Blog SABDA
25May/124

Pelatihan SABDA di Bali

Bermula dari pesan yang saya terima lewat Facebook, yang menanyakan apakah saya bisa memberikan pelatihan ke STT Kingdom di Bali, akhirnya pesan itu berlanjut menjadi jadwal roadshow SABDA ke Bali, pada tanggal 11-12 April 2012. Saya memilih untuk berangkat dari Surabaya, walaupun harus naik kereta api dulu ke Surabaya, karena harga tiket jauh lebih murah dibandingkan kalau berangkat dari Yogyakarta. Selain itu, saya juga bisa mampir ke Surabaya untuk memberikan pelatihan di Surabaya.

Hal pertama yang mengkhawatirkan saya tentang pelatihan SABDA di Bali adalah bagaimana dengan masalah teknis, karena kali ini saya akan pergi tanpa tim teknis SABDA. Puji Tuhan, karena Pak Tulus, yang menjadi dekan akademis STT Kingdom, meyakinkan saya bahwa STT memiliki orang yang bisa membantu menangani masalah teknis. Keyakinan Pak Tulus ternyata terbukti karena setibanya di Bali, saya segera berkenalan dengan Pak Yakub, staf IT STT Kigndom. Dari caranya menyiapkan semua peralatan yang diperlukan untuk pelatihan SABDA, saya segera tahu bahwa “he is the man for the job”. Ini merupakan salah satu jawaban doa, bahwa kepergian saya memang disertai oleh Tuhan.

STT Kingdom terletak di kompleks GBI Rock di Denpasar, di bentangan tanah seluas 5 hektar, yang dinamakan kompleks perumahan Lembah Pujian. Wilayah yang sangat nyaman, asri, indah dan pribadi, khususnya untuk beribadah dan belajar. STT Kingdom belum lama berdiri, bahkan belum meluluskan mahasiswa. Namun, memiliki mahasiswa yang cukup banyak dan antusias belajar.

Pada hari yang pertama, pelatihan SABDA ditujukan untuk mahasiswa S2 yang berjumlah sekitar 30-an orang. Sedangkan hari kedua, pelatihan ditujukan untuk mahasiswa S1 yang jumlahnya hampir 2 kali lipat. Tapi di samping dua pelatihan di STT Kingdom tersebut, diadakan juga pelatihan bagi gembala wilayah dan staf GBI Rock. Tujuan utama pelatihan kali ini adalah menolong peserta untuk mengenal Software SABDA dan bagaimana menggunakannya untuk penggalian Alkitab. Tanggapan peserta yang mengikuti pelatihan software SABDA ini sangat bagus. Saya juga sangat salut dengan antusiasme mereka, karena walaupun harus duduk selama kira-kira 5 jam, mereka bertahan sampai akhir. Dua kali pertemuan ini berakhir hampir sampai jam 10 malam. Wow… luar biasa. Doa saya SABDA dapat mereka pakai menjadi alat yang berguna untuk melakukan studi Alkitab yang lengkap.

Saya juga sempat bertemu dengan sekelompok mahasiswa Perkantas Bali, yang dipimpin oleh pak Agus. Tapi saya hanya sempat membagikan DVD, karena saat itu lampu mati sehingga tidak bisa melakukan pelatihan SABDA. Waktu 1,5 jam bertemu dengan mereka cukup memberi kesan yang mendalam kepada saya, karena di antara mahasiswa Perkantas, hadir juga 2 orang jemaat MRII Bali, dan mahasiswa LK3 Bali dan juga seorang yang istimewa bagi saya, yaitu Pak Edo Manik, salah seorang peserta PESTA yang sudah saya kenal namanya cukup lama. Inginnya bertemu lebih lama, tapi waktu tidak mengijinkan.

Waktu saya untuk berada di Bali sangat singkat, bahkan bisa dibilang tidak terasa, karena selama 2 hari saya memberikan 3 kali pelatihan SABDA (masing-masing 5 jam), dan 1 kali persekutuan dengan teman-teman di Perkantas (1,5 jam). Jadi praktis selama di Bali, tempat yang saya kunjungi selain kelas, adalah bandara… Semoga lain kali bisa kembali lagi ke Bali untuk melihat keindahan alamnya yang terkenal, dan bertemu dengan lebih banyak saudara seiman di sana… Dari Bali, perjalanan dilanjutkan ke Surabaya… (saya harap Sdr. Kenny yang akan menceritakan roadshow SABDA di Surabaya di blog yang lain).

Yulia

Tentang Yulia

Yulia Oeniyati telah menulis 18 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (4) Trackbacks (0)
  1. Puji Tuhan, akhirnya SABDA bisa melakukan pelayanan di Bali (luar pulau lagi… setelah di Palembang) 🙂

    Keren… penyertaan Tuhan tidak diragukan lagi. Tuhan bisa pakai siapa saja untuk membantu pelayanan SABDA… 🙂

    Kiranya setiap peserta yang sudah ikut pelatihan SABDA bisa membagikan berkat juga kepada rekan-rekan yang lainnya, yang belum mengikuti pelatihan ini.

    Thanks Jesus 🙂

  2. Mantap sekali pelayanannya…:-)

  3. Pelayanan yang sangat bermanfaat dan semoga bisa terus dilancarkan aktifitasnya.. Salam dari buleleng…


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran