Blog SABDA
25Mar/0931

SABDA Alkitab Versi Beta Diluncurkan!

sabda_alkitab_versi_beta_diluncurkanDari komentar-komentar yang diberikan di blog saya yang lalu, Tidak Perlu Menunggu Sempurna, bahwa YLSA akan meluncurkan situs studi Alkitab yang lengkap, saya yakin ada yang bertanya, “bagaimana kelanjutannya?” Nah, inilah kabar baiknya.

Jika di blog saya tersebut situs baru ini belum memiliki nama, dan di blognya Yuppi, Dari Alpha ke Beta, situs ini bernama SABDA NeXt, maka sekarang situs Alkitab ini sudah memiliki nama panggilan resmi, yaitu SABDA Alkitab.

Selama beberapa bulan situs ini diluncurkan dengan status “versi Alpha”, karena hanya terbatas untuk para alpha tester saja. Selama waktu itu sudah banyak masukan yang didapat dan proses perbaikan juga sudah dilakukan di sana sini, proses yang sungguh tidak mudah. Sampai saat ini pun penyempurnaan masih terus berjalan. Pada kesempatan ini, saya, mewakili Tim Net mengucapkan banyak terima kasih untuk para alpha tester, partisipasi Anda sangat berharga untuk kami.

Menurut saya, paling sedikit ada dua target yang harus dicapai untuk bisa masuk versi Beta, yaitu memperbaiki beberapa bug dan redesign frontpage. Tugas ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Saya bertugas memperbaiki beberapa bug (kesalahan kode program yang menyebabkan program tidak berfungsi semestinya), termasuk untuk masalah cross browser (kompatibilitas situs dengan semua jenis penjelajah internet). Menurut saya tugas ini tidak mudah karena saya jarang memperbaiki bug jenis ini. Selama proses memperbaiki bug-bug ini saya sempat jenuh sehingga terhenti beberapa waktu karena tidak bisa mendapat solusi dengan cepat. Bahkan saya juga tidak lupa untuk berkonsultasi ke Google. Puji Tuhan, setelah melakukan eksplorasi, semangat kembali terbangun dan, akhirnya masalah pun terpecahkan :)

Target kedua yang sama pentingnya adalah pembuatan frontpage, dan yang menjadi penanggung jawab untuk masalah ini adalah teman saya, Billy. Dalam rapat Tim NET, kami putuskan akan memulainya dengan meminta masukan dari divisi-divisi lain, yaitu Web dan Publikasi. Saya sempat melihat Billy mengadakan eksplorasi ke situs-situs lain untuk memperkaya idenya. Kami juga melakukan brainstorming dengan Kusuma Negara, anggota baru di Tim NET. Dari semua proses itu, dihasilkan empat alternatif frontpage. Semua alternatif itu dilempar ke forum SABDA DEV dan beberapa teman lagi untuk mendapatkan tanggapan. Ternyata banyak pilihan jatuh pada frontpage no. 4 untuk menjadi frontpage SABDA Alkitab Versi Beta. Sekarang situs ini sudah siap memasuki “versi Beta”, yang artinya situs ini akan terbuka untuk diakses oleh siapa pun.

SABDA Alkitab Versi Beta akhirnya diluncurkan!!! Segala puji syukur hanya bagi Tuhan Yesus karena Dialah yang memberi kekuatan dan kemampuan untuk melalui proses ini. Apa yang menjadi kerinduan saya secara pribadi adalah situs ini boleh menjadi berkat bagi anak-anak Tuhan di Indonesia, terutama dalam belajar firman Tuhan.

Tuhan memberkati!

Titus

Tentang Titus

Titus Cahya Primadian telah menulis 5 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (31) Trackbacks (0)
  1. Congratulation buat Tim Net! Untuk kerja keras dan semangatnya. Beberapa PR dari Walkthrough dari tim Pub kemarin jangan lupa segera di follow up….:D Biar tambah yoi situs SABDA Alkitab nya dan biar para pengunjung tambah semangat untuk belajar Firman-Nya.

  2. Selamat atas peluncuran SABDA Alkitab Versi Beta! Waktu cari kata Abigail,… ternyata waktu yg saya habiskan hampir 10 menit keluyuran liat gambar2 Abigail.

    Ehmmmmmm, karakter tulisannya kecil, mataku yg sudah 4 ini masih kesusahan membacanya.

    Namun secara keseluruhan, OK bgt kok! Selamat yah!

  3. @Kristin
    Beres Kristin… Pokoknya kita akan kembangkan terus situs ini supaya kita semua jadi senang belajar Alkitab. :)

    Mazmur 1:2-3
    “1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. 1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”

  4. @Erick
    Sdr. Erick…
    Terima kasih atas masukannya. Fasilitas merubah ukuran huruf akan kami masukkan dalam daftar pengembangan situs ini. Jika saudara Erick punya usul-usul yang lain, silakan informasikan kepada kami melalui link “Laporan Masalah/Saran” di bagian bawah situs SABDA Alkitab.

    Tuhan memberkati!!!

  5. Kalau begitu sudah boleh mengundang teman untuk berkunjung?
    Kalau begitu kita pastikan saya frontpage 4 dan bebenah dari situ.

    congratulation!

  6. @hai hai

    Kalau begitu sudah boleh mengundang teman untuk berkunjung?

    Boleh sekali Pak. Hai hai… Kalo bisa malah sebanyak mungkin orang… :)

    Kalau begitu kita pastikan saya frontpage 4 dan bebenah dari situ.

    OK. Berdasarkan respon beberapa orang yang memberi masukan tentang frontpage, frontpage 4 paling berpeluang untuk menggantikan frontpage yang lama. Dan saat ini frontpage 4 sedang terus kita kembangkan.

    Terima kasih Pak Hai hai buat masukannya.

  7. Dari respons yang saya terima melalui milis PESTA, kelihatannya di SABDA Alkitab perlu disediakan semacam tutorial untuk pengguna baru, maklum kebanyakan mereka masih cukup awam dengan internet.

  8. Selamat atas peluncuran SABDA Alkitab!
    Hal ini tentu akan sangat menolong bagi para blogger SS yang ingin menggali Alkitab sambil berselancar di SS, terutama bagi yang belum memiliki software Alkitab.
    Maju terus, bro Titus et al!
    Tuhan Yesus memberkati!

  9. Congratulation Tim Net, akhirnya meluncur juga, jadi resmi nih, Joli nggak perlu lewat pintu belakang? untuk belajar alkitab ternyata perlu berpetualang, lompat pagar belakang supaya bisa masuk ke sabdanext.. anyway Thanks untuk kerja keras Tim Net, GBU..

    Kemarin kopdar SS di jakarta banyak cerita juga tentang sabdanext alias sabda alkitab, terutama box temuan nya keren..

    Ada rencana mau kopdar nasional di-pas-kan ultah SS ketiga, kayaknya bagus juga loh.. bila dipakai juga untuk grand launching sabda alkitab,.. just usul.. he.. he..

  10. @yulia
    Untuk tutorial langkah per langkah sebenarnya sudah ada, tetapi saat ini memang belum terpasang. Sebentar lagi teman-teman yang belum terbiasa dengan SABDA Alkitab dapat membaca Tutorial yang sebentar lagi kami pasang. :)

  11. Wah, senang sekali, banyak yang respon dan support.

    Btw, link Tutorial dan FAQ sudah terpasang di situs SABDA Alkitab.
    Tapi saat ini tutorial yang tersedia belum termasuk Front Page yang baru, selain itu juga beberapa update/perkembangan terbaru juga belum termasuk didalamnya. (Akan segera di update)

    Thanks all..

  12. Mengenai Front Page 4, seperti yang titus katakan sebelumnya, memang masih terus diperbaiki dan dikembangkan.

    Masalah utama saat ini yang masih terus dicari solusinya adalah cross browser compatibility, khususnya browser Internet Explorer.

    Jadi untuk teman2 yang sedang melakukan walkthrough dan testing, mohon sekalian cek untuk browser2 lainnya selain Firefox, khususnya IE, karena saya sudah cek di browser lain (cth: Google Chrome, Opera) tidak terlalu masalah.

  13. OK. Berdasarkan respon beberapa orang yang memberi masukan tentang frontpage, frontpage 4 paling berpeluang untuk menggantikan frontpage yang lama. Dan saat ini frontpage 4 sedang terus kita kembangkan.

    Saduara Titus, sebenarnya secara pribadi saya kurang suka dengan frontpage 4 atau frontpage yang baru. Saya lebih suka yang lama. Frontpage yang baru terlalu padat dan terlalu banyak pilihan sehinggamembaut pengguna bingung. Cobalah cari seorang pengguna baru, ajak dia ke benteng YLSA lalu minta pendaptnya tentang frontpage 4. Dia pasti bingung.

  14. @hai hai
    Pak Hai-hai, saat ini kami memang sedang mencoba menyederhanakan frontpage 4 tetapi berusaha tidak menghilangkan kemampuan frontpage 4, yaitu mampu mengakomodasi hampir sebagian besar kemampuan situs ini. Secara default, halaman hanya akan menampilkan 3 tab yang berisi CARI, BACA dan BELAJAR serta navigation bar di bagian bawah. Setelah itu para pengguna dapat mengatur sendiri (menambah blok, mengatur tata letak blok) tampilan frontpage mereka jika mereka menginginkannya.

  15. Terima kasih Titus, bila sudah selesai tolong informasikan agar saya dapat mengujinya.

    salam
    hai hai

  16. Hallo..numpang tanya..
    saya buka pencarian khusus, nah di sana terdapat kalimat “cari juga dalam isi” sebelum tulisan “cari”, dan bisa dicek, ini gunanya apa? isi yang dimaksud isi dari apa?

    Trimakasih,
    Viesnu

  17. @viesnu
    Pencarian Khusus secara umum dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu mencari hanya dalam judul (default) dan mencari juga dalam isi. Apa itu isi? Mungkin akan lebih mudah jika saya gunakan contoh untuk menjelaskannya. Sebagai contoh “Studi Kamus“, yang dimaksud judul adalah katanya (ct: “Saul“, “kasih“), sedangkan yang dimaksud isi adalah definisi dari kata tersebut. Dengan tidak mencentang “Cari juga dalam isi” berarti Anda melakukan pencarian kata yang Anda maksud hanya pada judul, tetapi jika Anda mencentangnya berarti pencarian akan dilakukan pada judul + definisinya juga.

    Jika Anda ingin belajar lebih lagi tentang situs ini, Anda dapat membacanya pada Tutorial.

    Tuhan memberkati…

  18. @hai hai
    Dengan senang hati Pak Hai-hai. Terima kasih sekali untuk partisipasinya. :)

  19. Hallo titus, ini hanya sekedar usul. Bila memang hendak mengembangkan semuanya dari frontpage ke 4,kenapa tidak matikan yang lainnya sehingga semua tester dapat konsentrasi menguji frontpage 4?

  20. @hai hai
    Saat ini cenderung memang ke frontpage 4. Tetapi tidak menutup kemungkinan konsep dari frontpage yang lain akan kita pakai. Saat ini kami sedang mempersiapkan sebuah polling untuk mengetahui pengguna lebih menyukai frontpage yang mana.

    Btw, saat ini beberapa hal di frontpage 4 sudah mengalami perubahan.

  21. Saudara Titus, menurut saya, anda harus menutup keempat frontpage yang lain dan FOKUS untuk mengembangkan frontpage keempat atau frontpage NEW. Dengan demikian semua Beta Tester dapat FOKUS untuk melakukan test pada Frontpage yang sama, Frontpage NEW.

