Blog SABDA
6Jan/160

Kliping Koran di YLSA

“Membaca koran” …. Mungkin, yang terbayang dalam pikiran kita, duduk di teras dengan secangkir teh manis atau kopi hangat, dan sepiring makanan kecil, dan suasana yang santai pada pagi hari sebelum berangkat kerja. Hmmm … hal yang menyenangkan ya! Apakah harus seperti itu? Tentu tidak, lalu bagaimana? Mengapa kita harus membaca koran? Apa yang kita dapat dari membaca koran?

Belajar, belajar, dan belajar. Membaca, membaca, dan membaca. Membaca buku, membaca artikel, dll.. Dengan banyak belajar dan membaca, wawasan kita akan informasi terbaru akan terus bertambah. Selain itu, perbendaharaan kata akan terus bertambah dan hal itu akan sangat berguna dalam menyampaikan pesan, menulis, dan presentasi. Apakah koran termasuk sumber bacaan yang dapat menambah wawasan/pengetahuan kita? Ya, banyak hal bisa kita dapatkan dari membaca koran. Jangan hanya berpikir bahwa koran hanya berisi berita-berita kriminal, iklan, dll. yang menambah pusing ketika kita membacanya. Namun, dalam koran juga banyak dimuat tulisan-tulisan yang bermanfaat, tulisan seputar bahasa, tip kesehatan, perkembangan teknologi, pendidikan, dll.. Nah, oleh karena itu, staf YLSA selalu didorong untuk suka membaca, termasuk membaca koran.

“Membaca koran” adalah salah satu kegiatan staf redaksi publikasi YLSA. Mengapa? Seperti yang disampaikan di atas supaya kami suka membaca dan mendapatkan hal-hal baru yang dapat menolong kami dalam menyusun publikasi, menulis, ataupun hal yang lain. Kegiatan ini kami sebut dengan “kliping koran”. Ada beberapa koran yang bisa kami baca di kantor, baik koran lokal (Solopos), koran nasional (KOMPAS), maupun koran berbahasa Inggris (Jakarta Post). Setiap hari, beberapa teman yang sudah dijadwal kliping akan membaca cepat judul/headline koran hari itu. Jika ada judul yang sangat menarik, berguna bagi pelayanan YLSA, baru kami akan membaca bagian tersebut selengkapnya secara ‘scan reading’ (membaca cepat).

Dahulu, kliping koran dilakukan secara konvensional, yaitu dengan menggunting artikel-artikel yang menarik dan menempelkannya pada kertas HVS, lalu dijilid. Sekarang, kliping yang kami lakukan adalah kliping dengan cara digital. Setelah kami menemukan berita/tulisan yang menarik dan menambah wawasan baru, kami wajib menulis/meringkas berita/artikel tersebut dan memostingnya di “Papan Pengumuman Staf”. Papan ini adalah web lokal yang hanya bisa diakses oleh staf YLSA. Jadi, semua staf YLSA bisa membacanya. Selain berita, kami juga mencatat “kata-kata baru, istilah baru, dll.” yang penting dan menulisnya di bagian “Kata-Kata Baru dalam Koran” pada papan pengumuman tersebut. Dalam kegiatan ini, tidak setiap hari semua staf bertugas menuliskan “ringkasan artikelnya”, tetapi sudah ada jadwalnya. Dalam satu hari, ada dua staf yang bertugas. Nah, dalam kegiatan ini, saya bertugas sebagai “loper koran”. Saya bukannya berjualan koran loh :), tetapi saya bertugas mendistribusikan koran kepada staf yang bertugas untuk klipping hari itu.

Kegiatan ini menjadi satu kegiatan yang sangat bermanfaat karena bisa “melihat” dunia luar, belajar hal-hal baru, dan menambah pengetahuan berbahasa Indonesia pula. Salah satu koran menjadi acuan bagi kami untuk mengikuti perkembangan bahasa Indonesia saat ini. Pagi setelah PA atau setelah makan siang, saya mencari korannya, kemudian memberikan kepada staf yang bertugas. Nah, di sini nih tantangannya. Ketika memberikan koran, saya selalu berkata, “Silakan membaca, bersantai dulu ….” Dan, saya sering mendapat jawaban disertai senyum tipis dari teman, “Makasih ya, Mei.” Senyum tipis ini adalah tanda banyaknya kerjaan dari staf yang saya beri koran. Ada pula teman yang menjawab, “Kalau tidak lupa, ya ….” Hal ini menjadikan saya terkadang tidak enak kalau teman-teman sedang banyak kerjaan. Namun, salutnya, meskipun tugas sangat banyak, teman-teman tetap membaca koran dan menuliskan apa yang sudah dibaca. Apabila lupa, ada yang merapelnya sehingga menulis ringkasan lebih dari satu. Apabila menemui hal yang menarik, kami berteriak, “Baca kliping ya Teman, ada yang menarik nih!”

Semangat membaca korannya ya, Teman-teman! Tuhan sudah memberikan fasilitas yang sangat baik ini kepada kita untuk mengembangkan diri agar kita lebih maksimal lagi dalam memberikan yang terbaik bagi Tuhan. Bagi pembaca Blog SABDA yang lain, ayo, rajin-rajinlah pula membaca koran. Bisa koran cetak atau digital. Dapatkan berbagai manfaat yang positif dari kegiatan ini. Silakan berbagi hal-hal menarik dari berita yang Anda baca di koran kepada rekan-rekan Anda!

Mei

Tentang Mei

Mei Fitriyanti telah menulis 7 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran