Blog SABDA
31Aug/152

Mari Bergabung dalam Gerakan Apps4God!

Saya senang mempelajari hubungan antara teknologi informasi dengan firman Tuhan, dan melalui hal itu saya dituntun untuk melihat bahwa pada setiap zaman, Allah selalu menggunakan teknologi terkini untuk menyampaikan firman-Nya kepada manusia. Sebagai contoh, ketika mesin cetak, teknologi terkini saat itu ditemukan oleh Guttenberg, Alkitablah yang pertama kali dicetak.

Dunia teknologi terus berkembang. Karena itu, pelayanan Tuhan pun seharusnya terus berkembang. Berbicara tentang teknologi terkini, teknologi mobile, digital, dan sosial media, adalah teknologi yang paling berjaya saat ini. Tiga teknologi terkini itu terbungkus dalam “smartphone” yang ada dalam genggaman tangan kita. Fenomena “kecanduan gawai” sepertinya tidak dapat dihindari karena gawai sudah menjadi alat utama untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari, kapan saja, dan dengan siapa saja. Tahukah Anda bahwa semua tugas yang diinginkan oleh pengguna smartphone dijalankan dengan program software khusus yang disebut dengan “apps”? Misalnya, ketika kita ingin melakukan aktivitas menghitung, maka kita akan membuka aplikasi “calculator”. Jika kita ingin mendokumentasi dalam foto, kita menggunakan aplikasi “camera”, dan masih banyak lagi. Software aplikasi (apps) seperti ini biasanya diunduh langsung dengan smartphone dari internet. Ada berapa banyak software apps di dunia? Statistik mencatat bahwa untuk aplikasi Android terdapat 1,6 juta aplikasi dan untuk aplikasi iOS sebanyak 1,5 juta, sedangkan rata-rata smartphone biasanya memiliki lebih dari 50 apps.

Dunia saat ini sedang dilanda “demam apps”. Jika kita menggunakan beragam aplikasi untuk menunjang aktivitas hidup kita, apakah kita juga menggunakan aplikasi untuk menunjang aktivitas kerohanian kita?

Sejalan dengan berkembangnya teknologi mobile, pada pertengahan tahun 2015, Yayasan Lembaga SABDA berkomitmen untuk terlibat dalam “Gerakan Apps4God”. Kita tidak dapat menutup mata bahwa ada manfaat yang sangat bernilai dari aplikasi untuk mewujudkan Amanat Agung Yesus di dunia ini. Gerakan “Apps4God” diharapkan dapat melahirkan cara baru untuk melayani dan menjangkau generasi digital bagi Kristus. Apps4God tidak hanya melibatkan para developer untuk membuat aplikasi-aplikasi kekristenan, tetapi juga semua orang percaya di era teknologi ini. Bagaimana kita dapat berdiskusi, mencari solusi, membuat, menggunakan, sharing, dsb. sehubungan dengan apps untuk kemuliaan nama Tuhan? Saat ini, tidak mungkin lagi kita, sebagai orang Kristen, menutup mata terhadap perkembangan aplikasi yang telah mengubah cara hidup manusia, baik bekerja, belajar, maupun berelasi. Gerakan Apps4God mendorong kita semua untuk terjun ke tengah-tengah pekerjaan yang Tuhan percayakan kepada kita. Kita harus menggunakan teknologi saat ini, yaitu apps, untuk membawa banyak orang bertemu, berinteraksi, dan “berkoneksi” dengan Tuhan Allah yang Mahamulia. Perlu disadari bahwa gerakan Apps4God bukan hanya slogan, melainkan sebuah ajakan untuk bergerak, menggunakan teknologi bagi kemuliaan nama Tuhan. Teknologi diciptakan oleh Tuhan dan harus kita kembalikan untuk kemuliaan nama Tuhan!

Saya bersyukur karena bisa terlibat pula dalam gerakan Apps4God ini. Bukan hanya karena dalam smartphone saya sudah ada beberapa aplikasi kekristenan, tetapi karena saya juga sudah menggunakannya, membagikannya, dan mengajarkan orang-orang di sekeliling saya untuk menggunakan setiap aplikasi tersebut dengan efektif untuk mengenal firman-Nya lebih dalam. Bagaimana dengan Anda?

Untuk mendapatkan informasi tentang gerakan Apps4God dan bagaimana kita dapat terlibat lebih jauh, silakan kunjungi situs Apps4God.org atau dengan mengirim email ke apps@sabda.org. Bergabunglah pula dalam komunitas-komunitas Apps4God di:
FB: Apps For God
Twitter: Apps4God
Instagram: Apps4God

Pada zaman teknologi digital ini, sudahkah kita menggunakan teknologi terkini untuk dipakai bagi kemuliaan nama Tuhan?

Evi

Tentang Evi

Davida Dana telah menulis 20 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (2) Trackbacks (0)
  1. Benar sekali, teknologi bisa dipakai sebagai sarana untuk memberitakan kabar baik dan menolong orang mengalami pengenalan yang lebih dalam dengan Allah. Tuhan Yesus datang ke dunia dan berbaur dengan budaya saat itu dan bersentuhan dengan kemajuan yang ada di masyarakat waktu itu. Mari kita terus mendukung anak-anak muda yang punya keahlian di bidang masing-masing untuk menghasilkan sesuatu bagi kemuliaan Allah. Termasuk menghasilkan aplikasi-aplikasi seperti Apps4God,gbu

  2. Hidup Apps4God!!

    Tidak pernah terpikir olehku kalau aku akan mengenal gerakan “Apps4God”. Benar juga ya, hampir setiap hari aku “bersentuhan” dengan teknologi … dan aku sangat setuju kalau teknologi harus digunakan untuk memuliakan Tuhan. Jadi, aku dengan penuh sukacita akan terlibat dalam gerakan Apps4God!!


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

 

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran