Blog SABDA
1Oct/240

Roadshow “Pengenalan AI-4-GOD” di Malang dan Sekitarnya

Bersyukur, bersyukur, dan sangat bersyukur karena pada 2024 ini, SABDA bisa melakukan roadshow di beberapa kota di Indonesia. Kami menyampaikan materi tentang bagaimana AI dapat digunakan untuk kemuliaan Tuhan. Puji Tuhan! Pada Juni 2024, kami melakukan roadshow di Surabaya, Juli di Jakarta, Agustus di Bandung dan Malang. Lalu, pada September 2024, kami kembali ke kota Malang dan sekitarnya, pastinya untuk melakukan seminar/workshop AI bagi kemuliaan Tuhan (AI-4-GOD!). Tim SABDA yang terlibat dalam roadshow September ini ada 7 orang, yaitu Bu Yulia, Max, Evie, Yudo, Aldo, Elan, dan saya. Kami dibagi dalam 2 tim untuk bisa memberikan pelatihan dengan maksimal dan efisien. Tim 1 ada Bu Yulia, Yudo, Elan, dan saya, sedangkan tim 2 ada Pak Max, Bu Evie, dan Aldo.

Kami melakukan perjalanan roadshow ke Pacet, Trawas, Malang, Pasuruan, dan Kota Batu pada 10 – 13 September 2024. Perjalanan ini didasarkan pada kerinduan Yayasan Lembaga SABDA untuk memperkenalkan AI sebagai teknologi yang baru, dan harus dipakai untuk kemuliaan Tuhan dan pelayanan-Nya.

Adapun tempat-tempat yang SABDA datangi untuk memberikan pelatihan adalah STT Imanuel Pacet, STTIAA Trawas, STT Satyabakti Malang, GKKK Araya Malang, GSJA Sola Gracia Malang, STAK Sabda Holistik Abdi Reformasi Malang, Youth Making Movement (YMM) Malang, GKKK Malang, Institut Injil Indonesia Batu, STT Providensia Adonay Batu, dan PPA Dorkas GMII Tesalonika Batu. Kami juga berkesempatan untuk mengunjungi salah satu mitra SABDA, yaitu Terang Warta Rohani (TWR) Batu. Puji Tuhan!

Sama seperti di Surabaya dan Jakarta, kami juga memberikan pelatihan AI di Malang dengan topik-topik seperti: AI Basic (apa, mengapa, dan manfaat AI), Skill Berbicara dengan AI melalui Prompting F.O.K.U.S., AI Squared (Metode Belajar Alkitab dengan AI), Alkitab GPT, BaDeNo AI, AI dan Media, AI dan Pendidikan, Generasi D.A.N.I.E.L., dll.. Pastinya, materi-materi ini selalu kami perbarui supaya semakin lengkap dan lebih maksimal lagi dalam memperlengkapi peserta. Tidak hanya teori, kami juga memberi pelatihan atau workshop yang dilakukan secara berpasangan atau berkelompok sehingga peserta bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Saya merasa bahwa setiap tempat yang kami datangi sangat berkesan, karakteristik peserta yang mengikuti juga beragam. Seperti di STT Pacet yang lumayan heboh dan semangat, di STTIAA yang serius dan sangat responsif, di GKKK Araya yang kolaborasinya sangat terasa antara peserta muda dan tua, di STAK Sabda Holistik yang sangat antusias dan memiliki kerinduan yang besar untuk belajar, GKKK Malang yang mengikuti dengan baik, dan di Batu juga sangat berkesan. Ya, jadi tidak bisa saya jelaskan satu per satu. Semua peserta pasti memiliki kesan dan mendapatkan pelajaran-pelajaran baru, khususnya bagaimana dapat menggunakan teknologi AI ini untuk pelayanan dan gereja mereka.

Saya banyak belajar dari roadshow ini. Pertama, saya bersyukur masih mendapat kesempatan untuk berbagi dan semua ini menjadi pelajaran penting bagi saya untuk terus mengasah diri dan kemampuan untuk lebih maksimal dalam pelayanan ini. Kedua, saya belajar tentang pentingnya relasi dan komunikasi dengan orang yang sudah saya kenal ataupun yang baru saya kenal ketika roadshow. Tentunya, relasi-relasi ini akan sangat berguna untuk pelayanan ke depannya. Pelajaran ketiga yang saya dapatkan adalah pentingnya kerja sama dalam tim. Dalam roadshow ini, bukan hanya tim SABDA, tetapi setiap peserta yang sudah bisa menggunakan AI dapat saling menolong dan membantu peserta lainnya yang belum bisa.

Sebenarnya, masih banyak yang bisa saya bagikan, tetapi nanti tulisan saya kepanjangan … hehehe. Jadi, jika Sahabat SABDA ingin menyimak video-video roadshow SABDA dan mau belajar juga, silakan berkunjung ke ai.sabda.org atau YouTube SABDA Alkitab untuk mendapatkan bahan-bahannya. Sampai bertemu kembali dalam tulisan saya berikutnya. Tuhan Yesus memberkati. Salam AI-4-GOD!

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 47 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.