Blog SABDA
5Nov/152

Pelatihan Software SABDA di Gunungkidul

Gunungkidul adalah sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Klaten di sebelah Utara, Kabupaten Wonogiri di sebelah Timur, Samudera Hindia di sebelah Selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di sebelah Barat. Kabupaten Gunungkidul ini memiliki daerah wisata yang banyak sekali. Selain memiliki pantai yang sangat indah, kabupaten ini juga memiliki banyak sekali gua yang menjadi objek wisata di daerah ini.

Yayasan Lembaga SABDA berkesempatan mengadakan pelatihan Software SABDA di Gunungkidul pada 29 Oktober 2015. Tim SABDA yang pergi melayani, yaitu Bu Yulia , Mbak Evie , Mbak Setya, Jono, dan saya sendiri.

Pelatihan ini diadakan di GKJ Wonosari, salah satu dari 13 gereja yang termasuk Klasis GKJ Gunungkidul. Peserta pelatihan adalah para hamba Tuhan, staf gereja, dan guru Pendidikan Agama Kristen se-Klasis GKJ Gunungkidul. Acara berlangsung dari pukul 13.00 — 17.00 WIB dan diikuti oleh lebih dari 60 peserta. Meskipun satu Klasis, gereja-gereja ini ada yang berjarak 40 km dari GKJ Wonosari. Para peserta sangat antusias untuk mengikuti pelatihan ini.

Sebelum acara dimulai, para peserta menyerahkan laptop mereka kepada tim SABDA untuk diinstall Software SABDA. Sayangnya, tidak semua peserta membawa laptop. Hanya ada sekitar 40 laptop yang kami instal Software SABDA. Sebelum pelatihan, para peserta mendengarkan presentasi yang memotivasi mereka untuk lebih terbuka wawasannya dalam menghadapi teknologi yang semakin berkembang.

Selama pelatihan berlangsung, para peserta mendengarkan petunjuk yang disampaikan Bu Yulia, lalu mempraktikkannya langsung supaya nanti tidak lupa dan bisa melakukannya sendiri. Mereka sangat senang sekali belajar menggunakan Software SABDA ini. Jika peserta tersebut sudah bisa melakukannya, mereka mencoba mengajari peserta lain yang belum bisa yang duduk di sebelahnya. Saya mengamati pelatihan ini benar-benar hidup dan setiap peserta bisa mengerti tahap-tahap dalam menggunakan Software SABDA. Semangat mereka sangat mendorong tim SABDA untuk semakin giat melayani.

Acara pelatihan seperti ini membuat saya semakin bersyukur bahwa apa yang telah dikerjakan Tuhan melalui SABDA bisa membantu banyak hamba Tuhan dan guru untuk belajar Alkitab dengan bertanggung jawab, dan mempersiapkan mereka untuk berkhotbah dan mengajar dengan baik. Hal lain yang membuat kami senang adalah bertemu dengan saudara-saudara seiman yang baru dari Gunungkidul. Semoga kami bisa terus berbagi dan menguatkan satu dengan yang lainnya. Puji Tuhan!

Gunung

Tentang Gunung

Gunung Yudi Pamungkas telah menulis 12 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. Saya senang nie bisa ikut roadshow lagi. Kali ini arah perjalanan saya ke Barat Laut setelah 2 tahun lalu ke Barat Daya :D

    Saya bersyukur bisa berkunjung ke tempat saudara seiman di GKJ Gunung Kidul. Selain membagikan bahan-bahan yang YLSA punya, ada nilai berharga lainnya yang saya dapatkan — berelasi dengan sesama Tubuh Kristus. Meskipun perbincangan dengan peserta di sana sangat terbatas, tetapi mendengar kesan beberapa peserta bahwa materi pelatihan software SABDA sangat memberkati mereka itu menyejukkan di hati saya.

    Betapa sedihnya jika apa yang kami berikan tidak bermanfaat untuk orang lain. Sebaliknya, betapa bahagianya jika kita bisa menjadi berkat untuk orang lain.

    Saya berharap bisa mendengar cerita para peserta yang telah membagikan apa yang mereka dapatkan untuk saudara seiman yang lain.

    Tuhan Yesus memang dahsyat!

  2. Semoga para hamba Tuhan terus semangat belajar komputer! Gak usah takut dengan ejekan “gaptek”, itu mitos :-D


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran