Blog SABDA
19Jan/220

GoSABDA: Rencana2 Baca Alkitab dan Renungan2

Selamat tahun baru 2022!
Pada 12 Januari, saya dan Mas Andy bertugas untuk mempresentasikan bagian pertama dari salah satu seri seminar yang diadakan oleh SABDA. Ya, mulai awal tahun ini, Yayasan Lembaga SABDA kembali mengadakan seminar melalui ruang Zoom. Ada dua seri, yang pertama adalah Seri GoSABDA! yakni program dari Biblical Engagement dari SABDA yang berisi tentang seminar, training, bedah kitab, tutorial alat-alat studi Alkitab (tools), metode PA, serta berbagai hal yang terkait dengan aktivitas studi Alkitab. Seri seminar yang kedua adalah GoGOD! yang bertujuan mengeksplorasi 5 Aspek alkitabiah untuk kedalaman relasi dengan Allah.

Judul presentasi yang diberikan kepada saya dan Mas Andy adalah “GoSABDA: Rencana2 Baca Alkitab dan Renungan2”. Tujuan utama dari bagian pertama seri GoSABDA! ini adalah untuk mengajak peserta menggunakan rencana baca Alkitab dan renungan-renungan agar konsisten dalam membangun kehidupan rohani mereka setiap hari. Selama persiapan, kami sadar bahwa presentasi ini ada hubungannya dengan presentasi “Lapar Rohani: Cara2 Makan Alkitab” yang pernah kami share pada Agustus tahun lalu. Kalau pada seminar “Lapar Rohani” tahun lalu itu kami membahas tentang 6 bentuk “cara makan Alkitab” yang bisa dilakukan untuk memuaskan rasa lapar rohani dalam diri setiap orang percaya, kali ini kami fokus pada 2 dari 6 bentuk tersebut, yaitu “Membaca Alkitab dan Membaca Renungan”. Selain itu, rencana-rencana baca yang beraneka ragam serta renungan-renungan yang berlimpah ruah ini sejatinya adalah “pendorong” dalam aktivitas saat teduh. Dengan kata lain, saat teduh adalah konteks yang menjadi tempat mengolah spiritualitas, sementara rencana baca Alkitab dan renungan ini adalah motivasi/pendorong yang menjaga agar orang Kristen dapat konsisten menyediakan waktu untuk bersaat teduh setiap harinya.

Selama seminar, yang sejak awal dirancang berbentuk talkshow ini, kami bergantian menyampaikan materi. Memang, cukup kagok saat harus mempresentasikan materi dengan cara ini. Namun, ada hal-hal yang secara spontan muncul ke permukaan saat kami membahas beberapa hal. Seperti saat membahas bentuk klasik dari rencana baca misalnya, kami sama-sama pernah memiliki rencana baca dalam bentuk fisik/kertas ini saat masih kecil, tetapi dengan bentuk yang berbeda. Saat masih kecil, saya sering diberi kartu-kartu warna-warni yang di dalamnya ada semacam rencana baca mingguan atau sesuai event (seperti Paskah dan Natal), sementara Mas Andy teringat ketika ia menjumpai rencana baca ini dalam bentuk kalender yang lebih terstruktur. Saat menceritakan pengalaman itu, saya sempat melirik beberapa peserta yang manggut-manggut, yang mungkin teringat dengan pengalaman mereka sendiri dengan rencana baca “klasik” ini. Rencana baca yang masih sering dipakai dalam berbagai konteks ini memang sangat efektif untuk menjaga konsistensi membaca Alkitab. Selain itu, juga mudah dibagikan (difotokopi) dan memberi kepuasan tersendiri saat melihat kotak-kotak di samping ayat yang harus dibaca telah tercentang, menandai hari-hari yang telah “dimenangkan”. 🙂

Akhirnya, saya pribadi sangat bersyukur atas kesempatan ini. Selain berkesempatan berbagi dengan Sahabat-sahabat YLSA yang kala itu hadir di Zoom dan YouTube, saya juga menemukan ada begitu banyak rencana baca Alkitab dan renungan yang tersedia. Ada begitu banyak materi dan struktur baca Alkitab yang telah diupayakan untuk menolong orang Kristen bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan. Oh ya, terkhusus untuk BaDeNo, ada satu hal yang saya baru tahu mengapa jadwal baca-dengar-nonton Alkitab ini dibuat “hanya” 5 hari, bukan untuk 7 hari dalam seminggu. Alasannya adalah agar penggunanya bisa “menebus” hari yang bolong (hari ketika tidak sempat melakukan BaDeNo Alkitab) dengan menyediakan waktu secara khusus (dan secara sadar) bersama Tuhan saat Sabat, dan tidak ingin bersaing dengan ibadah hari Minggu. Sederhana, tetapi menurut saya juga manusiawi, khususnya untuk zaman ini.

Untuk berbagai rencana baca Alkitab dan renungan, silakan kunjungi tautan di bawah ini:
https://alkitab.co/plan.php
https://renungan.co

Selamat memupuk cinta terhadap firman Tuhan!

Yudo

Tentang Yudo

Yosua Setyo Yudo telah menulis 17 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.