Blog SABDA
17Apr/0911

Staf Baru di YLSA

staf_baru_di_ylsaPerkenalkan, nama saya Theo Pilus Candra, panggil saja Theo. Pada tanggal 16 Februari 2009 yang lalu, saya mulai menjadi staf baru di YLSA dan harus mengikuti masa percobaan selama 2 bulan di divisi Web. Senang, bahagia, kagum, susah, dan capek. Mungkin itu kata-kata yang dapat menggambarkan keadaan dan perasaan saya setelah masuk kerja di YLSA. Tetapi dari kata-kata tersebut, hanya kata bahagia dan kagum saja yang paling saya sukai karena di YLSA ternyata terdapat orang-orang yang belum pernah saya temui. He he he he … orangnya pintar-pintar semua :) . Tapi ini juga membuat perasaan “minder” sering muncul karena di YLSA saya yang paling belum berpengalaman dan sering membuat kesalahan sehingga pekerjaan jadi lambat. Tetapi saya tidak akan menyerah dan akan berusaha untuk menjadi seorang yang pintar seperti temen-temen di YLSA. Doakan, ya :)

Salah satu sifat buruk saya adalah cenderung apatis/cuek terhadap orang lain (bahkan terhadap pacarku sendiri). Kalau ngobrol, maunya hanya pada orang tertentu saja. Mungkin inilah yang membuat saya kurang disukai oleh teman-teman sekolah dan kuliah. Tentu saja sifat ini juga berpengaruh buruk bagi kehidupan saya. Hal ini terbukti ketika harus membuat presentasi di depan semua staf YLSA sebagai salah satu syarat untuk lulus masa percobaan sebagai staf baru.

Senin, 13 April 2009 merupakan waktu yang ditetapkan oleh kantor untuk saya melakukan presentasi. Karena sudah aturan kantor, mau tidak mau harus dilakukan. Padahal saya belum pernah berbicara di depan orang banyak. Judul presentasiku adalah “Strategi Promosi Situs”. Panas, berkeringat, grogi, mules, dan gagal adalah gambaran dari hasil presentasi saya kemarin (he he he … udah bisa ditebak, ya?). Walaupun di rumah sudah berlatih di depan cermin dan berlatih berhari-hari, tetapi hasilnya masih kurang bagus, saya tidak bisa memprensentasikan bahan yang sudah dipersiapkan dengan maksimal. Berondongan pertanyaan dan “beribu-ribu” masukan dari teman-teman yang mendengarkan presentasi saya datang bertubi-tubi. Saya hanya bisa tersenyum sembari mencatat masukan mereka, walaupun dalam hati “takut” juga …. Terus terang, saya tidak siap menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Hasilnya, saya pun harus mengulangi presentasi saya. Awalnya, saya tidak mau presentasi ulang, tapi ada satu hal penting yang saya dapatkan dari masukan Ibu Yulia dan Mbak Davida: “Kamu harus bisa maju. Semua saran maupun pertanyaan dalam presentasi tadi bukan untuk menjatuhkan kamu, tetapi untuk membuat kamu lebih baik. Kalau suatu saat kamu diperhadapkan dengan situasi yang sama kamu tidak bingung, dan kamu bisa lebih menghadapinya.” Kata-kata ini yang membuat saya “terenyuh” dan “terharu”. Dalam hati, saya mencoba merenungkannya sejenak. Kata-kata tadi ada benarnya juga. Saya tidak boleh lari dari masalah, tetapi harus menghadapinya dan suatu saat kalau saya harus berbicara di depan umum, saya tidak bingung atau grogi lagi. Saya sungguh bersyukur kepada Tuhan, “Oh …, terima kasih Tuhan Yesus atas berkat-Mu ini karena rencana-Mu sulit ditebak oleh akal dan pikiran manusia.” Nanti, pada saat presentasi ulang, saya tidak boleh gagal dan harus bisa mempresentasikannya dengan baik.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai saya dan presentasi perdana saya di YLSA. Untuk teman-teman, saya senang bisa bekerja di YLSA dan saya mohon bantuan doanya, ya. Kiranya besok saya bisa memberi presentasi dengan lebih baik dan sukses.

Theo

Tentang Theo

Theo Pilus Candra telah menulis 2 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (11) Trackbacks (0)
  1. Tenang saja Theo.. Berondongan pertanyaan itu bukan untuk menjatuhkan kok. :) Suatu saat kamu akan benar-benar merasakan manfaat dari berondongan pertanyaan itu. :) Bagiku sendiri, di YLSA ini tidak hanya tempat melayani dan bekerja saja, tetapi juga tempat untuk meningkatkan kemampuan diri! Sistem di YLSA mendukung hal itu!

  2. Maaf, Mas, baru bisa bales. Terima kasih buat masukannya? Aku akan berusaha lebih giat lagi untuk meningkatkan kemampuanku, mohon bimbingannya. GBU

  3. Welcome to the promised land, O…(panggilan kesayangan untuk Theo ^_^)

    Presentasimu tidak terlalu mengecewakan kok…santai aja. Toh kalau kamu harus mengulang itu adalah kesempatan emas yang Ibu Yulia berikan untukmu. Semakin banyak kamu presentasi akan membantumu untuk mengatasi banyak hal, khususnya sindrom “demam panggung” yang muncul prapresentasi maupun saat presentasi.

