Blog SABDA
26Jun/131

Presentasi A.L.A.T. di Yogyakarta dan Klaten

Oleh: Yochan dan Ade

Presentasi Yegar di Yogya“YoChan, presentasi SABDA lanjutan di Yogya dan Klaten ‘ntar kamu ya!” Kalimat itu terucap dalam salah satu mentoring divisi ITS. Memang saat itu aku sudah lama tidak ikut roadshow SABDA. Jadi, senang juga bisa ikut roadshow lagi. Saat itu yang terpikir adalah aku tidak perlu buat banyak persiapan karena bahan presentasi lanjutan sudah aku buat dulu. Pikirku, aku hanya perlu mengulang dan memperbaiki beberapa poin saja.

Minggu itu adalah minggu yang teramat sibuk bagiku. Suster (baca: mertua) yang menolong merawat anakku, Siera, sedang cuti beberapa hari. Biasanya, kalau aku dan istriku bekerja (pagi sampai sore), mertuakulah yang menjaga Siera, yang belum genap lima bulan saat itu. Kalau beliau berlibur beberapa hari, otomatis aku dan istriku harus berbagi waktu untuk berada di rumah menjaga Siera. Di tengah jadwal yang porak-poranda ini, aku masih harus menyelesaikan beberapa tugas terjemahan yang sudah terlambat. Ditambah lagi, roadshow di Yogyakarta dan Klaten ini ternyata bukan Tutorial SABDA Lanjutan, tetapi A.L.A.T.. Artinya, aku perlu banyak persiapan di tengah kesibukan dan jadwal yang kacau ini. “Duh Tuhan, tolong…”, jeritku dalam hati.

Sebenarnya A.L.A.T. bukan presentasi baru, karena bahannya sudah lama dibuat. Ibu Yulia sudah sering membawakan bahan presentasi ini, dan sudah beberapa kali aku ikut menyimaknya. Beberapa kali aku memang berhasil melarikan diri dari tugas ini, tetapi kali ini aku tidak bisa berkelit. Bagiku, cara paling nyaman untuk mempersiapkan presentasi adalah membuat sendiri slide-slide presentasi. Dengan begitu, aku dapat menyusunnya sesuai dengan apa yang aku inginkan. Maka hari-hari begadang pun dimulai….

Pukul tujuh pagi, 20 Maret 2013, aku telah siap di depan rumahku dengan mobil merah kecil milik istriku. Tim yang berangkat kali ini adalah aku, Sdr. Yegar (staf baru yang bergabung sejak Februari) dan Sdr. Joko (saat itu baru jadi calon staf YLSA). Petualangan pun dimulai. 🙂

Sampai di Wisma Immanuel Yogyakarta, kami disambut oleh Pak Choi, seorang hamba Tuhan yang sudah lama melayani di Yogyakarta. Hamba-hamba Tuhan yang akan kami layani ini tergabung dalam persekutuan Hamba Tuhan Garis Depan Yogyakarta. Sembari berbincang dengan Pak Choi, kami melakukan persiapan, termasuk menyambut mereka yang datang, khususnya yang menanyakan tentang produk-produk pelayanan SABDA.

Presentasi pertama dimulai oleh Sdr. Yegar, memberikan review singkat “Tutorial SABDA 3 Menit” dan DVD Library SABDA Anak 1.2. Sdr. Yegar menyampaikan dengan luwes dan jelas. Aku menunggu giliran dengan dag-dig-dug, rasanya sangat menyiksa, tapi puji Tuhan akhirnya giliranku tiba. Aku memulai dengan menjelaskan mengapa perlu mempelajari A.L.A.T. untuk menggunakan Software SABDA. A.L.A.T. adalah singkatan dari empat metode studi Alkitab yang sangat umum digunakan untuk melakukan pendalaman Alkitab, yaitu Ayat, Leksikal, Asosiasi, dan Topikal. Semboyan kami adalah “Alat yang baik akan memberikan hasil yang baik”. Software SABDA adalah seperti kotak peralatan yang sangat lengkap yang kami siapkan untuk menolong para hamba Tuhan melakukan studi Alkitab dengan baik.

Satu-persatu aku menjelaskan metode A.L.A.T.. Dengan penuh perjuangan aku berusaha menjelaskan sebaik mungkin. Namun, aku menyadari bahwa masih banyak yang harus aku perbaiki untuk menyampaikan materi ini dengan baik. Next time better!

Namun, dari sesi tanya jawab, aku melihat ternyata peserta dapat menangkap apa yang aku jelaskan. Mereka melihat keuntungan menggunakan A.L.A.T. ini, bahkan mereka jadi terpacu untuk belajar menggali Alkitab lebih banyak lagi. Ternyata dari presentasiku, yang menurutku penuh kekurangan, Tuhan dapat berkarya dengan indah. Aku sangat bersyukur karena dalam ketidakmampuanku, tangan Tuhan menolongku melakukan tugas yang Tuhan taruh di pundakku. 🙂

Rangkaian pelatihan berikutnya, 21 Maret 2013, adalah ke Klaten. Peserta pelatihan adalah hamba-hamba Tuhan Garis Depan untuk wilayah Klaten. Acara diadakan di GBI Klaten. Urutan presentasi yang disampaikan sama dengan yang di Yogyakarta. Namun, “Tutorial SABDA 3 Menit” dibawakan oleh Sdri. Ade. Ketika aku selesai memberikan pelatihan A.L.A.T., rasa ‘penasaran’ peserta menggunakan Software SABDA semakin terlihat. Apalagi dengan sejumlah pertanyaan yang dilontarkan. Aku senang melihat antusiasme mereka. Bahkan, rasa ‘penasaran’ ini berlanjut dengan permintaan peserta untuk mendapat pelatihan lanjutan. Wah… mempelajari Software SABDA memang tidak akan pernah ada habisnya karena banyaknya bahan yang sangat bermanfaat untuk penggalian Firman Tuhan.

Acara pelatihan ditutup dengan presentasi DVD Library SABDA Anak 1.2 oleh Sdr. Joko. Walaupun masih sangat baru di SABDA, Sdr. Joko membawakan presentasi dengan cukup fasih. Kalaupun ada pertanyaan yang belum dia kuasai, tidak segan-segan dia minta pertolongan staf lain untuk membantu menjawabnya. Kami sangat bersyukur atas kerjasama yang terjalin. Mulai dari menyusun meja display, instalasi software SABDA, kesigapan tim SABDA membantu peserta, hingga instalasi Alkitab di handphone yang banyak dibantu oleh Jesica (anak Bu Yulia).

Bersyukur kepada Tuhan untuk roadshow SABDA di Yogyakarta dan Klaten. Semoga ada lebih banyak orang yang menggunakan teknologi bagi kemuliaan nama Allah. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Yochan

Tentang Yochan

Yochan Rayon telah menulis 7 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (1) Trackbacks (0)
  1. Saya baru pertama kali ikut tim SABDA memberikan presentasi A.L.A.T. Presentasi ini justru membuat saya pribadi semakin terdorong untuk PA dengan software SABDA. Sebagai staf baru, saya memang masih menggunakan sofware SABDA secara dasar saja. Tidak heran para peserta juga ingin meminta pelatihan lanjutan. Mari… mari belajar software SABDA!^^


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.