Blog SABDA
14Jul/140

Infografis dalam Pelayanan SABDA

Perkenalkan nama saya Arlina. Saya termasuk staf SABDA yang masih baru karena saya mulai bekerja di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) mulai awal April 2014 yang lalu. Alasan mengapa saya melamar pekerjaan di YLSA adalah karena saya ingin memiliki pengalaman bekerja di sebuah lembaga. Sejak saya lulus dari jurusan Desain Komunikasi Visual, saya belum pernah bekerja di sebuah lembaga atau perusahaan. Sebelumnya, saya bekerja “freelance” mendesain logo. Pengalaman ini saya harap dapat membantu mengembangkan berbagai macam proyek yang ada di YLSA, khususnya di bidang desain grafis.

Beberapa bulan di YLSA saya belajar banyak hal. Saya baru memahami bahwa ternyata YLSA memiliki banyak sekali proyek yang dikerjakan. Namun, dari semua proyek yang sudah ada, sentuhan desain grafis tampaknya masih kurang optimal. Dari sinilah, timbul keinginan saya untuk melayani bersama rekan staf YLSA lainnya, khususnya membuat desain header dan “icon-icon” situs, Facebook, dan aplikasi yang baru.

Beberapa waktu yang lalu, YLSA kedatangan teman lama YLSA. Sebelumnya, ia sempat magang di kantor SABDA selama 3 bulan. Bersyukur ia berkesempatan datang ke Solo dan bisa memberikan sharing mengenai infografis kepada beberapa staf YLSA. Kami, khususnya saya, sebagai designer di YLSA, sangat diberkati dan mendapatkan banyak tambahan pengetahuan mengenai apa itu infografis dan apa saja yang dibutuhkan dalam menyusun infografis.

Saya akan menjelaskan secara singkat mengenai apa itu infografis. Infografis adalah sebuah cara baru untuk menyampaikan banyak informasi dengan menggunakan gambar-gambar atau simbol-simbol yang dikemas secara menarik sehingga pembaca akan lebih mudah memahami informasi tersebut. Banyak hal yang diperlukan dalam menyusun infografis, antara lain pesan tertulis yang akan disampaikan, karakteristik target pembaca, dan pemilihan format, model dan warna yang sesuai dengan isi pesan.

YLSA sangat ingin menerapkan infografis untuk menjadi proyek baru yang akan dikerjakan. Salah satunya adalah infografis untuk menyampaikan pesan isi Alkitab, contohnya infografis yang menjelaskan keturunan atau silsilah tokoh-tokoh dalam Alkitab, dll.. Jika hanya membaca tulisan daftar silsilah, mungkin kurang menarik dan kurang mudah dimengerti. Dengan menggunakan gambar, maka informasi dapat dengan lebih mudah dipahami. Proyek infografis YLSA rencananya akan diunggah dalam web AYT.co yang saat ini sedang dikerjakan YLSA. Selain itu, hasil infografis ini dapat dicetak dalam sebuah buku atau poster. Membuat infografis bukanlah hal yang mudah karena kita harus membuat pesan yang kuat melalui gambar-gambar dan “layout” yang menarik. Saya berharap melalui proyek infografis YLSA yang akan dikerjakan nanti, Alkitab akan menjadi semakin menarik untuk dipelajari dan mudah dipahami. Dengan demikian, masyarakat Kristen dapat menerima berkat besar karena dapat semakin mudah memahami isi Alkitab.

Saya sangat bersyukur kepada Tuhan atas kesempatan ini karena memberikan banyak informasi dan pengetahuan mengenai infografis kepada kami.

Tentang Arlina

Arlina Nana telah menulis 1 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran