Blog SABDA
26Sep/101

Staf YLSA Ikut Kuliah Pdt. Joseph Tong

Perkuliahan_intensif_di PacetSaya bersama beberapa rekan YLSA lain (Novi, Santi dan Dewi) mendapatkan kepercayaan dari kantor untuk mengikuti kuliah intensif “Basic Reformed Beliefs” (tgl. 23 – 26 September), yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Theologi Injili Abdi Allah (STTIAA), di Pacet, Mojokerto. Pengampu kuliah ini adalah Pdt. Prof. Joseph Tong, Ph.D yang merupakan salah satu pendiri sekolah teologia ini.

Sebuah pengalaman yang sungguh menyenangkan ketika dipercayakan untuk mengikuti kuliah teologia dengan melakukan perjalanan cukup panjang selama 5 hari ke Pacet. Secara pribadi saya merasakan seperti kembali ke rumah sendiri karena dulu saya juga menuntut ilmu di salah satu sekolah teologia di Surabaya dan tinggal di asrama.

Ada banyak hal yang saya dapatkan setelah menyelesaikan setiap sesion yang dipaparkan oleh pembimbing perkuliahan ini. Khususnya mengenai isu-isu teologi yang sekarang sedang populer dan beberapa pertanyaan klasik mengenai iman Kristen yang diajukan oleh mahasiswa/i. Semoga pengetahuan ini dapat semakin mempertajam wawasan ranah teologi yang saya miliki dan mendapat contoh nyata untuk lebih memahaminya. Selama kuliah tidak jarang saya merasa ketinggalan dalam mencatat karena mendengar istilah-istilah yang asing di telinga saya (bahasa filsafat).

Kuliah tentang perspektif iman Reformed ini tak ubahnya seperti “Kawah candradimuka” (kawah yang keramat dan sakti dalam cerita wayang tempat penggemblengan ksatria agar menjadi ksatria yang kuat dan tangguh). Kami semua diajak untuk kembali kepada kebenaran iman Kristen yang sejati, yaitu “Back to Bible”. Selama 4 hari menuntut ilmu di Pacet memberikan banyak manfaat bagi saya, khususnya untuk semakin mampu mengampu kelas diskusi Pendidikan Elektronik Studi Teologi Kaum Awam (PESTA) yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). PESTA memiliki semangat yang sama yaitu melalui kursus-kursus teologi online GRATIS yang diberikan, diharapkan para peserta dapat memiliki kepercayaan yang semakin teguh dengan berdasar dan berpijak pada kebenaran firman Tuhan. Soli Deo Gloria!

Ryan

Tentang Ryan

Desi Ryanto telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Iya, aku juga sempat ketinggalan waktu mencatat karena ada beberapa istilah asing yang perlu mendapat perhatian khusus.

    Pengalaman belajar Teologi dan persahabatan yang menyenangkan 🙂


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.