Blog SABDA
25Jun/240

Growing Together Juni “W.I.F.E.” – Membahas 4 Fungsi Dasar Gereja

Puji Syukur kepada Tuhan Yesus. Sepanjang Mei 2024, Growing Together (GT) mendiskusikan tentang temaW.I.F.E. (Word/Worship, Instruction, Fellowship, dan Evangelism) dalam rangka merayakan “Kenaikan Kristus ke Surga” dan “Hari Pentakosta”. Selama satu bulan, peserta membahas 4 dasar fungsi gereja karena ini adalah hal penting bagi tubuh Kristus, yang adalah “mempelai perempuan-Nya”.  

GT Mei berlangsung pada 6 Mei – 1 Juni 2024 dan diikuti 78 peserta. Peserta akan dibagi dalam 3 grup WA diskusi. Selama diskusi berlangsung, saya dibantu beberapa fasilitator dari tim SABDA, yaitu Bima, Mei, Rode, There, Roma, Tian, Rei, Melisa, dan Bu Evie. Ada beberapa peserta yang juga menjadi fasilitator sebagai partner tim SABDA di masing-masing grup diskusi; ada Bu Masnauli, Bu Feronica, Bu Eminingtyas, Kak Mawar Radja, Pak Marganda, Kak Jhimriss, Pak Rudy, Kak Agas, Ibu Martina Zebua, Ibu Marlyna, dan Pak Soedjono.

Diskusi berlangsung selama 4 minggu. Minggu pertama mendiskusikan tentang Word/Worship, bagaimana fungsi gereja ini dapat dievaluasi dan ditingkatkan supaya pelayanan gereja bisa maksimal. Peserta juga banyak membagikan usulan atau ide-ide untuk bagian ini dari AI. Minggu kedua, kita membahas tentang Instruction, yaitu bagaimana gereja dapat memakai digital dan cara klasik yang dipadukan untuk bisa melakukan pengajaran dan pembelajaran yang maksimal. Minggu ketiga, kita mendiskusikan tentang Fellowship, yaitu persekutuan (yang sudah ada dalam program gereja) yang bisa dimaksimalkan/ditingkatkan lagi, termasuk dengan cara mengadopsi alat-alat digital. Pada minggu keempat, kita berdiskusi tentang Evangelism, yaitu fungsi dasar gereja sekaligus panggilan gereja yang sangat penting. Peserta juga belajar untuk bagaimana menjalankan fungsi ini dengan lebih maksimal lagi.

Jika dibagikan satu per satu memang sangat banyak yang dipelajari. Saya sendiri belajar banyak, khususnya bagian Evangelism. Pada bagian ini, banyak tantangan dan kesempatan yang dapat dipakai gereja untuk mengoptimalkan pelayanan penginjilan dan pastinya berdasarkan dukungan dari semua jemaat serta komunitas di gereja.

Memang seru mengikuti diskusi kelompok Growing Together. Banyak pengalaman, ide, tip, trik, dan masukan yang peserta bagikan sehingga kita semakin diperlengkapi. Namun, makin banyak PR untuk diaplikasikan dalam pelayanan kita. Nah, jika Sahabat SABDA rindu bergabung dan belajar bertumbuh bersama, yuk daftarkan diri Anda melalui: https://bit.ly/form-mlc atau WA di: 0821-3313-3315. Lihat juga arsip dari semua tema GT yang sudah pernah kami diskusikan di situs Murid21. Kami tunggu ya! Mari bertumbuh bersama!

Roma

Tentang Roma

Romauli Marpaung telah menulis 47 artikel di blog ini..

Cetak tulisan ini Cetak tulisan ini
Comments (0) Trackbacks (0)

No comments yet.


Leave a comment

Connect with Facebook

No trackbacks yet.