    Masih ingat kan, apa saja yang musti kamu persiapkan sebelum dan saat presentasi? Sipp!!! Kutunggu presentasimu selanjutnya. Selamat mempersiapkan diri, dan selamat menyajikan presentasi yang menawan. Good luck, bro. God bless :)

  4. iya mbak, makasih dah ingetin aku? besok-besok pasti tidak mengecewakan lagi deh. GBU ^_^

  5. Salah satu sifat buruk saya adalah cenderung apatis/cuek terhadap orang lain (bahkan terhadap pacarku sendiri). Kalau ngobrol, maunya hanya pada orang tertentu saja. Mungkin inilah yang membuat saya kurang disukai oleh teman-teman sekolah dan kuliah. Tentu saja sifat ini juga berpengaruh buruk bagi kehidupan saya. Hal ini terbukti ketika harus membuat presentasi di depan semua staf YLSA sebagai salah satu syarat untuk lulus masa percobaan sebagai staf baru.

    Hallo Anak baru!
    Bila anda tahu itu sifat buruk namun nggak menyusun rencana dan melaksanakannya untuk mengubahnya, itu naman BLaGU. Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya biasa menyebutnya BEBAL.

    Anda tahu kenapa anda grogi? Menurut saya hal itu muncul karena anda menilai para pendengar presentasi anda SAMA seperti diri anda sendiri. Maaf, yaitu, … kalimat yang di atas.

    Theo, santai saja, bila di pecat oleh YLSA, anda tinggal mencari pekerjaan baru. Selama anda tahu kelemahan diri sendiri, apa susahnya untuk memaksa diri untuk membina diri?

    Hei … Menurut suara burung, anda istimewa, lulusan dari sekolah keren dech. Jadi, kenapa ragu untuk menunjukkan kehebatan anda?

    salam
    hai hai

  6. Salam kenal mas hai hai,

    Terima kasih buat masukkannya, saya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik dan menunjukkan kehebatan saya. :-)

    GBU

  7. Hai Pilus (kayak nama kacang, hehehehe….) …
    Ternyata kamu bakat nulis juga ya? Walaupun awalnya agak males baca blog yang panjang, tapi tulisanmu enak dibaca. hehe…

    “Panas, berkeringat, grogi, mules, dan gagal adalah gambaran dari hasil presentasi saya” hehehehe…. Judul presentasinya “Strategi Promosi Situs” tapi hasil presentasinya kog gagal? hehe…

    Bener kata mas Titus n’ mbak Setya di atas, so berjuang tuk terus maju ya!! chayoo..!!

  8. Hai juga tik, :)
    Emang kamu punya masalah dengan namaku ya? :) Walaupun namaku kaya gitu, tapi aku bangga kok karena nama ini pemberian dari Orang-tuaku.

    “Panas, berkeringat, grogi, mules, dan gagal adalah gambaran dari hasil presentasi saya” hehehehe…. Judul presentasinya “Strategi Promosi Situs” tapi hasil presentasinya kog gagal? hehe…

    Namanya juga pertama kali :) tapi ingat kata pepatah kegagalan adalah awal dari keberhasilan… he2 :) tapi aku gak mau terpaku pada hasil presentasi itu aja . Masih ada tugas yang harus aku emban dan beban berat menantiku. :)

    GBU

  9. Hai thejo masih inget q gak, gak nyangka u bisa kerja disini? Ni bukane tempat orang2 yang bikin cd itu kan? Padahal q dulu sangsi ma kamu … hehe? Masih gak moto hidup kamu .. tiada hari tanpa berkelahi .. emang bener sih, q dulu kalo liat kamu itu sebenere takut, kamu serem banget ,, km klo berkelahi gak kenal umur ma gak kenal takut? hehe. Kamu juga jarang banget dapet temen to? Tapi sukur deh beberapa bulan kemarin pas q lihat kamu .. sekarang km dah banyak berubah .. kamu sudah suka tersenyum. Juga sudah banyak temen. Walopun sifat pemarahmu itu gak bisa km tutup2i… dan kamu juga sudah banyak berubah.. pokonya kamu lain deh daripada yang dulu2. Pokoke maju terus dalam Tuhan, jangan kecewain ortumu lagi.. dan jangan suka mabuk2an lagi…

    GBU
    ^_^

    • Hai juga yani, hehe… :D sekarang aku gak kaya dulu lagi kok, aku sudah melupakan masa-masa yang dulu. Kabarmu sekarang gimana? baik-baik saja kan? oh iya, kapan kita maen bareng lagi. Klo inget masa-masa dulu sih… aku ini sebenere malu, dulu aku kayak anak kecil banget ma sok jagoan gitu, tetapi Tuhan kita itu Tuhan yang sangat baik kok. Dia tidak memandang siapa dan latar belakang kita, asalkan kita mau bertobat dan setia sama Dia.. niscaya deh kita bakal diselamatkan. Thanks ya? kamu dah mau mampir disini, pokoknya kamu harus setia dalam melayani Tuhan ma titip salam ya? buat anak-anak yang lain. GBU :D

  10. Hahaha.. The_Chan…
    Oh jadinya dirimu dulu kayak gitu toh.. tapi yah seneng lah dah banyak banget perubahannya..
    Tetep belajar bareng ya, haha


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran