Blog SABDA
11May/230

SABDA Youth “AI, Akhir dari Pendidikan?”

Oleh: Pingkan

Shalom, Sahabat Blog SABDA!

Bersyukur untuk kesempatan kali ini, saya bisa menulis blog mengenai salah satu episode SABDA Youth yang bertema AI, Akhir dari Pendidikan?
Bagi Sahabat yang belum tahu, SABDA Youth adalah program ngobrol secara live yang membahas topik-topik ‘ngetren’ dalam kehidupan anak muda dilihat dari sudut pandang Alkitab.

Episode ke-11 dari SABDA Youth ini disiarkan melalui IG Live akun @sabdaresources, dan dipandu oleh Rei sebagai host dengan ditemani oleh teman-teman guest, ada Aldo, Sefly, dan Ibu Yulia. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei, SABDA Youth kali ini mengupas topik Artificial Intelligence (AI) yang saat ini sedang hangat dan mengundang pro kontra di masyarakat terutama ketika dikaitkan dengan bidang pendidikan.

AI adalah kecerdasan buatan yang didesain untuk membantu manusia menyelesaikan masalah tertentu dan sudah dikembangkan sejak 1950-an. AI tidak hanya membantu manusia untuk menyelesaikan masalah, tetapi juga menolong membuat keputusan, dan memiliki kemampuan luar biasa untuk menjelaskan suatu hal. Tanpa saya sadari, kita ternyata sudah menggunakan AI dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya: media sosial yang menggunakan algoritma (Instagram, Facebook), face detector, voice recognition, Google Assistant, dan lain sebagainya. SABDA sendiri sudah mulai memanfaatkan AI pertama kali pada awal tahun 2000-an ketika mengaplikasikan fungsi intelligent search dalam produk-produk SABDA.

Meskipun banyak pro kontra mengenai perkembangan AI ini, tetapi secara pribadi saya setuju dengan pembahasan dalam SABDA Youth bahwa kita perlu minta hikmat Tuhan dalam menggunakan AI agar kita dapat memanfaatkannya dengan baik dan tidak dikuasai atau terhanyut oleh teknologi ini. Jika dikaitkan dengan bidang pendidikan, jelas sekali bahwa AI ini membawa perubahan pada proses kegiatan belajar mengajar yang ada. Banyak muncul pertanyaan apakah mungkin guru dapat digantikan oleh AI, dan apakah para pelajar masih perlu belajar jika semua hal di dunia dapat dibuat menggunakan AI.

Setelah mengikuti SABDA Youth ini, saya menyadari bahwa sebenarnya perkembangan teknologi akan semakin menuntut kedewasaan penggunanya. Pendidikan karakter yang baik di rumah, gereja, dan komunitas juga akan mencegah kita untuk menyalahgunakan atau bahkan dikuasai teknologi ini.

Bagi Sahabat yang belum sempat menyimak SABDA Youth episode ini, silakan kunjungi arsipnya di situs SABDA Live. Nantikan juga episode-episode SABDA Youth berikutnya ya! Tuhan Yesus memberkati.

Tentang Penulis Tamu

telah menulis 184 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.