Blog SABDA
7Oct/141

Audisi Audio Alkitab Yang Terbuka (AYT)

Dalam rangka perayaan ulang tahun YLSA ke-20, seperti yang sudah tercantum di kalender YLSA, maka pada hari ini, tanggal 7 Oktober 2014, seluruh staf YLSA mengikuti kegiatan lomba “Audisi Audio AYT”. Menurut rencana, teks AYT nantinya akan disiapkan dalam format audio dengan tujuan agar firman Tuhan dapat menjangkau lebih banyak pribadi yang memiliki beragam kebutuhan dan kondisi. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pada hari ini, setiap staf akan membaca bagian dari teks AYT dan direkam sebagai proses awal pengerjaan proyek AYT format audio.

Pada kegiatan audisi audio AYT ini, semua staf YLSA yang berjumlah 26 orang, akan membaca bagian dari teks AYT Perjanjian Baru, mulai dari kitab Matius sampai kitab Wahyu, yang berjumlah 260 pasal. Karena YLSA belum memiliki studio rekaman, proses rekaman akan dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dilakukan di lingkungan kantor YLSA yang cukup tenang, dan di sela-sela tugas rutin. Jadwal rekaman dibagi dalam empat gelombang dan setiap gelombang terdiri atas enam orang secara serentak di enam tempat yang berbeda. Kami mencoba mencari tempat-tempat yang bebas dari ‘polusi suara’ supaya hasil rekaman jernih dan bagus. Mess cewek, “guest room”, “war room”, “training room”, ruang multimedia, dan garasi adalah tempat-tempat yang dinilai layak dan relatif tenang untuk melakukan proses rekaman. Selain dibutuhkan konsentrasi tingkat tinggi, setiap staf juga harus bisa membaca dalam durasi waktu yang panjang.

Karena YLSA tidak memiliki alat perekam profesional, peralatan apa yang digunakan dalam proses rekaman ini? Cukup dengan “handphone”, beberapa tablet, dan laptop kantor. Karena rata-rata staf sudah menggunakan “handphone” Android, maka proses rekaman dapat dilakukan dengan menggunakan “gadget” masing-masing dengan menggunakan teks AYT di aplikasi Alkitab Mobile yang juga sudah diinstal sebelumnya. Panduan form “Anda Punya Waktu” di situs SABDA Audio ternyata sangat berguna untuk membagi jumlah teks yang harus dibaca oleh masing-masing staf sehingga hasil potongan rekaman bisa dilakukan per pasal.

Proses rekaman audio AYT yang dilakukan oleh setiap staf rata-rata berlangsung dalam waktu 60-75 menit. Proses yang cukup membuat mulut pegal dan suara serak. Hitung-hitung, kalau nanti ada audisi pengisi suara atau “dubbing” untuk acara-acara di televisi, staf YLSA sudah cukup mumpuni dalam hal ini … :-D .

Itulah pengalaman saya mengatur kegiatan proses “Audisi Audio AYT” hari ini. Sampai tulisan ini dibuat pun, proses rekaman masih terus berlangsung. Doakan ya, semoga hasil rekamannya memuaskan. Untuk tahu bagaimana hasil akhirnya, nantikan sharing dari kami di blog selanjutnya. :-)

Okti

Tentang Okti

Okti Nur Risanti telah menulis 22 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Hasil rekaman suara saya udah dapat pujian lho, Mbak Okti. Katanya bagus dan seperti alumni guru sekolah minggu..hehe..
    Saya sendiri belajar banyak hal dengan tugas kemarin.. Belajar teknis proses rekaman, belajar konsentrasi, dan belajar kembali perikop-perikop di Kisah Para Rasul. Sekalipun tidak bisa jadi juara pun tidak apa-apa ya, yang penting melakukan apa yang harus saya lakukan. :-)


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran