlu membaca komik Alkitab dari Kingstone. Selama presentasi berlangsung, semua anak PPA yang hadir duduk dengan tertib dan tenang. Setelah mendengar presentasi tersebut, seluruh peserta menonton video “The Story”. Video ini adalah video yang juga diputar dalam Natal Sekolah Minggu di GKI Nusukan. Anak-anak dan para mentor yang menonton video “The Story” terkagum ketika menyaksikannya. Lalu, saya mengajak mengajak semua anak PPA untuk berdiskusi mengenai inti dari video itu dengan pertanyaan, “Apa yang dimaksud dengan karunia? Karunia apa yang diberikan Allah kepada kita?”

Kelompok pun dibentuk dengan setiap kelompok beranggotakan enam anak. Di setiap kelompok, terjadi diskusi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan. Setelah diskusi selesai, salah satu perwakilan dari setiap kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusi. Ada tiga kelompok yang dapat menjawab dengan benar dan dua kelompok yang lainnya menjawab dengan kurang tepat. Saya menjelaskan tujuan menonton video “The Story” dan jawaban dari pertanyaan. Kemudian, Nikos mempresentasikan komunitas SABDA Komik.

Roadshow kami tidak hanya sebatas itu. Pada Selasa, 5 Maret 2019, kami datang lagi ke PPA Air Hidup untuk mengajak peserta melakukan PA dari seri Komik “Kisah Kasih Abadi Kristus 12” yang berjudul “Sang Raja”. Pada saat itu, kami meminta anak-anak untuk membaca versi digital komik tersebut melalui gawai mereka masing-masing. Lalu, kami menuntun mereka untuk melakukan PA dengan panduan metode dan pertanyaan PA yang dibuat oleh Tim SABDA Komik. Melakukan PA dengan komik adalah pengalaman baru bagi seluruh peserta. Namun, hal ini memberikan dampak yang baik bagi peserta PPA untuk belajar firman Tuhan. Hal ini dapat kita dengar dengan jelas melalui kesaksian yang disampaikan oleh peserta PPA dan mentor mereka yang mengikuti PA tersebut. Salah satu mentor mengatakan bahwa saat ini semangat anak-anak untuk belajar Alkitab cukup menurun dengan menggunakan bahan renungan yang selama ini mereka pakai. Namun, ketika melakukan PA dengan komik Kisah Kasih Abadi ini, anak-anak terlihat antusias untuk belajar Alkitab karena bahan PA ada dalam gawai mereka. Mereka dapat belajar Alkitab melalui gambar-gambar komik dengan detail.

Puji Tuhan! Saya sangat terberkati dengan pelayanan ini. Dan, saya sungguh berharap agar para peserta dapat makin giat melakukan PA dengan komik-komik Alkitab yang tersedia dalam situs KOMIK.App. Tuhan Yesus memberkati.

Tentang rode

rode pardede telah menulis 1 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran