Blog SABDA
1Oct/0916

PERAYAAN 15 TAHUN SABDA

perayaan_15_tahun_sabdaAda yang istimewa di kantor YLSA bulan Oktober ini. Kantor yang biasanya sudah sibuk dengan berbagai proyek dan rutinitas pelayanan jadi kelihatan semakin sibuk lagi. Rapat-rapat maraton diselenggarakan. Tugas-tugas tambahan dibagikan. Berbagai rencana, baik yang serius maupun yang “fun“, dimantapkan. Apa yang terjadi?

Ternyata YLSA sedang mempersiapkan sebuah perayaan. Apa yang dirayakan?

Dalam sebuah persekutuan staf akhir September yang lalu, Ibu Yulia sebagai pimpinan yayasan mengingatkan bahwa bulan Oktober adalah bulan yang istimewa bagi YLSA, khususnya bulan Oktober 1994, 15 tahun yang lalu. Karena saat itu adalah saat ketika YLSA berhasil menyelesaikan cikal bakal “Program SABDA“, yang masih berupa teks (digital) Alkitab TB dan BIS, yang merupakan produk pertama dan sekaligus menjadi tonggak dan landasan bagi pelayanan YLSA kemudian.

Dalam perkembangannya, lahirlah SABDA. Program SABDA, yang merupakan kependekan dari “Software Alkitab, Biblika Dan Alat-alat“, adalah modifikasi atau versi bahasa Indonesia dari program OnLine Bible (OLB) yang dibuat oleh Larry Pierce dari Kanada. Penampilan pertama produk ini sederhana sekali. Selain program OLB masih dalam bahasa Inggris, yang kami sebut sebagai versi 1.0, di dalamnya hanya ada tiga versi Alkitab bahasa Indonesia, yaitu Terjemahan Baru (TB), Terjemahan Lama (TL), dan Bahasa Indonesia Sehari-Hari (BIS). Program ini juga masih dikemas dalam bentuk disket-disket berukuran 3.5″. Ingat, waktu itu belum zamannya CD, apalagi DVD seperti sekarang 🙂

Seiring dengan berjalannya waktu, program SABDA juga terus berkembang, baik dari sisi fitur program yang semakin lengkap, maupun tampilan dan kemasan yang semakin mengikuti perkembangan zaman. Tapi yang paling utama, interface diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, dan bahan-bahannya pun dipilih dan diutamakan yang ada dalam bahasa Indonesia. Pada tahun 1999 akhir, CD SABDA, yang kami sebut sebagai versi 2.0 diluncurkan (ya, sudah dalam bentuk CD) yang memuat setidaknya 10-15 versi (tergantung bagaimana menghitungnya) Alkitab dalam bahasa Indonesia/Melayu, (Ada berapa versi Alkitab yang Anda kenal?, Red.) puluhan buku, dan berbagai alat bantu, seperti tafsiran, catatan ayat, pengantar kitab, kamus Alkitab, peta, bagan, dan lain-lainnya yang akan sangat menolong Anda dalam mendalami firman Tuhan.

CD SABDA versi 3.0 (Beta) yang diluncurkan pada tahun 2005 adalah versi SABDA yang paling banyak dikenal hingga saat ini. Tapi ini bukan akhir dari SABDA karena saat ini YLSA sedang mempersiapkan CD SABDA versi 3.0 Final. Jika Anda ingin melihat info yang lebih lengkap, Anda bisa melihat timeline perkembangan program SABDA mulai dari yang “jadul” sampai yang akan diluncurkan.

Nah, dalam rangka peringatan 15 tahun dari peluncuran produk pertama inilah sepanjang bulan Oktober 2009 ini akan menjadi bulan penuh perayaan. Divisi Publikasi telah mempersiapkan beberapa artikel, bahkan publikasi baru, yang akan diluncurkan baik melalui milis maupun di situs-situs publikasi. Divisi Web tidak mau kalah, mereka juga sedang meng-upgrade dan memoles berbagai situs agar tampil semakin segar dalam perayaan ini. Sementara itu, Divisi HRD dan Humas sibuk menghubungi berbagai pihak, di antaranya para mantan staf YLSA yang dulu pernah ikut membantu pembuatan CD SABDA, para distributor CD SABDA, serta para mitra dan teman-teman yayasan untuk ikut berbagi sukacita ini bersama. (Apakah Anda salah satunya? Silakan kontak kami di alamat <fb(at)sabda.org>

Itu baru sebagian dari rangkaian kegiatan yang telah direncanakan untuk memeriahkan perayaan ini. Apa lagi selebihnya? Jika Anda tertarik untuk ikut merayakan bersama kami, silakan pantau terus perkembangannya melalui facebook SABDA, dan marilah kita rayakan bersama kebaikan Tuhan yang telah memberikan SABDA-NYA bagi masyarakat Kristen Indonesia.

Daniel

Tentang Daniel

Daniel Budilaksono telah menulis 4 artikel di blog ini..

daniel@in-christ.net

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (16) Trackbacks (0)
  1. Saya cukup beruntung, karena baru 3 bulan bekerja di YLSA bertepatan dengan 15 tahun perayaan SABDA. Saya dapat merasakan “greget” nya membagi berkat itu seperti apa. Banyak hal-hal baru yang saya pelajari dari perjalanan SABDA.

    Harapan saya SABDA dapat menjadi berkat tidak hanya bagi saudara seiman saja, tetapi juga bagi semua manusia dari berbagai kalangan, agama, dll yang rindu mengenal Tuhan Yesus lebih dalam.

  2. Perjalanan yang amat panjang.. bagi sejarah pelayanan SABDA. Berkat dan dampaknya sudah banyak dirasakan banyak orang, walau sedih juga jika kenyataannya masih belum banyak yang familiar dengan pemanfaatan teknologi komputer di dalam studi pembelajaran alkitab. Maju teruusss SABDA! Menjadi tantangan tersendiri untuk giat mensosialisasikan pelayanan biblical computing ini ke banyak masyarakat.

    Siapa bilang belajar Firman Tuhan itu tidak mengasyikkan? Eh pakai saja program2 dan bahan-bahan yang ada di SABDA….:) Selammaaaaaatttt Ulang tahunnnnn. Tuhan Yesus memberkati tim SABDA

  3. Hari ini, 1 Oktober, menjadi hari pertama dari rangkaian perayaan ulang tahun SABDA. Kami mengadakan doa bersama untuk memulainya. Hal ini kami lakukan sebagai ungkapan syukur kami atas kebaikan Tuhan sehingga bendera SABDA tetap bisa berkibar hingga kini.

    Selain doa bersama, kami juga mengadakan tanya jawab antara staf dan pimpinan. Dan hasilnya saya semakin mengenal tentang sejarah SABDA dan hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan CD SABDA. Bahkan saya pun jadi tahu ternyata SABDA yang bulan ini merayakan ulang tahunnya yang ke-15 mengalami banyak suka dan duka. Selain itu, secara blak-blakan pimpinan kami juga menyebutkan beberapa ‘kegagalan’ SABDA, namun hal itulah yang menjadi penyemangat kami untuk terus rendah hati, mau belajar untuk lebih lagi berusaha melakukan dan memberikan yang terbaik bagi orang lain. Tantangan demi tantangan pun datang silih berganti. Namun karena kekuatan yang Allah anugerahkan, SABDA terus dimampukan untuk berjalan di jalur Tuhan.

    Lebih dari itu, saya sangat bersyukur sampai kini SABDA tetap teguh untuk tidak mengkomersilkan pelayanan penyebaran Alkitab yang Tuhan percayakan kepada kami. Biarlah apa yang kita terima dengan cuma-cuma terus dapat kita bagikan dengan cuma-cuma pula kepada orang lain.

    Akhir kata, saya mengucapkan turut berbahagia untuk peringatan ulang tahun SABDA yang ke-15. Kiranya pelayanan SABDA tidak berhenti sampai di sini, namun justru semakin berkobar untuk waktu-waktu yang akan datang. Bersemangatlah dan teruslah menjadi berkat!!!
    Tuhan Yesus memberkati 🙂

  4. Dari sharing Bu Yulia waktu persekutuan doa ulang tahun SABDA, ulang tahun kali ini memang lain dari yang lain. Satu bulan penuh ulang tahun SABDA akan dirayakan dengan berbagai kegiatan. Pastinya, satu bulan pula kesibukan akan semakin terasa di kantor. Jadi, teman-teman, ayo…….semangat ya!

  5. Wuahhh …. seneng ada event seperti ini … 🙂 Walaupun agak deg-deg plus karena ternyata banyak banget yang harus disiapkan dan dilakukan, tapi senang sekali karena melihat semuanya antusias …. :))

    Bersyukur bisa mendengarkan kisah sejarah pelayanan SABDA yang sudah dirintis …. walaupun orang lama di YLSA, namun baru kali ini saya lebih jelas lagi … soalnya, dapat tugas menyusun timeline SABDA :)) Selamat ya buat SABDA ….

  6. Bersyukur tanggal 1 Oktober tahun 2009 ini usia SABDA tidak kanak-kanak lagi. Bagi manusia, usia 15 tahun adalah usia yang cukup matang untuk mengenal tanggung jawab. Demikian juga SABDA. Semakin bertambahnya usia akan semakin memiliki banyak tanggung jawab yang semakin berat. Walaupun mungkin akan ada banyak tantangan yang menghalangi bertumbuhnya SABDA, ingatlah bahwa Tuhan selalu ada dipihak kita. Berjuang terus guys!!!
    Happy birthday SABDA!!

  7. Staff kantor semua pada tegang-tegang berusaha mempersiapkan event SABDA yang ke-15. Di balik itu semua Tuhan benar-benar bekerja luar biasa selama 15 tahun ini terutama dalam proses pembuatan CD SABDA. Banyak orang-orang merasakan berkat dari CD SABDA yang sudah disebarkan ke Indonesia bahkan sampai ke manca negara.

    SELAMAT ULANG TAHUN SABDA YANG KE-15… MAJU TERUS…..

  8. Selain bersyukur, sangat penting untuk mendukung kegiatan ini dalam doa.
    Doakan semua staf yang bekerja dengan tugas dan target masing-masing, karena sepanjang bulan ini direncanakan akan menghasilkan beberapa hal.
    Persiapan-persiapan dan rapat-rapat sudah berjalan, ada yang sulit, ada yang lancar, ada yang jalan, ada yang macet…

    Yang penting: PRAY!!! 🙂

  9. Wah selamat ulang tahun SABDA. Program ini memang sangat memberkati.

  10. Tepat hari ini SABDA merayakan ulang tahunnya yang ke-15. Merupakan perjalanan yang cukup panjang bagi SABDA berkiprah dalam dunia pelayanan. Dalam share bersama pagi tadi saya sendiri mendengar bagaimana suka dan duka dalam merintis SABDA walaupun banyak dukanya itu tidak memupuskan semangat dan visi yang Tuhan berikan menjadi bias. Harapan saya semoga SABDA semakin dipakai Tuhan untuk menjadi sarana memperlengkapi dan membekali hamba-hamba Tuhan bahkan orang-orang yang mencintai Firman Tuhan untuk bertumbuh dan menjadi berkat. Maju terus SABDA…

  11. Dari teks Firman Tuhan yang dibaca bersama di PD staf YLSA pagi tadi, Maz. 78, saya menyadari betapa pentingnya menceritakan kembali sejarah pelayanan kita kepada anak cucu (dalam hal ini staf baru). Walaupun terasa membosankan, melelahkan dan harus meluangkan banyak waktu.

    Apa pentingnya? Pertama, supaya mereka tidak membuat kesalahan yang dulu kita lakukan. Kedua, supaya mereka ingat terus apa yang menjadi visi utama yang Tuhan berikan bagi pelayanan kita. Ketiga, kita semakin rendah hati karena menyadari bahwa pada dasarnya segala sesuatu adalah dari Tuhan.

  12. Selamat ulang tahun sabda, Tuhan memakai semua menjadi berkat, teruslah berkarya bagiNYA karena itu anugerah dan kesempatan besar yang di perkenan olehNYA.

    Terima kasih, Joli sangat di berkati melalui http://alkitab.sabda.org dan http://www.sabdaspace.org

  13. Divisi Publikasi telah mempersiapkan beberapa artikel, bahkan publikasi baru

    Ha?! Publikasi baru apa ya? Hehehe ….
    Iya nih … satu lagi publikasi akan terbit …. namanya m-Biblika. Kemarin sudah digodog bareng konsep dan isinya akan seperti apa … rincinya mungkin tidak akan dijelaskan sekarang, tapi yang jelas m-Biblika akan fokus pada biblical technology, tools, and resources …

    Doakan agar apa yang perlu disiapkan bisa disiapkan dengan baik, sehingga minggu ke-4 bulan ini, edisi perdana publikasi ini bisa terbit untuk memeriahkan perayaan 15 tahun SABDA ini … :>

    Hepi B’day SABDA!

  14. Wah, SABDA udah 15 taUn oey!!
    Tentu saja banyak hal yang sudah SABDA lakukan bagi dunia pelayanan Kristen — dengan caranya sendiri tentunya!
    Bersyukur sekali, bisa jadi salah satu bagian diantaranya..walaupun saya sendiri baru beberapa puluh hari disini,,
    Jadi, happy birthday, SABDA! Maju teruss juga buat pribadi-pribadi yang ikut berperan di dalamnya. Jangan lelah buat ‘nyiptain’ terobosan-terobosan baru dalam teknologi untuk kemuliaan nama Tuhan…
    JBUs….

  15. Oktober sudah datang lagi! saya diberi “bisikan” bahwa di tahun-tahun sebelumnya di kantor biasanya ada “pesta” bersih-bersih kantor… 🙂 tetapi tahun ini rupanya diganti dengan pesta sungguhan, karena kantor Merayakan Kebaikan Allah (Celebrating GOD’s Goodness) dalam 15 tahun perjalanannya.

    Yang paling berkesan bagi saya adalah kesempatan melihat-lihat artefak CD-CD Alkitab lawas yang masing-masing memiliki sejarahnya yang menarik (sebagian sudah dimuat ke Facebook) hingga ke disket-disket floppy (betul ndak ya nulisnya?) jaman bahaeula yang ‘predating’ CD dan internet. Ah… enaknya hidup di jaman sekarang 🙂

    Selamat ultah SABDA!

  16. Tetap Semangat dan terus maju di ulang tahun ke 15 ini, Tuhan selalu memberkati setiap pelayananmu…


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.

© 2009-2020 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran