Blog SABDA
18Sep/097

YLSA Merambah ke Facebook

Awalnya, saya sebenarnya hanya menggunakan FB untuk sarana refreshing dan bertemu teman-teman lama saja. Namun, setelah semakin mengenalnya, terutama melihat fasilitas-fasilitas yang disediakan, saya mulai berpikir untuk menggunakannya sebagai sarana yang lebih bermanfaat.

Saya ingat waktu itu saya diundang untuk menjadi anggota beberapa group di FB; saya mengiyakannya. Sejak itu, saya kerap menerima informasi tentang kegiatan yang dilakukan oleh group-group tersebut. Saya mulai berpikir, mengapa saya tidak membuat group sendiri. Group apa, ya? Langsung terpikir group “e-Leadership”, publikasi YLSA yang saya pimpin. Dampaknya pasti bagus karena semakin banyak orang akan mengenal dan berlangganan e-Leadership sehingga mereka bisa dibekali dengan wawasan kepemimpinan Kristen. Singkat cerita, dengan inisiatif pribadi, saya pun membuka group e-Leadership. Puji Tuhan, pimpinan ternyata tidak keberatan, bahkan meminta saya untuk menjadikan group “e-Leadership” ini sebagai “pilot project” untuk publikasi-publikasi YLSA yang lain.

Melihat kepopuleran FB yang semakin meningkat, khususnya di kalangan kaum muda, YLSA tidak bisa lagi menutup mata. Dari rapat-rapat yang dilakukan antara pimpinan, Kusuma Negara, Evie, Daniel, dan saya, akhirnya YLSA sepakat untuk mengintegrasikan FB ke dalam pelayanan YLSA. Saya senang karena ide YLSA merambah ke FB menjadi semakin panas, dan akhirnya mateng :p. Jadilah diputuskan, Kusuma Negara membuat akun FB dengan nama Yayasan Lembaga SABDA.

Bagaimana YLSA memanfaatkan FB yang sedang naik daun ini? Salah satunya adalah menjadikan FB sebagai tambahan “gateway” ke situs-situs YLSA. Dengan memasukkan potongan artikel, kutipan, dan tautan ke FB YLSA, diharapkan akan ada semakin banyak orang masuk ke situs-situs YLSA. Dengan demikian, semakin banyak orang mendapat berkat dari bahan YLSA dan mereka bisa melayani lebih baik, dan tentu saja nama Tuhan akan dimuliakan.

Bulan September-Oktober 2009, secara bertahap, Kusuma Negara dan saya akan membantu membuatkan akun FB untuk masing-masing publikasi YLSA dengan masing-masing pimred sebagai adminnya. Fasilitas yang digunakan adalah public profile karena ternyata fasilitas ini lebih mumpuni daripada fasilitas groups. Rencananya, setelah Lebaran, semua pimred akan mendapat training tentang bagaimana membangun dan memelihara FB. Pada akhir bulan Oktober, diharapkan semuanya sudah terealisasi dan berjalan dengan baik.

Ada berita kejutan, bahkan untuk para staf YLSA, karena belum pada tahu! PESTA ternyata juga tidak mau ketinggalan, hari ini saya diminta Bu Yulia untuk menolong membuatkan akun FB PESTA, dengan Ibu Naomi dan Pak Eko (alumni PESTA) sebagai adminnya. Puji Tuhan, saya hari ini melahirkan FB PESTA! Nah, begitulah kalau punya rencana yang cukup matang, kita bisa melakukan gerak cepat.

Dian

Tentang Dian

Dian Pradana telah menulis 6 artikel di blog ini..

Lahir atas anugerah Tuhan, hasil buah cinta dari dua orang yang biasa kusebut “papa” dan “mama”, meluncurlah saya ke dunia pada 5 September 1984. Tidak seperti bayi pada umumnya yang biasanya menangis setelah benar-benar keluar dari rahim ibunya, saya malah pipis, hahaha. Namaku Dian Pradana. Kalau nama baptis disematkan pula, maka jadilah namaku Paulus Dian Pradana. Anyway, panggil saja aku Dian. Banyak orang yang mengira aku adalah perempuan (tentu saja karena mereka belum bertemu dengan aku). Mereka mengira aku perempuan dengan asumsi bahwa nama Dian adalah nama khas untuk perempuan. Padahal sebenarnya tidak. Banyak juga laki-laki yang bernama Dian. Toh, dulu papaku beri aku nama ini karena artinya memang bagus — lampu minyak … atau biasa disebut sentir, tintir, teplok. Cahaya. Aku mulai kerja di YLSA sejak Oktober 2006 sebagai part-timer. Namun, sejak Januari 2008, aku mulai melayani sebagai full-timer. YLSA — tempat pertama saya menerapkan ilmu yang saya dapat semasa kuliah di STiBA Satya Wacana — banyak membantu mengembangkan diri saya.

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (7) Trackbacks (0)
  1. Puji Tuhan, saya hari ini melahirkan FB PESTA!

    Wah, ternyata tidak cuma perempuan saja yang bisa melahirkan, tapi Dian juga sudah melahirkan :)
    Selamat ya, semoga jangan cuma bisa melahirkan tapi juga merawat dengan baik sampai “anak”-nya tumbuh dewasa…

  2. Luar biasa, itu ide yang sangat baik, Warnailah FB dengan Pesan-pesan Firman yang menyegarkan hati dan pikiran saudara-saudara kita yang membacanya…….. ekspresikan pola pikir kita sebagai anak-anak Tuhan………GBU

  3. Puji Tuhan yang tidak terhingga, kerana adanya laman web SABDA ini walaupun sibuk di depan computer, tapi kita masih dapat meluangkan masa untuk TUHAN KITA YANG HIDUP, merenungkan FirmanNya, betapa MULIA DAN AGUNGNYA KARYANYA DALAM HIDUP ORANG PERCAYA. GBU

  4. Saya belum bisa berbuat atau berkomentar, yang jelas saya sangat butuh bimbingan dari semua sisi, terutama kehidupan dalam keluarga kemudian kehidupan bermasyarakat, sukses JBU

  5. Puji Tuhan…. YLSA diberi kesempatan untuk menjadi “tunggangan” Firman TUHAN supaya tidak jauh tertinggal oleh gerak cepatnya “fasilitas dunia” sekarang ini….

  6. Trus add di FB gimana ? SABDA-nya atau YLSA nya ato gimana nya ? keyword nya apa….

  7. Silakan tambahkan kami di http://fb.sabda.org

    Di kolom sebelah kanan juga terdapat kotak fans FB SABDA.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran