Blog SABDA
31Jul/200

SABDA Live #Bible Talks Seri Kidz Ministry

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN), SABDA Live #Bible Talks mengadakan satu seri, yaitu Kidz Ministry. Seri Kids Ministry ini mempresentasikan topik-topik menarik seputar pelayanan anak dari sudut pandang Alkitab. Saya, sebagai guru sekolah minggu, sangat terberkati dengan materi-materi yang dipresentasikan. Saya diperlengkapi lebih lagi dalam memajukan pelayanan anak, secara khusus di tempat saya melayani, dan di Indonesia pada umumnya.

Saya rindu lebih banyak orang menyadari betapa pentingnya pelayanan anak. Anak-anak, sebagai generasi penerus gereja dan bangsa Indonesia, sudah seharusnya kita bimbing supaya dapat menjadi generasi yang memuliakan Tuhan, serta dapat menjadi berkat bagi sesama. Dalam era digital ini, banyak kendala yang saya hadapi dalam pelayanan anak. Mulai dari anak-anak yang sukar untuk memperhatikan guru sekolah minggu, lebih asyik bermain dengan gadgetnya, merasa lebih cepat bosan mendengarkan firman Tuhan, dan masih banyak lagi. Pada era digital ini, saya sebagai guru sekolah minggu dituntut untuk kreatif. Kreatif dalam menggunakan cara-cara yang menarik agar anak-anak dapat tertarik dan mengerti firman Tuhan yang disampaikan oleh guru sekolah minggu. Seri Kidz Ministry ini sangat menolong dan membuka pikiran serta pengetahuan saya, tentang bagaimana saya dapat lebih kreatif menyampaikan firman Tuhan dalam sekolah minggu.

Dalam seri Kidz Ministry, ada 4 presentasi yang disampaikan oleh orang-orang berpengalaman dalam bidangnya. Presentasi yang pertama berjudul, “Peran Alkitab: Formasi Rohani Anak” yang disampaikan oleh Bapak Liem Pik Jiang. Presentasi ini menjadi berkat bagi saya mengenai bagaimana Alkitab dapat membentuk rohani anak-anak. Secara garis besar, peran Alkitab dalam membentuk formasi rohani anak-anak adalah berikut:

  1. Alkitab menunjukkan bukti pentingnya hidup dalam nilai kerajaan Allah.
  2. Alkitab adalah pedoman hidup dalam nilai-nilai kerajaan Allah.
  3. Alkitab menuntun orang tua menjalankan tugas membentuk kerohanian anak.

Presentasi kedua berjudul “Aktivitas Asyik untuk Ajak Anak Baca Alkitab” yang dipresentasikan oleh Bapak Purnawan Kristianto. Dalam presentasi ini, Bapak Purnawan memberikan banyak sekali cara kreatif dan aktivitas kreatif yang belum saya ketahui. Ternyata banyak sekali aktivitas yang dapat digunakan oleh guru-guru sekolah minggu agar dapat mengajak anak-anak baca Alkitab secara asyik. Presentasi ketiga berjudul “Komik Alkitab: FUN atau SERIUS?” yang disampaikan oleh Kingstone Comic Indonesia. Menurut saya, ini adalah presentasi yang membuat saya cukup terkejut, karena komik bisa digunakan untuk membantu membaca Alkitab menggunakan gambar atau visualisasi. Ini adalah hal baru bagi saya. Terakhir adalah presentasi keempat yang berjudul “Multiple Intelligence: Cara Anak Belajar Alkitab” yang dipresentasikan oleh Ibu Meilania. Presentasi Ibu Meilania ini merupakan pengetahuan baru bagi saya. Bagaimana saya dapat memahami anak dengan masing-masing kecenderungannya atau masing-masing kecerdasannya? Menurut Howard Garder, ada 8 area kecerdasan anak yang juga merupakan prefensi dari gaya belajar mereka. Jadi, ketika kita mengajar anak-anak sekolah minggu, tidak bisa hanya menggunakan satu metode belajar, tetapi kita dapat mengombinasikan beberapa metode belajar. Dengan begitu, anak-anak dapat menikmati sekolah minggu dengan baik dan antusias. Pengetahuan baru ini membuka pikiran saya, dengan cara pengajaran yang tepat, anak-anak dapat mengerti dan memahami Alkitab.

Saya sangat bersyukur SABDA memfasilitasi guru-guru sekolah minggu untuk dapat melayani anak-anak sekolah minggu dengan lebih baik lagi. Beberapa cara maupun metode yang sudah disampaikan oleh pembicara, dalam seri Kidz Ministry, sudah saya praktikkan dalam pelayanan sekolah minggu. Hasilnya sangat mengejutkan, anak-anak lebih menikmati sekolah minggu, lebih aktif untuk bertanya mengenai pembahasan Alkitab, dan tentu pengenalan anak-anak akan Tuhan meningkat. Terima kasih SABDA.

Tentang lidya melisa

lidya melisa telah menulis 1 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran