Blog SABDA
4Feb/0916

Raker YLSA 2009

raker_ylsa_2009Di antara para staf senior YLSA, saya termasuk orang baru, karena baru satu tahun melayani di YLSA. Karena itu, raker YLSA yang diadakan tanggal 30-31 Januari 2009 kemarin adalah raker pertama yang saya ikuti.

Raker yang sudah direncanakan selama hampir satu bulan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan YLSA yang lalu (2008) dan mengesahkan rencana pelayanan YLSA yang akan datang (2009). Kesibukan sudah saya rasakan sekitar 2 minggu sebelum raker diadakan. Bersama rekan-rekan dalam divisi NET, kami juga menyusun laporan-laporan yang nanti akan dipresentasikan dalam raker tersebut. Sampai hari terakhir sebelum raker, kesibukan semakin terasa. Bersaing dengan rekan dari divisi lain, kami saling berebut menggunakan satu-satunya printer yang ada di kantor …. Puji Tuhan, akhirnya semua laporan selesai dipersiapkan.

Raker YLSA tahun ini diadakan di Kaliurang (sebuah tempat wisata di Kabupaten Sleman, Yogyakarta), tepatnya di Hotel Anugerah Wisata 2. Sejuknya udara pegunungan dan tenangnya suasana desa menyambut kedatangan kami yang sudah tidak sabar lagi mengikuti acara raker ini. Saya sendiri sebenarnya sudah lama sekali tidak mengikuti acara seperti ini.

Setelah pembagian kamar dan beres-beres seperlunya, acara pun dimulai dengan sebuah renungan. Karena saya terpilih sebagai seksi perlengkapan, maka saya harus memastikan semua kebutuhan alat-alat terpenuhi, termasuk papan tulis, tikar, dll. (staf lain juga turut membantu). Selain itu, tugas saya yang lain adalah mendokumentasikan acara dalam bentuk foto. Nah, beberapa foto berikut bisa ikut Anda nikmati:

Pembagian laporan dari masing-masing divisi

Gambar 1. Pembagian Laporan Tiap Divisi

Jalannya Raker

Gambar 2. Suasana Raker

Dengan mengikuti raker YLSA ini, wawasan saya semakin terbuka. Laporan dari tiap-tiap divisi semakin memperjelas cakupan bidang-bidang pelayanan yang YLSA lakukan. Maklum, sebagai orang baru, saya merasa masih sangat kurang mengenal pelayanan YLSA secara keseluruhan.

Selain acara laporan dan planning, saya juga diperlengkapi dengan training pengembangan diri dan training kerohanian. Saya rasa ini juga salah satu kelebihan YLSA, yaitu bahwa setiap staf YLSA harus bisa semakin mengembangkan diri, baik secara mental maupun spiritual.

Training

Gambar 3. Suasana Training

Sabtu sore, setelah acara talent show (kelihatan semua nih sifat-sifat asli staf YLSA 🙂 …), raker ditutup dengan sebuah renungan yang memberkati kita untuk lebih siap memasuki pelayanan ke depan.

Thank you YLSA …!

Peserta Raker

Gambar 4. Peserta Raker

Peserta Raker bersukacita

Gambar 5. Peserta Raker dalam Keceriaan

Billy

Tentang Billy

Billy Wagey telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (16) Trackbacks (0)
  1. 1 hari retreat yang singkat tapi padat dan pastinya menyegarkan untuk semua staf dapat kembali mengerjakan tanggung jawab yang Tuhan percayakan. Thank you juga Billy untuk cerita retreat-nya, serasa ikutan retreat!

    Salam kenal untuk semua staf YLSA,senang bisa kenal staf lengkap YLSA sekalipun baru melalui foto dengan wajah-wajah kalian yang ceria.
    Selamat melayani untuk semuanya!!

    Dari cerita mengenai kegiatan-kegiatan intern yang dilakukan untuk staf YLSA, terdengar kreatif dan baik sekali untuk pengembangan diri dan rohani para staf-nya, menambahkan keakraban tapi yang terutama kesehatian dalam melayani DIA.

    GBU
    ike.p

  2. Halo Eunike, salam kenal juga.

    Dari retret kemarin, banyak yang berkesan. Salah satunya adalah waktu acara talent show …. Hahaha, benar kata Billy, sifat asli staf YLSA pada keliatan semua. Ternyata para staf YLSA memiliki banyak bakat terpendam … uh .. keren banget :p, apalagi yang jadi pesinden ….

    Tapi bener loh … retret YLSA kemarin, walau acaranya padat berisi, tapi ngga terasa terlalu capai. Sifatnya santai tapi tetap serius ….

    Melalui retret kemarin, saya juga dapat semakin jelas melihat bidang pelayanan YLSA, terutama dari sudut pandang divisi lain, yakni divisi Net dan Web …. Jadi, semakin merasa mantap dalam melayani Dia di YLSA tahun 2009 ini.

  3. @eunike

    Hi ike..
    Thank you untuk commentnya. Benar sekali, acaranya singkat padat dan menyegarkan. Ditambah dengan suasana sekitar yang sejuk dan tenang, jadi lebih menyegarkan lagi.

    Awalnya sempat berpikir,”..mungkin karena Raker, nantinya akan membosankan dengan banyak acara yang serius, suasana meeting, dst”. Tapi ternyata setelah dijalani, asik juga. Acara berlangsung serius tapi santai. Yang sedikit mengganggu mungkin hanya hujan deras yang membuat kami harus pindah-pindah tempat 🙂

  4. @eunike

    Halo Ike, salam kenal juga, ya … 🙂

    Kalau saya, sih sudah tiga kali mengikuti rapat kerja YLSA. Sejak dulu, acaranya memang tidak melulu rapat dan rapat dan rapat …. diusahakan ada keseimbangan. Ada Raker, ada training, ada games juga …. Jadi peserta Raker tidak akan jenuh, namun bisa tetap santai di tengah-tengah keseriusan dan padatnya acara.

    Saya sendiri dapat pelajaran berharga dari raker ini, sama dengan Dian, saya jadi bisa melihat dengan lebih dalam lagi pekerjaan-pekerjaan dalam divisi lain. Hal tersebut memberikan banyak ide pengembangan bagaimana setiap divisi bisa berkolaborasi dalam melakukan pelayanan di YLSA.

    Yang menarik adalah ide untuk “Cross Training”, training lintas divisi. Ayo ada staf YLSA lain yang mau menjelaskan apa itu “Cross Training”? 🙂

  5. Halo Eunike .. salam kenal deh, tak pikir kamu temen lamaku hehe, ternyata … 🙂

    Retreat / raker tahun ini buatku cukup menyenangkan dan menyegarkan. Membicarakan masalah pekerjaan maupun planning bisa dengan serius, tetapi disisi lain banyak canda tawa yang bikin segar suasana. Selain itu training-training yang diberikan juga sangat membantu untuk memperbaiki kinerja di masa yang akan datang. Komplit dah. Lebih sering aja deh retreatnya hehe 🙂

  6. @eunike
    Salam kenal juga Ike…

    Sungguh, saya mendapatkan banyak berkat dari raker yang baru kali ini saya ikuti (maklum saya baru bekerja di YLSA 1 tahun). Saya dapat berkat rohani, pengetahuan, semangat, dll. Rasanya lebih terbakar untuk melayani Tuhan di YLSA. Oh iya, tempat kami raker di Kaliurang juga nyaman. Pokoknya seru deh… Seep!!! 🙂

  7. @Davida

    Cross training maksudnya adalah bahwa lintas divisi saling berbagi pengalaman dan pengetahuan guna melengkapi segala kebutuhan dalam setiap proyek yang akan atau sedang dilaksanakan di YLSA. Bukan begitu ya mbak Evi :)…

    Raker yang menyenangkan. Tidak ada cerita kalau gelisah menghitung waktu, gelisah pengen segera pulang, atau gelisah melihat sususan acara (habis ini apa, kapan makannya, kapan tidurnya …. :D).

    Buktinya, liat tuh wajah ceria menjelang kita akan kembali ke rumah (Gambar 5. Peserta Raker dalam Keceriaan-Red). Good Job.. maju terus!

  8. @eunike
    Syalom eunike….. salam kenal dari tatik 🙂

    Memang ketika membaca blog teman saya ini kita serasa ikut didalamnya. Saya pun juga merasakan kembali kehangatan kebersamaan dengan teman-teman saya yang komentar diatas ini 🙂

    Dari raker saya mendapat banyak berkat juga. Baik dari training maupun renungan dan terlebih lagi talent show-nya… 🙂

    Tapi ada satu yang membuat kesenangan saya sedikit berkurang…yaitu rumah saya kebanjiran. Walaupun demikian saya tetap bersyukur karena orang tua saya baik-baik saja 🙂 (Thanks God :))

    Thanks YLSA! Love u all….

  9. Wow … Raker yang sangat mengasykan,nampaknya. Semoga semua rencana pada tahun 2009 dapat di capai bahkan dilampaui.

    Mungkin anda semua menganggap apa yang dilakukan selama ini biasa-biasa saja. Namun, percayalah apa yang anda sekalian lakukan mempengaruhi wajah generasi ini dan generasi berikutnya. Setelah tua nanti, saya akan mengagulkan diri kepada anak cucu. Kalian tahu? Si tua bodoh ini kenal para pemberi warna generasi ini. Mari kita mengunjungi mereka supaya kalian dapat berguru.

  10. @hai hai

    Syalom hai hai,
    Thank you supportnya. Senang sekali membaca komentar Anda. Menurut saya selain mempengaruhi wajah generasi ini dan berikutnya, kita juga harus menjadi “The History Maker”.

    hai hai :
    ..Setelah tua nanti, saya akan mengagulkan diri kepada anak cucu. Kalian tahu? Si tua bodoh ini kenal para pemberi warna generasi ini. Mari kita mengunjungi mereka supaya kalian dapat berguru.

    Kalo bisa jangan menunggu tua hai hai, sekarang juga Anda bisa memperkenalkan YLSA kepada rekan-rekan Anda, supaya berkat yang Anda dapat juga bisa tersalurkan kepada rekan-rekan Anda.

    Thanks hai hai

  11. Eunike

    Hallo Ike, aku juga pengin kenalan denganmu lho.
    Aku lihat teman-teman tertawa lepas seakan tiada beban waktu acara
    talent show. Mereka saling bekerja sama dan kompak.

    Di tempat retret, banyak hal yang aku peroleh melalui beberapa
    renungan, training, serta waktu sebelum tidur — di mana aku dan beberapa teman bisa saling sharing dan
    saling menguatkan. Terima kasih Setya, Novi, dan Eviri untuk saran juga
    doanya. Aku benar-benar bahagia punya teman seperti kalian…juga
    teman-temanku yang lain.

    Bersyukur untuk semua yang kudapat di acara retret kemarin. Meski waktu berangkat ada beban berat di hati karena harus meninggalkan anak selama 2 hari, tapi aku pulang beroleh sukacita.

  12. Jadi takut komennya karena yang tanggapin banyak amat seperti dikeroyok hehehe.
    Tapi seneng lihat kegiatan kalian.
    Semangat terus yah. Melayani jangan selagi perasaan senang saja, melayani Dia walaupun kita sedang memiliki perasaan sedih ok.

  13. @Billy
    Hallo billy,
    Kalau promosi YLSA sich sudah saya lakukan dengan gencar. Selama ini saya menyebut diri, hai hai, anggota Komunitas blogger Kristen SABDASpace. Kemudian saya akan bercerita tentang YLSA, Ibu Yulia, suaminya, dan lain-lainnya.

    Karena promosi terus jadi banyak yang menyangka saya adalah orang YLSA lho.

    salam
    hai hai

  14. @ Anik,

    That’s friends are for.. 🙂
    Senang sekali saya bisa bekerja melayani Tuhan di YLSA, karena saya bisa mendapat banyak berkat bukan hanya dari buku-buku yang ada di sini tapi juga dari setiap program yang rutin diadakan oleh yayasan ini. Termasuk program kerohanian tahunan semacam retreat. Saat mengikuti retreat saya bisa memuji Tuhan bersama seluruh staf YLSA, menghabiskan banyak waktu untuk semakin mengenal, sharing, saling menguatkan, dan bermain bersama.. Hasilnya semua staf bisa semakin akrab.
    Selain itu kami bisa menyegarkan pikiran karena suasana di mana kami retreat sangat alami. Udaranya pun tidak sepanas di Jakarta maupun Solo.

    @ hai hai
    Wah, terharu juga karena hai hai sangat mendukung pelayanan ini dengan mempromosikan YLSA. Terima kasih, ya. Biarlah Tuhan memberkati Anda. Lemah teles ya.Gusti Allah sing mbales 🙂 (Tanah basah=Allah membri berkah) 🙂

  15. @hai hai

    hai hai :
    Karena promosi terus jadi banyak yang menyangka saya adalah orang YLSA lho.
    salam
    hai hai


    Ha haha… sampe segitunya ya.

  16. wah…sejak dulu raker memang sudah ada. Dan, beberapa hari lagi juga Raker 2019. Semangat selalu:D


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran