Blog SABDA
25Aug/096

KopDarNas Komunitas Blogger Kristen SABDA Space

kopdarnas_komunitas_blogger_kristen_sabdaSelain menyediakan situs-situs penyedia bahan, YLSA juga memiliki beberapa situs yang merupakan situs komunitas online. Salah satunya adalah SABDA Space, yang kini telah menjadi komunitas blogger Kristen terbesar di Indonesia. Komunitas ini juga sangat hidup, karena anggotanya tidak sekadar memposting blog-blog seputar kekristenan, namun juga kerap mengadakan jumpa darat di wilayah di mana para bloggernya berada.

Nah, pada tanggal 15-17 Agustus 2009 yang lalu, lagi-lagi para blogger bertemu muka dengan muka. Namun, pertemuan kali ini berbeda, karena dalam kopi darat kali ini, para blogger dari beberapa daerah bertemu di Solo, yang dianggap sebagai markas SABDA Space. Pertemuan ini juga disebut sebagai Kopi Darat Nasional SABDA Space (KopDarNas) karena baru kali ini semua anggota diundang untuk datang. Melalui Pak Wawan, panggilan akrab salah satu blogger, semua peserta bisa mendapatkan pinjaman sebuah vila untuk menginap di Tawangmanggu, kota wisata di lereng Gunung Lawu yang sejuk nan asri, di Jawa Tengah. Saya senang karena bisa ikut di acara ini, terutama karena bisa bertemu dengan para blogger yang selama ini hanya dikenal lewat tulisan-tulisannya di situs SS. Hmmmm …, ada yang sesuai dengan bayangan saya …, namun ada juga yang jauh dari gambaran di pikiran saya …. :)

Pembukaan KopDarNas diadakan di YLSA dengan memotong tumpeng karena KopDarNas ini sebenarnya bertepatan dengan ulang tahun ke-3 situs SS. Setelah itu, kami berangkat ke lokasi KopDarNas. Ada beberapa acara yang sudah disiapkan; YLSA membagikan visi, misi dan pengalaman pelayanannya, Pak Wawan yang sudah menulis lebih dari 25 buku membagikan pelatihan tentang menulis blog, dan Pak Sam membagikan pengarahan mengenai penggunaan HTML.

Dalam pertemuan tersebut, ada pula kesempatan untuk “sharing” dan diskusi mengenai harapan untuk mengembangkan situs SABDA Space. Senang rasanya melihat antusias dari para blogger ketika memberikan masukan untuk lebih meningkatkan pelayanan melalui situs komunitas ini. Ada usulan untuk menerbitkan blog-blog SS yang bagus untuk menjadi sebuah buku dan juga masukan untuk perbaikan hal-hal teknis agar tampilan maupun kemudahan mengakses SABDA Space bisa lebih baik lagi. Itulah acara inti yang diadakan pada tanggal 15 Agustus 2009 (Sabtu).

Pada hari Minggu-Senin, acara diisi dengan ibadah pagi, ngobrol, jalan-jalan ke air terjun Grojogan Sewu, dan yang pasti tidak dilewatkan adalah makan-makan, karena selain makanan yang disediakan panitia, banyak juga blogger yang bawa makanan dari daerah mereka masing-masing. Beberapa blogger juga menyempatkan diri jalan-jalan ke Pasar Klewer di kota Solo, makan bebek di Klaten, dan jalan-jalan di kota Yogyakarta. Di sela-sela acara, ada blogger yang unjuk gigi menampilkan kebolehan yang mereka miliki. Semoga semua peserta mendapat berkat dan pulang dengan semangat untuk bersama-sama mengembangkan pelayanan melalui SABDA Space ini.

Menurut saya, acara ini menjadi salah satu indikasi bahwa komunitas di dunia maya juga bisa hidup di dunia nyata. Hal ini tentu sangat disambut baik oleh YLSA yang sedang mengembangkan komunitas-komunitas Kristen lainnya di dunia maya.

Untuk melihat dokumentasi KopDarNas SS 2009, silakan berkunjung ke situs SABDA Space di “Video Kopdarnas Blogger SS”, “Foto-foto Kopdarnas”, “Kopdarnas Blogger SS Hari II”, dan “Kopdarnas Blogger SS Hari III”. Laporan dari Admin SABDA Space mengenai pelaksanaan acara ini dapat dilihat dalam blog yang berjudul “Terima Kasih untuk Semuanya”.

Evi

Tentang Evi

Davida Dana telah menulis 24 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (6) Trackbacks (0)
  1. Setelah mendengar sharing dari Evie dan rekan-rekan kerjaku di YLSA yang mengikuti KOPDARNAS SS, aku jadi ikut tertarik melihat dokumentasi foto-foto di SABDA Space . Senang juga mendengar KOPDARNAS berjalan dengan baik dan sukses.

    Sebelumnya, saat mendengar rencana akan diadakan KOPDARNAS SS, aku sempat pesimis, mungkin karena aku tidak aktif di SABDA SPACE. Ah, paling-paling yang datang Hai hai, Joli, dan staf YLSA yang memang sudah pernah KOPDAR sebelumnya. Mana mungkin mereka yang tidak pernah bertemu dan hanya ketemu di dunia maya ini mau buang-buang waktu untuk ikut KOPDAR? Belum lagi mereka harus keluar uang untuk transportasi dan bayar iuran peserta KOPDARNAS…. apakah ada yang akan ikut?

    Ternyata, apa yang aku pikirkan salah …. tidak seperti yang dibayangkan… mereka begitu antusias, begitu peduli. Aku yang hanya mendengarkan sharing dari teman-temanku saja sangat merasakan kepedulian dan keakraban yang indah di antara para blogger SS, apalagi mereka yang ikut dalam kopdarnas, pasti lebih merasakannya.

    Selain mendapatkan berkat melalui pertemuan tersebut, YLSA pun mendapatkan berkat berupa sumbangan dana dan beberapa hadiah pula. Saat KOPDARNAS SS selesai, masih ada saldo sebesar Rp 381.700,00 dan semua itu diserahkan untuk mendukung pelayanan YLSA. Selain itu ada pula sumbangan dua buku, Pujian dan Penyembahan (karya: Andreas Christanday) dan Top Tips Buat Remaja yang Gaul ‘N Open Minded (karya: Petrus Kwik). Tidak hanya itu saja, YLSA juga mendapatkan 2 buah jam dinding, 2 buah kaos, dan 1 buah mantel hujan.

    Dari hal-hal yang dibagikan teman-teman, aku bisa merasakan keakraban yang indah di antara para blogger dan YLSA. Tentu saja itu sangat menyenangkan dan menyegarkan sekali. Tak ada yang lain yang dapat aku katakan, semua kepedulian yang tulus ini amat membekas di hati. Semoga kepedulian dan kebersamaan ini tetap terjalin dalam kerja sama kita. Mari bersama-sama mewujudnyatakan kehendak Tuhan lewat pelayanan internet.

  2. Saya memiliki pengalaman yang sedikit berbeda dengan apa yang dirasakan mbak El (panggilan sehari-hari Melina). Mengapa? Salah satu alasannya karena saya pernah ikut KopDar satu kali di Solo. Kira-kira satu tahun yang lalu, yang dilaksanakan di sebuah hotel.
    Saat itu saya termasuk orang baru di YLSA dan berjuang keras untuk menulis blog di SS untuk mendapatkan “tiket” KopDar (sebenarnya ada juga yang belum menulis blog tapi bisa gabung juga seh :p )

    Saya tidak pernah menyesal dateng KopDar karena saya mendapatkan banyak hal yang berharga. Pertama, saya bisa bertemu banyak orang yang tidak pernah saya kenal sebelumnya (apalagi waktu itu saya pendatang baru di komunitas SS). Kedua, banyak menimba ilmu dari mereka soal tulis menulis blog khususnya. Ketiga, serasa bertemu ‘penggede-penggede’ Pasar Klewer. Jadi merasa menerima kehormatan gitu loh…. :)

    Tapi, sayang seribu sayang (kaya lagu yak??) saya ngga bisa ikut di KopDarNas tahun ini. Tapi tak apa karena pastinya saya ngga kelewatan dapet berkat kok. Selain makanan dan minuman yang masih ada seusai acara, saya dapat ‘cipratan’ berkat dari rekan-rekan yang ikut acara tersebut. Inilah keuntungan bekerja di YLSA. Semuanya begitu ‘murah hati’ untuk membagikan berkat. Apa yang diterima satu orang pasti diimpartasikan ke seluruh rekan kantor. Oleh karena itu, sekalipun saya ngga ikut KopDar di TW (TaWangmangu) saya masih bisa merasakan atmosfer di sana.

    Kesan yang menonjol yang saya tangkap adalah kekeluargaan antar blogger yang begitu hangat. Sekalipun jarang/ bahkan ngga pernah bertemu secara langsung tapi saat bertatap muka seolah mereka selama ini bersama-sama berada di satu tempat. Jadi saat bertemu semuanya tampak sudah sangat akrab. Selain itu, ada sesi sharing yang begitu menghibur dan menguatkan. Walau para blogger datang dari berbagai latar belakang pendidikan, etnis, bahasa daerah, pendidikan, ekonomi namun bisa tetap bersatu dan hidup dengan rukun di dalam satu komunitas. Saluuuuuuuut bangeeeeeett deh!!

    Kapan nie komunitas blog SABDA ngadain acara ginian??? xixixixixi :)

  3. Wah, komentar yg di atas udah panjang2, kalo gitu saya pendek aja: Saya senang sekali bisa ikut kopdarnas kali ini, walaupun naik turun Tawangmangu beberapa kali, tapi puas karena bisa ketemu para jawara SS, dan masih dapet bonus buku lagi dari mas Wawan. Tengkyu :)

  4. Kenyang.. eh .. asyik acaranya, hehe.
    Sayang juga sich ga semua blogger datang dalam waktu serempak.
    Tapi benar-benar seru acaranya. Banyak hal-hal yang dipelajari dengan melihat para blogger berinteraksi, apalagi terlibat dalam dialognya.
    Moga ke depannya kebersamaan semakin terarah pada pengembangan pelayanan demi kemuliaan Tuhan.

  5. Saya cuma mampir sebentar dan ketemu beberapa rekan blogger SABDA Space selama mungkin sekitar satu jam.

    Nah, kebetulan beberapa blogger SABDA Space adalah anggota In-Christ.Net. Jadi deh kopdar In-Christ.Net kecil-kecilan di situ … hehehe.

    Salut buat rekan-rekan dari Jakarta dan kota lainnya yang menyempatkan diri datang! Bener-bener cinta sama SABDA Space … ckckckck …

  6. Wah, ada KopDarNas juga…….keren


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran