Blog SABDA
13Aug/094

Training SABDA Alkitab: Statistik Kata

tangan_tuhan_dalam_commentary_sabda_alkitabYesus berkata bahwa hukum utama dalam hukum Taurat adalah KASIH. “Kasihilah Tuhan Allahmu dan kasihilah sesamamu manusia.” (Mat 22:36-40)

Tahukah Anda, berapa kali kata KASIH disebutkan dalam Alkitab? Di kitab mana saja kata KASIH disebutkan? Informasi apa saja yang terdapat di Alkitab tentang KASIH?

Pada hari Kamis, 23 Juli 2009, seluruh staf Divisi Publikasi bersama beberapa anggota Divisi NET (termasuk saya) dan Divisi WEB mengadakan pelatihan dan diskusi mengenai bagaimana menggunakan situs SABDA Alkitab untuk mendapatkan data-data statistik dari sebuah kata atau frasa dalam Alkitab. Pada acara yang dipandu oleh rekan saya, Titus, diadakan diskusi dan sedikit presentasi dari beberapa Pimpinan Redaksi Publikasi Elektronik YLSA tentang hasil pencarian yang mereka dapatkan. Kata-kata yang dipilih adalah kata-kata yang sangat familiar dengan publikasi mereka masing-masing, contohnya: Pimred e-leadership mencari data-data yang berhubungan dengan kata pemimpin/pimpin, lalu Pimred e-BinaAnak mencari kata mengajar/ajar, dst..

Sangat menarik hasil yang didapatkan dari masing-masing Pimred. Mereka mengakui, pada awalnya memang agak sulit mengenali fungsi-fungsi yang tepat untuk mencari data-data yang dicari, namun dengan pembelajaran yang terus-menerus, akhirnya mereka mendapatkan hasil yang diharapkan.

Sejak awal pembuatan situs SABDA Alkitab sampai akhirnya diluncurkan dalam versi alpha, dan kemudian naik menjadi versi beta, situs ini memang sudah berkembang menjadi lebih kompleks. Kuantitas data yang ada semakin banyak dan fitur-fitur baru juga ditambahkan, sehingga mungkin malah membingungkan pengguna baru. Hal ini juga dialami oleh teman-teman dari Divisi Publikasi ketika pertama menggunakan situs ini. Tapi ketika telah terbiasa, maka kebingungan itu sedikit demi sedikit hilang.

Salah satu kelebihan SABDA Alkitab adalah sistem pencariannya yang didukung oleh mesin index (indexing engine) SOLR sehingga dapat menghasilkan data-data dengan cara yang lebih terintegrasi. Hal ini sangat menolong mereka yang ingin mempelajari Alkitab secara detail dan mendalam. Contoh yang telah saya sebutkan sebelumnya adalah mempelajari kata KASIH. Melalui situs SABDA Alkitab, kita bisa mengetahui bahwa kata KASIH dalam Alkitab versi Terjemahan Baru (TB) ditemukan dalam 457 ayat, dan total kata tersebut dituliskan sebanyak 492 kali. Sebagai catatan tambahan, pencarian tersebut dibatasi hanya dalam versi TB dan pencarian dilakukan secara tepat (exact search). Kata KASIH juga disebutkan dalam lebih dari tiga puluh bentukan kata, misalnya: kukasihi, mengasihi, kasihku, dst.. Kita juga bisa mendapatkan kata-kata Yunani/Ibrani yang terkait dengan kata KASIH ini, contohnya: agapao, agape dll..

Training dan diskusi pekan lalu sangat bermanfaat bagi saya, khususnya sebagai salah satu developer situs SABDA Alkitab. Selain mendapatkan beberapa input bagaimana membuat situs ini bisa lebih “friendly”, saya juga bisa mengamati pola-pola bagaimana user menggunakan situs ini. Tingkat kebutuhan dan kemampuan user sangat beraneka ragam, jadi sangat penting mengetahui seberapa luas mereka bisa memanfaatkan situs ini dan apa yang masih menjadi kesulitan bagi mereka.

Nah, kalau ada di antara pembaca blog ini ingin terlibat dalam pengembangan situs ini, silakan melakukan “walktru” di SABDA Alkitab dan berikan masukan pada kami dengan menulis ke sabda-alkitab(at)googlegroups.com. Harapan kami, situs ini bisa menjadi berkat dan bisa melayani keanekaragaman kebutuhan pengguna.

Segala kemuliaan hanyalah bagi Tuhan!!

Billy

Tentang Billy

Billy Wagey telah menulis 11 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (4) Trackbacks (0)
  1. Bagi saya ini diskusi yang menarik karena sebelumnya kita diminta untuk coba-coba terlebih dahulu. Duhhh sempet bingung-bingung juga pertamanya. Namun, setelah dicoba lebih jauh dan lebih jauh, ternyata setelah terbiasa dan kenal medan laganya, bisa juga. Luar biasa, hanya dengan mencari 1 kata saja, “mengajar”, saya dapat wawasan yang luar biasa dari hasil yang diperoleh dari kata mengajar tersebut, tidak hanya berapa kali kata itu ada dalam ayat-ayat Alkitab, namun juga definisi kata, bahasa asli, ilustrasi, dsb.. Malah bisa jadi ide untuk buat artikel.

    Oh iya, kalau mau lebih lengkap lagi, bisa cari dengan menggunakan Advance Search/Pencarian Khusus. Thanks ya, Titus dan Billy :)

  2. Makasi juga mbak evi, jangan lupa masukan dan saran-sarannya ya..

    Buat temen-temen yang lain juga :)

  3. Usaha yang bagus, karena itulah yang telah ditetapkan Tuhan di Dan.12 bahwa pengetahuan akan bertambah. Keep going

  4. Thank you Iwan..
    Tolong terus dukung dalam doa ya.
    Kerinduan kami semakin banyak orang yang mengenal Firman Tuhan, dan semakin rindu mempelajarinya dengan lebih mendalam.

    GBU


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran