Blog SABDA
16Apr/220

Kelas Bedah Paskah Menurut Lukas dengan Metode 2 Jalur (Klasik dan Visual)

Shalom Sahabat SABDA. Kali ini, saya akan berbagi mengenai pengalaman perdana saya menjadi Admin Kelas di SABDA Ministry Learning Center (MLC) dalam seri Bedah Paskah Menurut Lukas (BPML). Apa itu BPML? Sahabat bisa melihatnya melalui YouTube di https://youtu.be/XlvxwcGA3oE. Bersyukur, ini menjadi satu pengalaman baru bagi saya dalam dunia administrasi di SABDA.

Pada awalnya, kelas BPML hanya dibuka 4 kelas. Namun, karena tingginya permintaan peserta pada acara Zoom pembukaan kelas pada 30 Maret 2022, akhirnya dibukalah 1 kelas lagi sehingga menjadi 5 kelas, dengan total 101 peserta. Masing-masing kelas memiliki moderator dan admin yang mendampingi peserta selama kelas berlangsung. Kelas BPML 1 dipegang oleh Ibu Yulia (moderator) dan There (admin), BPML 2 oleh Roma (moderator) dan saya (admin), BPML 3 oleh Bima (moderator) dan Rode (admin), BPML 4 oleh Ibu Evi (moderator) dan Kun (admin), dan BPML 5 oleh Andy (moderator) dan Mei (admin).

Hingga acara penutupan dan evaluasi kelas pada Rabu, 6 April 2022, tercatat 70 peserta yang mampu bertahan hingga akhir dan lulus. Beberapa peserta yang lainnya terkendala karena kesibukan bekerja, pelayanan, sakit, dan kegiatan lainnya. Sebetulnya, saya merasa sangat sayang, tetapi apa daya karena sudah menjadi keputusan pribadi masing-masing. Puji Tuhan, kelulusan kelas BPML sudah diumumkan pada Senin, 11 April.

Melalui kelas BPML ini, saya juga ikut membaca hasil penggalian peserta … wah, sangat luar biasa. Di kelas saya, ada peserta yang memberikan hasil penggalian yang sangat lengkap, sekaligus melengkapi penggalian peserta lainnya. Di samping itu, melalui diskusi yang terjadi dalam kelas juga sangat memberkati saya. Saya justru mendapat pengetahuan baru secara gratis tentang firman Tuhan. Ditambah lagi metode yang dipakai dalam menggali firman Tuhan dilakukan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Penggalian yang dilakukan dalam kelas BPML ini melalui 2 jalur:
1. Penggalian melalui jalur klasik/ teks
2. Penggalian melalui jalur media

Metode penggalian firman Tuhan melalui jalur media dilakukan dengan memanfaatkan video LUMO. Dalam metode ini, peserta dapat menggali melalui frasa, ayat, ataupun peristiwa yang ditemukan, lalu menghubungkannya dengan peristiwa kematian dan kebangkitan Kristus. Setelah itu, peserta membagikan perbedaan yang dapat ditemukan ketika melakukan penggalian melalui 2 jalur tersebut dan saling menanggapi hasil penggalian. Tidak lupa, peserta mengambil aplikasi dari pelajaran yang didapatkannya.

Bagi saya, belajar Alkitab melalui media dapat membantu saya mendapatkan dan mengalami makna, konteks, dan kisah Alkitab tersebut secara mendalam dan lebih menguras emosi. Contohnya pada peristiwa ketika Yesus dikhianati oleh murid-Nya hingga Ia disalibkan. Karena itu, walaupun tidak mengikuti kelas BPML kali ini, saya mengajak Sahabat SABDA untuk belajar secara pribadi supaya dapat memahami makna Paskah yang sejati. Menggali firman Tuhan tidak harus dengan 1 jalur (teks) saja, tetapi bisa dengan cara yang asyik melalui jalur media (video/audio/komik).

Oke, sekian dulu tulisan dari saya. Semoga menjadi berkat bagi Sahabat SABDA semua. Jangan lupa bersyukur dan bahagia. Tuhan Yesus memberkati.

Sandra

Tentang Sandra

Renata Sandra telah menulis 22 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.