    Menurut saya yang terpenting bukan frontpage mana yang paling disukai pengguna, namun yang mana yang paling MAMPU menunjukkan kekuatan SABDAAlkitab dan mudah digunakan.

    Terus terang, saya tidak melakukan test lagi atas SABDAAlkitab, karena akan makan waktu terlalu banyak bila harus melakukan test atas kelima frontpage tersebut.

  22. @hai hai
    Pak Hai-hai,

    Terima kasih untuk sarannya. Sampai kira-kira akhir bulan ini kami tidak ada rencana untuk mengembangkan frontpage SABDA Alkitab. Jadi kami manfaatkan waktu itu untuk memngetahui pengguna lebih senang menggunakan frontpage yang mana. Pada akhir Mei tersebut kami baru akan mengembangkan frontpage kembali.

  23. To : YLSA team
    hi, guys!! we did have a great time there (Solo). Thanks God, we arrived here (Malang) about 12 am this morning.. safe and sound…hehehe…
    Keep the effort and we’ll wait for the launch of SABDA versi Beta.

    God Bless!!

  24. Terima kasih Yudha, juga untuk Pak Tim yang sudah share banyak tentang pelayanan Remaja. Semoga MYC juga semakin maju banyak panah yang bengkok diluruskan, yang patah disambung kembali, yang tumpul ditajamkan (Mzm. 127:4) dan selamat melayani.

    Iya nih aku secara pribadi juga senang melihat Titus dan rekan-rekan sudah berusaha keras menggarap SABDA Alkitab Versi Beta.

  25. congratz yah bro…terus berjalan memuliakan NamaNya.GBU

  26. @Den Mas Bedjo

    Halo Den Mas Bedjo,

    Sudah jalan-jalan ke SABDA Alkitab belum? Jika ada masukan, kritik, atau ide-ide lain, jangan segan untuk kontak tim pengembang SABDA Alkitab, ya :) Trims atas dukungannya ….

  27. @Davida
    Sudah sempat tester sih kak.btw lagi terjebak di meja kerja utak atik linux buat multimedia gereja neh kak…mohon dukungannya :)

    @all
    ada yang bisa bantu bikinin program yang equivalent dengan Easyworship gak yah?

    add me at:
    YM : denmas.bedjo (at) yahoo.co.id
    FB : denmas.bedjo (at) live.com

    thx yah,
    GBU

  28. Program seperti itu kan sudah banyak? coba aja yang gratis seperti EasiSlides (www. easislides. com)

  29. kelemahannya untuk background video…selain itu terjemahan alkitab di easyslides banyak yang terpotong.Basicly sih sebenarnya Bedjo butuh buat ngaplikasiin di Linux Multimedia Crew gitu :)

  30. Betul pak, background videonya sedikit. Tapi bisa unduh yang gratisan di http://www.muddyrivermedia.com

    Tentang terjemahan Alkitab di Easyslides yang banyak terpotong, itu juga jadi masalah saya waktu saya coba di gereja saya waktu itu, tetapi karena database alkitabnya menggunakan Microsoft Access, jadi dapat kita edit sendiri. Kapan-kapan editan saya akan saya upload ke internet.

    Lihat juga di http://labs.sabda.org/Software_presentasi

  31. selamat buat situs SABDA Alkitab yang telah di luncurkan biar kita semakin mudah untuk mendalami Alkitab dan mungkin dapat menanpung setiap orang yang memiliki bidang khusus dalam menafsirkan Alkitab sehingga, bisa bersinergi dalam mebangun pelayanan di tempat-tempat yang jauh serta membentuk kualitas iman yang mampu menghadapi tantangan hidup ini.


Leave a comment

Connect with Facebook

(required)

No trackbacks yet.

© 2009-2015 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati

Laporan Masalah dan Saran