Blog SABDA
5Jul/121

Roadshow SABDA di Klaten dan Yogyakarta

ROADSHOW SABDA DI KLATEN
Roadshow SABDA ke Klaten dan Yogyakarta pada 19 juni 2012 berbeda dengan dengan biasanya. Biasanya dalam Roadshow SABDA, tim yang pergi adalah Div. ITS . Tapi kali ini, Div. WEB lah yang akan pergi melayani; yaitu saya, Maryadi dan Lusia. Selain itu, kami juga ditemani oleh Bu Yulia, Evie dan Raymond (staf magang dari ITB, Bandung). Tujuan roadshow kali ini adalah untuk memberikan pelatihan menggunakan software Alkitab SABDA, dan juga presentasi tentang produk-produk pelayanan YLSA kepada hamba-hamba Tuhan Garis Depan (pelayanan perintisan) Klaten. Seminggu sebelumnya, kami sudah dilatih berkali-kali agar dapat memberikan pelatihan SABDA dengan baik supaya dapat menolong setiap peserta yang mengikutinya.

Pagi-pagi tanggal 19 Juni 2012, jam 7.30 kami berangkat ke Klaten. Sesampainya di Gereja Baptis Klaten, tempat pelatihan ini diselenggarakan, kami disambut oleh Pdt. Dodi, yang menjadi tuan rumah acara pelatihan ini. Maka, mulailah kami mengerjakan tugas kami masing-masing sesuai dengan pembagian kerja yang sudah dibuat. Saya dan Maryadi menyiapkan Laptop dan projector LCD untuk pelaksanaan presentasi, serta memasang kabel-kabel ekstensi untuk peserta yang nanti mungkin akan membutuhkan koneksi listrik. Lusia dan Raymond mulai melakukan instalasi software SABDA di laptop peserta dan juga Alkitab di HP. Evie dan Bu Yulia menyambut peserta, juga melayani mereka yang ingin membeli USB SABDA Biblika. Peserta tidak datang bersamaan, ada beberapa yang datang terlambat. Total peserta yang mengikuti pelatihan adalah 25 orang.

Pada pkl. 10.00 acara dimulai dengan sambutan dari Pdt Dodi, selaku tuan rumah. Lalu waktu diberikan kepada Bu Yulia untuk memberikan pengenalan singkat Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) dan pendahuluan tentang isi software SABDA. Setelah itu, Lusia memberikan pelatihan “SABDA 3 Menit”, yang menjelaskan tentang fungsi-fungsi dasar Software SABDA. Meskipun yang membawa laptop pada saat pelatihan tersebut hanya sedikit 5 orang, antusias peserta untuk mengikuti pelatihan ini sangat besar. Mereka ingin sekali belajar menggunakan Software SABDA. Dengan duduk berkelompok (satu laptop dipakai untuk 3-4 orang), mereka mendengarkan penjelasan dan mempraktikkan apa yang diajarkan. Pelatihan berjalan dengan interaksi yang cukup baik, banyak peserta yang senang sekali bisa melihat kehebatan software SABDA. Puji Tuhan!

Setelah makan siang, Evie melanjutkan dengan presentasi Paket SABDA_Care — DVD Library SABDA Anak. Setiap peserta sangat senang mendapatkan DVD Library Anak, yang berisi bahan-bahan khusus untuk pelayanan anak. Setelah acara selesai, masih ada beberapa peserta yang tinggal untuk bertanya lebih lanjut tentang produk-produk pelayanan SABDA. Kami sangat bersyukur karena bisa melayani dengan baik pada hari itu. Bersyukur pula untuk antusiasme peserta sehingga pelatihan bisa menjadi berkat. Setelah acara selesai kami pulang dan mempersiapkan peralatan yang akan kami bawa esok hari untuk melanjutkan pelatihan ke Yogyakarta.

ROADSHOW SABDA DI YOGYAKARTA
Pukul 06.30, 20 Juni 2012, saya dan Maryadi berangkat dengan membawa peralatan yang sudah kami siapkan sebelumnya menuju ke Yogyakarta. Kami berdua naik sepeda motor dari Solo, sedangkan Lusia berangkat sendiri dengan motor dari Klaten (karena Lusia memang tinggal di Klaten). Kali ini benar-benar hanya kami bertiga (anggota Div. Web) yang memandu roadshow SABDA di Yogyakarta. Tempat pertemuan adalah di Wisma Imanuel. Puji Tuhan, kami tiba dengan selamat membawa semua barang-barang yang kami perlukan.

Setibanya di tempat pertemuan kami menunggu cukup lama, karena banyak peserta yang datang terlambat. Total, akhirnya ada sekitar 20 Hamba Tuhan yang datang siang itu. Acara dimulai pukul 10.05 WIB dengan pujian, lalu langsung diserahkan ke saya yang akan memberikan presentasi pertama, yaitu pengenalan tentang YLSA dan Software SABDA. Ini merupakan presentasi pertama saya dalam rangka roadshow SABDA. Pertama agak grogi. Puji Tuhan, tidak berlangsung lama, saya pun mengendalikan diri dan tidak grogi lagi. Meskipun jumlah peserta lebih sedikit dari pelatihan di Klaten, namun mereka sama-sama sangat antusias sekali dengan apa yang kami sampaikan. Mereka juga banyak bertanya mengenai Yayasan Lembaga SABDA. Presentasi selanjutnya adalah “SABDA 3 Menit” oleh Lusia. Meskipun peserta yang membawa laptop hanya ada 2 orang, namun mereka tetap antusias memerhatikan apa yang Lusia sampaikan, dan bahkan mencatat fungsi-fungsi yang dijelaskan. Mereka juga sangat senang sekali mendengarkan presentasi Maryadi, yang menjelaskan satu per satu isi Paket SABDA_Care dan DVD Library Anak yang kami bagikan, terutama ketika Alkitab Audio diputarkan dan juga ketika melihat animasi yang ditampilkan.

Setelah semua acara selesai, masih ada beberapa peserta yang tinggal di ruangan karena menunggu HP-nya yang sedang diinstal Alkitab. Setelah selesai kami pun bebenah dan bersiap-siap untuk pulang. Perjalanan pulang terasa lama, mungkin karena udara sangat panas dan jalannya lumayan padat. Kami bersyukur untuk perlindungan Tuhan selama dalam perjalanan. Tapi yang lebih kami syukuri adalah kesempatan untuk kami dapat melayani hamba-hamba Tuhan yang hadir dalam acara pelatihan SABDA siang ini. Wah, pengalaman pertama yang mendebarkan namun penuh dengan berkat Tuhan 🙂

Gunung

Tentang Gunung

Gunung Yudi Pamungkas telah menulis 12 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Wah, seru juga! Selain perjalanannya, juga karena ketemu banyak hamba Tuhan dengan berbagai latar belakang pelayanan berkumpul untuk bergabung dalam presentasi. Tentunya yang paling utama adalah belajar mengoperasikan software SABDA. Walau pendeta dari desa, tapi tidak boleh ketinggalan ya untuk belajar software SABDA!!!
    Yang paling berkesan: Roadshow kemarin adalah pertama kalinya saya jadi operator LCD saat presentasi, tidak bagaimana-bagaimana, cuma sedikit tegang. Ada rasa bangga bisa menjadi salah satu komponen dalam pelayanan Tuhan. 🙂

    Lanjutkan!!


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran