Blog SABDA
20Sep/210

Awal dari Sebuah Kolaborasi yang Hebat! “Spiritual Wellness!”

Shalom, apa kabar Sahabat SABDA? Saya berharap semuanya dalam keadaan baik. Perkenalkan saya Tian, dan saya sudah beberapa kali menulis blog di sini. Nah, kali ini, saya akan berbagi pengalaman mengikuti salah satu acara bertajuk “Spiritual Wellness! Mungkinkah?” yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Kali ini, saya mendapat kesempatan yang cukup istimewa untuk berkontribusi membantu memperlancar jalannya acara ini. Saya membantu di bagian teknis pelaksanaan, mulai dari menyiapkan device/perangkat, link Zoom, memeriksa jaringan, dan yang tidak ketinggalan adalah memastikan acara berjalan dengan lancar. Tentu saya tidak sendiri dalam mengerjakan semua ini, saya dibantu beberapa orang dari tim IT Services (ITS).

Acara “Spiritual Wellness! Mungkinkah?” ini diselenggarakan pada Jumat, 3 September 2021, pukul 10.30 – 11.30 WIB. Acara ini dikemas dalam format bincang-bincang. Nah menariknya, di tengah sesi acara ada breakout room. Breakout room adalah fitur dari Zoom yang memungkinkan kita untuk membagi partisipan/peserta yang hadir ke dalam kelompok kecil beranggotakan 5 – 6 orang. Bagi saya dan tim ITS, ini adalah salah satu fitur yang baru dicoba karena sebelumnya hanya menggunakan fitur yang sudah familiar seperti sharescreen, spotlight, dan pin. Melalui breakout room ini, diskusi/bincang-bincang dapat dilakukan dengan lebih intens. Masing-masing kelompok kecil memiliki 1 penanggung jawab yang bertugas untuk memimpin diskusi. Penanggung jawab ini tidak sendiri, tetapi ditemani oleh 1 orang admin yang bertugas untuk mencatat kesimpulan hasil diskusi.

Bagi saya, acara ini menarik karena membicarakan mengenai wellness, yang bisa diartikan sebagai kesehatan. Menurut saya, ini relevan dengan keadaan pandemi saat ini. Banyak orang tidak dalam keadaan “well” atau tidak baik kesehatannya, mulai dari fisik sampai mental. Latar belakang diadakannya acara ini adalah di tengah pandemi dan tsunami digital, kita diajarkan bahwa kehidupan ini tidak semudah yang kita harapkan. Situasi yang sulit ini memaksa kita untuk mengetahui dan mengerti keadaan fisik maupun mental kita masing-masing. Mungkin banyak orang merasa dirinya tidak baik atau tidak “well”. Dalam kondisi ini, orang-orang akan cenderung membutuhkan orang lain yang dapat membantunya. Pusat wellness bisa menjadi salah satu solusinya sehingga setiap orang dalam keadaan apa pun bisa datang dan mengetahui sejauh mana keadaan mereka. Tidak hanya mengakomodasi pengguna secara individual, tetapi diharapkan dapat mengakomodasi gereja untuk pelayanan kepada jemaatnya.

Mari terus doakan untuk setiap proses yang akan dikembangkan lebih lanjut. Saya sangat berharap kerinduan akan adanya pusat wellness kekristenan yang dapat menolong orang-orang percaya merasa lebih baik secara mental dapat direalisasikan. Semangat untuk terus berkarya bagi Tuhan. Tuhan Yesus memberkati.

Tentang Christian Eka Wibisono

Christian Eka Wibisono telah menulis 3 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran